Tips Dapetin Foto yang Keren dengan Kamera Smartphone

Tahu nggak sih, ternyata foto yang keren dan instagramable juga bisa diperoleh dari kamera smartphone, lho. Nggak gampang memang, tapi lo juga bisa kok kalau udah paham tips dapetin foto mengagumkan dengan kamera smartphone, Superfriends. Berikut tips lengkapnya!

Tips Dapetin Foto yang Keren dengan Kamera Smartphone

Memotret dengan smartphone memang punya sejumlah kelebihan, Superfriends. Selain lebih praktis dibawa kemana-mana, kamera smartphone juga terbilang mudah dioperasikan ketimbang kamera DSLR.

Ragu sama hasilnya? Tenang, lo juga bisa kok dapetin tangkapan foto terbaik dan berkualitas. Tentunya, dengan menerapkan beberapa tips dapetin foto mengagumkan dengan kamera smartphone berikut ini, Superfriends!

Pahami Dulu Kamera Smartphone yang Bakal Digunakan

Tips Dapetin Foto yang Keren dengan Kamera Smartphone

Image source: gsmarena.com

Saat ini, setiap smartphone pasti sudah dibekali dengan kamera yang mumpuni, Superfriends. Meskipun bukan flagship, kamera yang disematkan di smartphone low-end dan mid-end juga bisa dibilang sudah cukup buat menangkap momen dengan hasil yang menakjubkan.

Tapi disamping itu, lo wajib banget memahami segala seluk beluk kamera yang terpasang di smartphone lo, Superfriends. Lo bisa kulik berbagai macam fiturnya, kayak resolusi, brightness, shooting mode, contrast, dan lain sebagainya.

Pernah dengar peribahasa “bisa karena biasa”, kan? Nah, lo juga harus terbiasa dengan kamera smartphone lo biar bisa dapetin foto yang mengagumkan, Superfriends!

Usahakan Dekat dengan Objek dan Penuhi Viewfinder

Tips Dapetin Foto yang Keren dengan Kamera Smartphone

Image source: cae.edu.au     

Ketika lo berada jauh dari objek, otomatis lo cuma bakal mendapatkan figure kecil yang kalah dari background di sekitar, Superfriends. Kalau mau dapetin foto mengagumkan dengan kamera smartphone, sebaiknya hindari fitur zoom karena bisa mengurangi kualitas gambar.

Maka dari itu, lo harus berusaha sedekat mungkin dengan objek dan penuhi viewfinder atau layar smartphone dengan objek yang bakal lo foto, Superfriends!

Selalu Ingat Komposisi Rule of Thirds

Lo nggak selalu bisa menempatkan objek foto di tengah frame. Jika lo ingin foto yang dihasilkan senatural mungkin, gunakan komposisi Rule of Thirds. Pemikiran di balik komposisi Rule of Thirds adalah untuk memecah frame menjadi tiga bagian yang sama, baik secara horizontal maupun vertikal.

Beberapa kamera smartphone memiliki pengaturan yang akan menempatkan garis-garis ini untuk memudahkanmu melihat komposisi terbaik saat mengambil gambar. Poin di mana garis-garis ini berpotongan adalah di mana lo harus menempatkan objek foto di frame. Lo pasti akan kagum pada hasilnya!

Dapatkan Pencahayaan Terbaik

Pencahayaan natural selalu menghasilkan warna foto yang lebih baik ketimbang foto yang diambil dengan flash kamera. Jika lo mengambil foto di dalam ruangan, cari cahaya buatan atau cahaya kecil yang natural untuk merefleksikan hasil fotomu.

Gunakan Objek Manusia untuk Hasil yang Lebih Baik

Pemandangan indah yang tertangkap oleh mata telanjang akan sangat sulit diabadikan hanya dengan kamera smartphone. Untuk hasil yang lebih baik, gunakan objek manusia dalam foto tersebut. Hal ini membuat hasil foto lebih pribadi dan memorable. Tentu saja memberikan nilai lebih untuk pemandangan tersebut.

Jaga Lensa Kamera Selalu Bersih dan Jernih

Kalau lo ngerasa hasil foto lo berbayang atau berembun, bisa jadi ada kotoran dan debu yang menempel di lensa kamera smartphone milikmu. Selalu pastikan keadaan lensamu bersih jadi setiap momen yang terpotret selalu jernih. Lo bisa gunakan casing smartphone untuk menjaga lensa tetap bersih.

Nah, itulah beberapa tips dapetin foto mengagumkan dengan kamera smartphone. Kalau lo juga punya tips yang belum ada dalam daftar di atas boleh banget tambahkan di kolom komentar, Superfriends!

 

Referensi: https://jalantikus.com/tips/7-tips-fotografi-kamera-smartphone/
Tips Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
Heni Oen
termasuk hpnya yg high end
Senuadi Tandun
Cukup bermanfaat tergantung juga lensa dr hpnya
Novrizal Usman
Kalo pake hp harga 5juta keatas dijamin keren hasilnya dibantu fitur2 yg canggih
agung
tq info ya
Sumardiyono
Amaziiing
Sumardiyono
Nice Infonya
Fajar Satritama
Nuhun info na ????????
Nasir Arsyad
Cakeep..ty infox
Hengky  kik
perlu di coba ni ...
Rdh
Nice info