Surf Kayaking, Mengejar Ombak Lautan Sambil Duduk di Kayak

Pernah dengar olahraga Surf Kayaking? Kalau dari namanya, lo pasti bakal ngebayangin olahraga surfing dan kayak. Yup, betul banget, olahraga ini emang perpaduan dari keduanya, Superfriends. Simak nih ulasan selengkapnya!

Surf Kayaking, Mengejar Ombak Lautan Sambil Duduk di Kayak

Hobi melakukan olahraga air yang menantang adrenalin, Superfriends? Apa surfing dan kayaking jadi salah satu olahraga air favorit lo? Nah, masih banyak olahraga air yang menantang sekaligus menarik lainnya yang bisa lo coba, lho. Salah satunya adalah Surf Kayaking. Lo pernah dengar namanya? Kalau dengar namanya, lo pasti udah bisa bayangin olahraga apa ini.

Surf Kayaking, bisa dibilang olahraga air satu ini adalah perpaduan antara olahraga surfing sama kayaking. Tentunya olahraga ini nggak kalah menantangnya dari surfing biasanya, atau dari kayaking pada umumnya, Superfriends.

Penasaran nggak sebenarnya apa sih Surf Kayaking ini? Langsung aja disimak ulasan berikut ini, Superfriends!

Apa Itu Surf Kayaking?

Surf Kayaking, Mengejar Ombak Lautan Sambil Duduk di Kayak

Image source: nytimes.com         

Pengertian surf kayaking secara sederhana adalah tentang mengejar ombak laut yang bergerak cepat. Idenya sendiri adalah untuk membuat kayak meluncur ke permukaan ombak dan untuk bisa berselancar seperti yang dilakukan peselancar/surfer , tapi bedanya ini sambil duduk di kayak.

Surf kayaking adalah kayak yang dirancang khusus buat berselancar di gelombang laut yang bergerak. Artinya, gelombang yang terbentuk berdasarkan gelombang laut bertemu dengan topografi bawah air. Kondisi ini bisa terjadi di laut dan juga danau besar. Surf kayak juga dirancang seperti papan selancar yang biasa untuk surfing.

Surf kayak biasanya memiliki beberapa komponen dasar, yaitu bagian dasar yang datar dengan sedikit lengkungan di bagian ekor untuk kecepatan, rel yang keras di sekeliling bagian luar untuk mengukir belokan yang ketat, dan rocker yang signifikan di haluan untuk menjaga kayak saat menuju gelombang langsung ke bawah.

Tiga Jenis Dasar Surf Kayak

Surf Kayaking, Mengejar Ombak Lautan Sambil Duduk di Kayak

Image source: adventureswales.co.uk     

High Performance Surf Kayak. Disebut High Performance (HP) atau kinerja tinggi karena panjang keseluruhannya yang pendek dan kemampuannya buat melakukan gerakan tajam dan dinamis, seperti transisi rail ke rail dengan cepat, dan bahkan mengeluarkan udara dari bibir ombak.

High performance surf kayak menggunakan fin seperti papan selancar dan biasanya menggunakan pengaturan fin. Jenis surf kayak satu ini juga bersaing di kelasnya sendiri dalam sebuah kompetisi surf kayak, Superfriends.

International Class. Dikenal juga sebagai IC kayak, jenis ini disebut kompetisi internasional karena harus menempuh jarak tertentu buat berkompetisi dalam sebuah kompetisi surf kayak internasional. Surf kayak ini juga lebih panjang dari surf kayak HP, dan biasanya nggak menggunakan fin.

Panjang yang diperlukan buat surf kayak IC adalah 3 meter. Kayak ini punya kecepatan yang luar biasa dan bisa menangkap ombak yang jauh lebih keras daripada surf kayak jenis high performance.

Waveski. Jenis surf kayak ini pada dasarnya duduk di atas kayak yang merupakan papan selancar tempat lo duduk. Waveski biasanya selalu memiliki fin dan bisa berkisar antara kayak pendek high performance, dan panjang IC atau bentuk longboard yang lebih panjang.

Kayak ini juga bersaing di kelasnya sendiri dalam sebuah kompetisi surf kayak. Waveski bisa dibilang adalah kapal dinamis berperforma tinggi untuk duduk berselancar.

Nah, itu tadi penjelasan singkat tentang olahraga surf kayaking yang cocok buat lo para penantang adrenalin di lautan. Gimana, penasaran pengen coba nggak, Superfriends?

 

Source: https://gokayaknow.com/the-basics-of-surf-kayaking/
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
Nice infonya
Heni Oen
kalau tetbalik gimana ya
Senuadi Tandun
Boleh nih dicoba.sayang disini belum banyak yang tertarik kayak
agung
tq info ya
DEVI TRI HANDOKO
olah raga air yang cukup menantang
Agung Sutrisno
olahraga air yang menantang adrenalin
Agus Sungkawa
Olahraga air yg menangtang
bahar22
Nice info
Karlina
Nice info