Menikmati Panorama 4 Gunung Sekaligus dari Awang Awang Sky View

Gunung Telomoyo itu jajaran gunung api dengan tipe stratovolcano atau gunung api kerucut. Tapi gunung yang punya ketinggian 1.894 meter di atas permukaan laut ini belum pernah tercatat meletus.

Menikmati Panorama 4 Gunung Sekaligus dari Awang Awang Sky View

Puncak Telomoyo bisa dibilang salah satu puncak gunung yang terbilang gampang diakses. Bahkan buat traveler yang nggak punya keahlian mendaki atau kekuatan fisik yang sangat baik sekalipun

Tapi kali ini kita nggak ngomongin soal pendakian gunung dulu. Kebetulan di kawasan Gunung Telomoyo ini ada spot yang menarik banget dikunjungi. Namanya Awang Awang Sky View. Ada yang tahu?

Ini spot yang instagramable banget. Lo bisa menikmatinya sambil ngopi-ngopi santuy. Kalau cuacanya lagi cerah, wisatawan bisa menikmati panorama alam yang sangat indah dari dek kaca, andalan dari Awang Awang Sky View sambil ngopi santai.

Rute ke Awang Awang Sky View

Menikmati Panorama 4 Gunung Sekaligus dari Awang Awang Sky View

Image source: inews.id   

Spot Awang Awang Sky View ini searah sama jalur utama ke Puncak Gunung Telomoyo. Jadi gampang banget buat dijangkau. Kota terdekat dari tempat ini adalah Salatiga dan Magelang.

Kalau dari dua kota itu, perjalanan ke Puncak Telomoyo itu bisa dari gerbang area parkir wisata Gunung Telomoyo sendiri. Persisnya di Dusun Dalangan, Desa Pandean, Kecamatan Ngablak, Magelang. Nah, dari sana lo bisa langsung menuju Puncak Telomoyo. Bisa pakai motor atau naik jeep wisata. Tinggal pilih aja. 

Kalau dari Salatiga itu lo mesti ambil perjalanan menuju wisata Kopeng. Kalau sudah sampai di Kecamatan Getasan, lo bakal keluar dari jalan utama melalui Jalan Raya Banyubiru-Kopeng. Dari cabang itu ada SMP Negeri 3 Getasan. Baru deh dari situ ikutin aja jalan utama Kopeng Grabag. Nanti ada area parkir wisata Gunung Telomoyo di kanan jalan.

Sedangkan kalau jalannya dari Magelang itu bisa naik bus dari Terminal Bus Magelang. Jarak tempuhnya kurang lebih 700 meter. Rutenya sama, lo bisa ambil yang ke aras Jalan Kopeng-Grabag.

Bisa Lihat Panorama 4 Gunung

Menikmati Panorama 4 Gunung Sekaligus dari Awang Awang Sky View

Image source: suwatu.com         

Gunung Telomoyo bisa dibilang memiliki lokasi yang strategis. Terletak di antara Magelang dan Semarang, Gunung Telomoyo dikelilingi oleh empat gunung lain yang ada di Jawa Tengah. Keempat gunung tersebut adalah Gunung Ungaran, Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, dan Gunung Andong.

Harga tiket masuknya bisa dibilang cukup terjangkau, yaitu per orang hanya cukup membayar Rp 15.000 saja. Lo sudah bisa menikmati pemandangan alam yang indah, serta spot menarik untuk berfoto.

Pemandangan terbaik yang disuguhi oleh alam di sekitar tempat wisata kelolaannya dapat dilihat pada Juni-September. Lo akan ditawarkan pemandangan yang luar biasa saat matahari terbit, siang hari, dan matahari terbenam.

 

source: https://travel.kompas.com/read/2021/05/22/170655427/rute-ke-awang-awang-sky-view-spot-instagramable-di-gunung-telomoyo?page=all
Urban Places Beginner Extreme solo traveling

12 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
amaziiing
Senuadi Tandun
makin pengen liburan. walau jembatan kacanya belum spt di cina
GREEN GRASS hiking club
Jadi pingin berkunjung keren banget..
Cecep Jajang
Pengen banget nyobain ke sana
Agus Sungkawa
View yang sangat indah
Bahar
Nice info
bahar22
Nice info
Fajar Satritama
Thx info bro
bahar22
Nice info
Heni Oen
viewnya bagus cocok for nect trip