Cara Menyeberangi Sungai Berarus Deras Saat Menjelajahi Alam Bebas

Menjelajahi alam bebas tentunya banyak rintangan yang mesti dihadapi, salah satunya menyeberangi sungai. Kalau sungainya berarus deras, lo wajib tau nih cara menyeberanginya berikut ini, Superfriends!

Cara Menyeberangi Sungai Berarus Deras Saat Menjelajahi Alam Bebas

Memutuskan buat melakukan petualangan ke alam bebas emang harus paham sama segala risiko atau tantangan yang bakal dihadapi. Apalagi di alam bebas, lo akan selalu dikejutkan dengan berbagai rintangan yang harus dilewati. Petualangan ke alam bebas pun nggak melulu menyajikan penjelajahan di darat, tapi juga harus siap berhadapan dengan air, entah danau maupun sungai yang besar.

Nah, menyeberangi sungai yang berarus deras bisa menjadi tugas yang rumit nih, Superfriends. Berhadapan sama sungai emang bukan hal yang baru. Mungkin lo lagi berkemah di lokasi yang dekat sungai, kadang ada saatnya lo perlu menyeberangi sungai dalam beberapa jenis situasi.

Dalam situasi begini, tentunya lo harus udah punya persiapan atau paham gimana cara menyeberangi sungai, khususnya yang berarus deras. Yang harus diingat ketika lo berencana menyeberangi sungai dengan arus deras, ketahuilah kalau ini merupakan situasi yang berbahaya. Kalau emang memungkinkan, sebaiknya penyeberangan sungai ini dihindari.

Cara terbaik buat menilai sebuah sungai adalah dengan naik ke titik yang lebih tinggi, seperti memanjat pohon atau bukit. Hal ini bisa memberikan lo penjelasan tentang medan di depan dan daerah lo berada.

Namun, lebih dari itu, masih ada beberapa hal yang perlu dipikirkan dan dipertimbangkan saat lo berada pada situasi menyeberangi sungai berarus deras. Berikut ini cara yang mesti dilakukan, Superfriends.

Seberapa Penting Lo Harus Menyeberangi Sungai?

Cara Menyeberangi Sungai Berarus Deras Saat Menjelajahi Alam Bebas

Image source: growingagreenerworld.com 

Hal pertama yang mesti lo ingat adalah, seberapa penting sih lo harus menyeberangi sungai tersebut? Apakah emang lo lagi menghadapi kondisi darurat atau enggak. Karena menyeberangi sungai dengan arus deras sendiri adalah sesuatu yang perlu dipertimbangkan karena berbahaya. Jadi, lo harus bertanya sama diri sendiri, apakah itu hal yang harus dilakukan atau enggak?

Siapa yang Menyeberang Bersama Lo?

Cara Menyeberangi Sungai Berarus Deras Saat Menjelajahi Alam Bebas

Image source: capewrathultra.com       

Setelah lo mempertimbangkan harus menyeberangi sungai atau enggak, yang selanjutnya dipikirkan adalah dengan siapa lo akan menyeberangi sungai? Yang pasti, menyeberangi sungai berarus deras sendirian aja berbahaya, apalagi kalau tambah ada orang lain bersama lo, maka faktor apapun bisa jadi lebih besar.

Pertanyaan seperti, berapa banyak orang yang harus menyeberang?, seberapa kuat dan matang orang-orang ini?, apakah lo dan mereka bisa berenang?, kalau bisa, seberapa baik?. Nah, beberapa pertanyaan tadi penting banget lo tanyakan sama diri sendiri kalau berniat menyeberangi sungai berarus deras, Superfriends.

Apa yang Ada di Air Kecuali Lo?

Perlu diingat, mengetahui apa aja yang ada di air kecuali lo ini tergantung di mana sungai tersebut berada. Di beberapa daerah maupun negara, dalam situasi perairan ada daerah koloni ikan piranha, ular, beruang, maupun hewan lainnya. Jadi, penting juga buat mengetahui jenis sungai yang ada di lokasi lo bertualang.

Seberapa Cepat Air Sungai Bergerak?

Nah, ini penting, arus sungai juga perlu lo pertimbangkan. Lo harus bisa mengukur kemampuan lo terhadap arus sungai. Apakah arusnya lambat atau cepat.

Apakah Harus Menyeberang Sungai di Tempat Lo Berada?

Lo pastinya berpikir apa sungai yang lo temui ini berakhir di air terjun? Kalau lo menentukan akan menyeberangi sungai tersebut, lakukan dengan benar di mana lo berada. Lo bisa pergi ke hulu atau hilir buat menemukan persimpangan yang lebih mudah kalau lo punya waktu yang cukup.

Perlu diingat, tetap pertimbangkan juga sifat sungai, kecepatan aliran sungai, kedalaman air, bentuk air, poin masuk dan keluar, kemampuan kelompok, dinginnya air, dan alternatif yang lebih aman.

 

Source: https://survivalalam.blogspot.com/2017/04/teknik-menyeberangi-sungai-berarus-deras.html
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
Ldr_Lstyd
Nice info gan
bahar22
Nice info
Karlina
Nice info
Amirul Bahri
Tips kereeeen
Agung Sutrisno
Ilmu berharga
Sumardiyono
tanks infonya
Agus Sungkawa
Cara yang bisa d tiru