Jangan Sampai Kelewat, 31 Juli Mars Bisa Dilihat Tanpa Alat Bantu!

Langit malam memang selalu menakjubkan, Superfriends. Apalagi, kalau lo bisa melihat planet tetangga tanpa alat bantu. Yup, 31 Juli nanti lo bisa melihat planet Mars tanpa alat bantu. Berikut ulasan selengkapnya!

Jangan Sampai Kelewat, 31 Juli Mars Bisa Dilihat Tanpa Alat Bantu!

Pasti lo sudah pernah mendengar nama planet Mars kan, Superfriends? Apalagi para pencinta antariksa, pasti sudah paham banget tentang planet tetangga yang satu ini.

Tahu nggak sih, ternyata 31 Juli nanti planet Mars mencapai jarak terdekatnya dengan bumi selama 15 tahun terakhir, lho. Fenomena tersebut tentu membuat lo bisa melihat planet merah ini tanpa alat bantu, Superfriends!

Fenomena Mars Close Approach

Jangan Sampai Kelewat, 31 Juli Mars Bisa Dilihat Tanpa Alat Bantu!

Image source: allure.com                 

Buat mengamati planet Mars dengan mata telanjang, lo bisa arahkan pandangan ke arah ufuk selatan pada malam hari, Superfriends. Planet ini bakal terlihat di langit rendah, posisinya paling tinggi cuma sekitar 35 derajat dari horison, batas terjauh yang bisa diamati manusia.

Menurut Badan Antariksa Amerika atau yang biasa disebut NASA, nantinya Mars juga cuma bakal berjarak sekitar 57,6 juta kilometer atau 35,8 juta mil dari bumi, Superfriends. Diperkirakan, fenomena ini nggak bakal terulang lagi sampai tanggal 15 September 2035, sebagaimana dikutip dari laman Time.

Pada malam 27 dan 30 Juli, sebelum malam puncak jarak terdekatnya, planet ini sudah mulai terlihat membesar dan lebih terang, lho. Posisi Mars yang saat itu tengah berlawanan dengan Matahari membuat planet ini terlihat lebih terang tiga kali lipat dari biasanya, Superfriends.

Sebelum Mars Close Approach terjadi, pada tanggal 27-30 Juli posisi Mars akan berlawanan dengan matahari dan akan terlihat sekitar tiga kali lebih terang dari biasanya di langit bumi.

Pernah Terjadi pada Tahun 2003

Jangan Sampai Kelewat, 31 Juli Mars Bisa Dilihat Tanpa Alat Bantu!

Image source: eontimes.com   

Kalau lo mau coba melihat planet ini pakai teleskop, kelihatannya pasti bakal lebih besar dari biasanya selama selama beberapa minggu. Selanjutnya, planet tetangga ini bakal bergerak menjauh dan memudar pada pertengahan bulan Agustus, Superfriends.

Ternyata, fenomena Mars Close Approach ini sebelumnya terjadi pada tahun 2003, lho. Tepatnya, saat Mars berjarak 56,17 juta kilometer (34,9 mil) dari bumi. Ini merupakan jarak terdekat dalam 60 ribu tahun terakhir Superfriends.

Seorang ahli astronomi di Cincinnati Observatory, Dean Regas mengatakan bahwa peristiwa ini akan hampir sebaik pemandangan yang terlihat. Ia mengatakan, planet Mars akan dengan mudah terlihat meskipun dengan mata telanjang, dikutip dari laman Treehugger.

Ia menyarankan agar jangan sampai ketinggalan momen langka ini, Superfriends. Sebab, Mars akan terlihat seperti lampu mercusuar berwarna oranye yang terbit di arah tenggara setelah matahari terbenam.

Planet ini disebut-sebut bakal jauh lebih terang dari bintang lainnya, lebih terang dari Jupiter, hampir seterang Venus. Menurutnya, lo masih bisa melihatnya setiap malam selama beberapa bulan ke depan, Superfriends.

Sekilas Tentang Mars

Ternyata, nama Mars diambil dari nama dewa perang Romawi lho, Superfriends. Sementara itu, orang-orang Yunani kuno menyebut Mars sebagai Ares, yang secara kebetulan adalah dewa perang mereka juga.

Kenapa dua peradaban ini menamai Mars dengan nama dewa perang mereka? Konon, hal ini karena warna Mars yang merah, melambangkan pertumpahan darah saat perang.

Planet Mars ternyata juga punya gunung berapi lho, Superfriends. Namanya Olympus Mons, gunung ini tingginya sekitar 21 km dengan diameter 600 km dan menjadi gunung paling tinggi di Tata Surya.

Jenis gunung berapi ini diperkirakan terbentuk sekitar miliaran tahun lalu. Para ilmuwan baru-baru ini juga menemukan beberapa bukti yang menguatkan bahwa Olympus Mons masih merupakan gunung berapi aktif, Superfriends.

 

Referensi: https://time.com/5314686/mars-close-approach/?
https://www.treehugger.com/mars-about-shine-brighter-any-time-4867983
https://inet.detik.com/science/d-5373032/7-fakta-menarik-mars-planet-incaran-berbagai-bangsa
Trending Beginner Extreme solo traveling

14 COMMENTS

SHARE
DEVI TRI HANDOKO
FENOMENA ALAM
Sumardiyono
Nice Infonya
Agus Sungkawa
Amazing bisa meliha penampakan
Senuadi Tandun
wah kudu masuk note bila perlu di puncak biar makin asyik ngeliat
Karlina
Nice info
Bahar
Nice info
bahar22
Nice info
Hilman rusdiyanto
Mantabbbbb
Heni Oen
bikin penasaran spt apa
Novrizal Usman
Wah..gak sabar pengen liat dengan mata telanjang