Tips Praktis Merawat Motor yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Sama kayak peralatan petualangan lainnya, sepeda motor juga perlu perawatan biar bisa berfungsi dengan optimal saat digunakan. Meskipun lagi “hibernasi” di rumah aja, kuda besi andalan lo tetep perlu perhatian, Superfriends. Makanya, lo wajib tahu tips praktis merawat motor yang bisa dilakukan sendiri saat di rumah. Kuy, simak tips lengkapnya berikut ini!

Tips Praktis Merawat Motor yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Sepeda motor memang menjadi alat transportasi yang sangat populer di Indonesia. Selain praktis, kendaraan roda dua ini juga multifungsi banget buat rakyat +62, Superfriends. Mulai dari bolak-balik ngantor sampai liburan ke tempat wisata sepeda motor tentu bisa diandalkan.

Meskipun lagi istirahat panjang, “doi” tetep butuh perawatan biar nggak ngambek pas mau digunakan, Superfriends. Oleh karena itu, lo bisa simak beberapa tips praktis merawat motor yang bisa dilakukan sendiri saat di rumah berikut ini!

Ganti Oli Mesin

Tips Praktis Merawat Motor yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Image source: oto.com           

Tips praktis merawat motor yang bisa dilakukan sendiri saat di rumah pertama, yaitu anti oli mesin. Caranya juga gampang banget nih, lo cukup buka penutup oli dan letakkan baki atau wadah di bawah motor lalu lepaskan sumbatannya. Pastikan melepas baut dengan benar ya, Superfriends.

For your information, baut ini biasanya yang paling besar. Biasanya, baut tempat keluar oli mesin ini terletak di sisi bawah atau samping mesin. Kalau sudah berhasil membuka baut penutup oli, gunakan oli yang cocok dan sesuai dengan standar motor ya, Superfriends!

Bersihkan Filter Udara

Tips Praktis Merawat Motor yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Image source: moladin.com     

Tips praktis merawat motor yang bisa dilakukan sendiri saat di rumah selanjutnya yaitu bersihkanlah filter udara. Sesuai namanya, komponen motor yang satu ini berguna buat menyaring udara yang masuk ke mesin atau ruang pembakaran, Superfriends.

Seiring pemakaian dan berjalannya waktu, filter udara bisa kotor tertutup debu. Kalau udah kayak gini, filter dengan model sponge atau kertas sebaiknya langsung dibersihkan, Superfriends.

Cara membersihkannya tergantung dari bahan. Kalau busa, lo bisa mencelupkannya ke dalam bensin lalu dikeringkan dengan cara memerasnya. Lakukan beberapa kali sampai benar-benar bersih. Setelah diperas, lumuri permukaan busa dengan oli SAE 10W-40 secukupnya, Superfriends!

Setel Rantai (Motor Manual atau Semi Otomatis)

Tips praktis merawat motor yang bisa dilakukan sendiri saat di rumah selanjutnya yaitu setel rantai kalau motor lo memiliki transmisi manual atau semi otomatis, Superfriends. Komponen ini wajib banget diperhatikan secara berkala biar mesin dan roda bisa terhubung dengan baik.

Caranya, pertama kendorkan dulu baut yang ada di as roda belakang. Lalu, kencangkan baut yang terletak di sisi motor sampai lo merasa sudah mendapatkan kekencangan yang sesuai, baik itu di sisi kiri atau kanan. Kalau sudah, jangan lupa buat memasang kembali baut di as roda yang sudah lo lepaskan tadi, Superfriends.

Cuci Sampai Bersih

Tips praktis merawat motor yang bisa dilakukan sendiri saat di rumah terakhir yaitu cuci sampai bersih. Meskipun nggak digunakan, motor lo pasti bakal kotor atau berdebu. Mumpung masih ada waktu, lakukan hal ini sendiri di rumah, itung-itung buat ngisi waktu luang lah, Superfriends.

Peralatannya mudah, dan caranya pun nggak terlalu sulit. Lo cuma butuh deterjen khusus buat sepeda bermotor, selang air, sponge, dan kanebo sebagai tahap akhir buat mengeringkan motor.

Sebagai tambahan, lo bisa mencuci motornya terlebih dahulu sebelum menyemprotkan cairan pembersih. Tunggu beberapa saat, lalu bilas. Praktis banget kan, Superfriends?

Itulah beberapa tips praktis merawat motor yang bisa dilakukan sendiri saat di rumah. Selamat mencoba, Superfriends!

 

Referensi: https://review.bukalapak.com/auto/servis-motor-di-rumah-111471
Tips Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
Karlina
Nice info
Bahar
Nice info
bahar22
Nice info
Rdh
Nice info
Ldr_Lstyd
Keren infonya gan
Agus Sungkawa
Tips yang bermanfaat
Sumardiyono
Nice infonya
Agus Sungkawa
Tips yang sangat peraktis
Novrizal Usman
Nambah ilmu