Sudah Tahu Unsur 3A dalam Dunia Pariwisata?

Berwisata ke suatu lokasi yang menakjubkan pastinya jadi impian banyak orang. Di dunia pariwisata sendiri ternyata ada unsur 3A yang jadi pertimbangan wisatawan buat menentukan tujuan wisatanya, Superfriends.

Sudah Tahu Unsur 3A dalam Dunia Pariwisata?

Destinasi wisata pastinya selalu punya daya tarik yang membuat wisatawan mau berkunjung dan menikmati waktunya di lokasi tersebut. Namun, selain ragam keindahan yang jadi daya tarik sebuah destinasi wisata, masih ada sejumlah unsur lainnya yang juga jadi pertimbangan para wisatawan ketika mereka menentukan tujuan wisata.

Dalam dunia pariwisata sendiri ada yang namanya unsur 3A Pariwisata, yaitu Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilitas. Ketiga unsur ini nyatanya sangat penting dimiliki oleh setiap destinasi wisata, karena sangat berpengaruh sama tingkat kunjungan wisatawan, lama tinggal wisatawan, dan juga minat wisatawan buat berkunjung kembali.

Itulah kenapa sebuah pariwisata harus bisa kasih kesan pada setiap aktivitas yang dilakukan wisatawan, kenyamanan dan kelengkapan fasilitas pendukung, serta kemudahan akses buat berkunjung. Jadi, apa aja sih penjelasan dari unsur 3A ini? Berikut ini ulasan selengkapnya.

Atraksi

Sudah Tahu Unsur 3A dalam Dunia Pariwisata?

Image source: oneplj.com   

Yang jadi daya tarik utama dari sebuah destinasi wisata tentu aja atraksi. Atraksi wisata ini meliputi segala sesuatu yang bisa dinikmati sama wisatawan, seperti yang bisa dilihat, didengar, dirasakan atau dilakukan, baik berupa daya tarik alam, budaya, maupun hasil kreativitas masyarakatnya.

Daya tarik alam sendiri bisa berupa pemandangan alam, air terjun, sungai, serta keberadaan flora dan fauna di sekitarnya. Sedangkan daya tarik budaya dan kreativitas masyarakat bisa berupa museum, peninggalan sejarah, kesenian, taman rekreasi, dan lainnya.

Atraksi wisata juga harus bisa memberikan kesan pengalaman kepada wisatawan, sehingga tujuan melakukan kegiatan pariwisata juga bisa tercapai.

Amenitas

Sudah Tahu Unsur 3A dalam Dunia Pariwisata?

Image source: mbvacationhomerentals.com  

Selanjutnya ada amenitas atau fasilitas pendukung dari sebuah destinasi wisata. Hal ini tentunya harus bisa menjawab kebutuhan wisatawan selama berada di lokasi wisata. Mulai dari fasilitas dasar seperti toilet, tempat ibadah, tempat parkir, tempat istirahat, sampai tempat makan.

Kelengkapan dan kenyamanan dari amenitas yang dimiliki suatu destinasi wisata ini bakal berpengaruh dalam pertimbangan dan keputusan wisatawan kalau mau berkunjung. Selain itu, keberadaan amenitas juga berpengaruh sama seberapa lama wisatawan tinggal di lokasi wisata tersebut.

Aksesibilitas

Terakhir ada aksesibilitas, yang bisa diartikan sebagai beragam hal tentang akses wisatawan saat mau berkunjung ke sebuah destinasi wisata. Aksesibilitas ini meliputi akses informasi dan transportasi.

Akses informasi sendiri bisa berupa informasi tentang daya tarik sebuah lokasi wisata, fasilitas dan akomodasi yang dimiliki, informasi perjalanan, dan ragam informasi lainnya. Ini juga berkaitan sama promosi yang dilakukan sama destinasi wisata itu sendiri.

Sedangkan akses transportasi bisa berupa ketersediaan transportasi umum seperti pesawat, kapal, kereta api, bus atau transportasi lain yang dibutuhkan wisatawan buat memudahkan dalam menjangkau sebuah lokasi wisata.

Selain transportasi umum, ketersediaan jalan yang baik, papan penunjuk arah, dan juga jauh atau dekatnya jarak tempuh yang bakal berpengaruh sama minat wisatawan buat berkunjung.

Nah, itu tadi ketiga unsur yang penting banget dimiliki sama sebuah destinasi wisata, Superfriends. Karena sesungguhnya, semenarik apapun atraksinya, kalau nggak ada dukungan dari amenitas dan aksesibilitas yang baik, wisatawan nggak akan betah berlama-lama di lokasi tersebut.

 

Source: https://ensiklo.com/2019/08/18/3a-pariwisata/
In Depth Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
Karlina
Nice info
Bahar
Nice info
bahar22
Nice info
Nasir Arsyad
Kereen..ty infox
SRI YAYA ASTUTI
SETIAP ORANG MEMPUNYAI TUJUAN TRAVELING UNTUK MELIHAT HAL YANG MENARIK MENURUT MEREKA SETIAP DESTINASINYA
Agung Sutrisno
Daya tarik wisata indonesia
Sumardiyono
Tanks infonya
Bahar
Nice info
Karlina
Nice info
Arif wibowo
Keren iniii