Jenis Aktivitas Pendakian di Alam Bebas, Pemula Wajib Tahu!

Kegiatan pendakian nggak sekadar naik gunung di alam bebas aja, tapi aktivitas ini punya beberapa jenis yang berbeda-beda, Superfriends. Buat para pemula, wajib banget tau nih! Langsung aja simak ulasannya!

Jenis Aktivitas Pendakian di Alam Bebas, Pemula Wajib Tahu!

Aktivitas pendakian ke alam bebas emang semakin digemari banyak kalangan. Mountaineering atau pendakian gunung emang punya daya tarik tersendiri buat dilakukan. Bisa menikmati keindahan alam dan udara segar di atas pegunungan adalah salah satu nilai plus saat melakukan kegiatan pendakian.

Tapi, kalau lo masih pemula, sebaiknya kalau mau melakukan kegiatan ini harus didampingi sama pemandu yang udah berpengalaman. Supaya kalau ada hal-hal yang nggak diinginkan terjadi, ada yang segera membantu lo. Beberapa aktivitas pendakian alam bebas juga harus dilengkapi sama peralatan khusus dengan teknik penggunaan khusus.

Nah, buat lo yang masih pemula dalam hal pendakian di alam bebas, lo harus tau nih sama beberapa jenis aktivitas pendakian ini, Superfriends. Penasaran ada apa aja? Berikut ini beberapa jenis aktivitas pendakian gunung bisa dibedakan berdasarkan jenis medan dan peralatan yang digunakan.

Hiking (Hill Walking)

Jenis Aktivitas Pendakian di Alam Bebas, Pemula Wajib Tahu!

Image source: smartertravel.com  

Hiking sendiri menjadi kegiatan pendakian yang udah sering dilakukan sama penggiat alam bebas di Indonesia. Kegiatan mendaki di daerah perbukitan atau menjelajah kawasan bukit yang nggak terlalu tinggi ini emang nggak terlalu sulit buat dilakukan.

Buat melakukan hiking pun nggak butuh alat bantu khusus, lo cuma harus mengandalkan kedua kaki buat menopang aktivitas berjalan kaki. Kegiatan ini biasanya dilakukan buat mencapai tujuan tertentu, seperti lokasi wisata air terjun, atau wisata alam lainnya.

Scrambling

Jenis Aktivitas Pendakian di Alam Bebas, Pemula Wajib Tahu!

Image source: smc.org.uk  

Buat kegiatan satu ini, dikenal sangat menantang dan ekstrem, Superfriends. Scrambling merupakan kegiatan mendaki gunung ke tempat-tempat dataran tinggi pegunungan yang punya kemiringan di atas 45 derajat.

Kalau kegiatan hiking mengandalkan kekuatan kaki, pada aktivitas ini lo juga harus butuh kekuatan tangan buat membantu gerakan mendaki. Scrambling biasanya menggunakan peralatan berupa tali, karena medan yang dilalui cukup ekstrem.

Climbing

Selanjutnya ada climbing, yang merupakan aktivitas alam bebas yang butuh keterampilan, peralatan khusus, serta nyali yang besar. Aktivitas ini biasanya dilakukan pada medan berupa tebing batu dengan kemiringan di atas 80 derajat.

Buat melakukan aktivitas ini, lo juga mesti dibekali pengetahuan tentang tebing yang bakal dipanjat dan penguasaan dalam penggunaan alat-alatnya. Selain itu, lo juga butuh latihan terlebih dulu, kalau enggak pasti bakal kesulitan.

Expedition

Kegiatan pendakian satu ini lebih membutuhkan ragam pengetahuan dan waktu yang lama buat melakukannya, Superfriends. Expedition sendiri biasanya dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisir dalam satu tim dan udah punya persiapan yang matang.

Selain itu, variasi medan dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda, juga mengharuskan lo memiliki kemampuan melakukan jenis aktivitas yang bervariasi dari hiking, scrambling, dan climbing.

Aktivitas expedition juga butuh perbekalan yang disiapkan sesuai kebutuhan medan, waktu, dan jarak tempuh yang bakal dilalui. Kegiatan biasa dilakukan sama orang-orang yang udah terlatih dan punya kemampuan penguasaan medan yang baik.

Nah, itu tadi beberapa jenis aktivitas pendakian di alam bebas yang bisa lo coba, Superfriends. Jenis aktivitas tadi tentu punya tantangan yang berbeda pula. Lo sendiri lebih pilih yang mana?

 

Source: https://ensiklo.com/2015/07/06/mengenal-jenis-aktivitas-pendakian-di-alam-alam-bebas/
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
bahar22
Nice info
Bahar
Nice info
Karlina
Nice info
Sumardiyono
tanks infonya
Heni Oen
kayaknya hiking aja deh scrambklng hiking ngak muda lagi ngak sanggup
Senuadi Tandun
kalau pemula harus bareng yg pengalaman.
Agung Sutrisno
Pendakian gunung emang punya daya tarik
Amirul Bahri
kereen min infonya
Hengky  kik
sangat bermanfaat untuk pemula mengetahui macam macam aktitas outdoor