Tips Memilih Dry Bag yang Cocok Dipakai Aktivitas Outdoor

Pasti lo udah tau kan fungsi dari dry bag? Tentu aja buat melindungi barang bawaan dari air. Tapi sebelum lo membelinya, simak dulu tips memilih dry bag yang cocok buat aktivitas outdoor berikut ini, Superfriends.

Tips Memilih Dry Bag yang Cocok Dipakai Aktivitas Outdoor

Dry bag, seperti yang udah diketahui, merupakan tas yang memiliki fungsi untuk menjaga barang bawaan dari paparan air. Macam-macam benda pun bisa ditaruh di dalamnya, seperti baju ganti, smartphone, kamera, paspor, dan berbagai benda penting lainnya yang nggak mau kena basah air. Di pasaran sendiri, ada berbagai dry bag yang berbeda ukuran dan cara menutupnya.

Nggak cuma itu, karakteristik antara satu produk dengan lainnya pun bisa berbeda tergantung dari material yang digunakan. Maka dari itu, lo perlu memerhatikan beberapa hal sebelum membeli dry bag, Superfriends. Berikut ini beberapa tips yang harus lo pahami sebelum beli dry bag buat aktivitas outdoor.

Ukuran dan Kapasitas Sesuai Kebutuhan

Tips Memilih Dry Bag yang Cocok Dipakai Aktivitas Outdoor

Image source: corsurf.com   

Dry bag sendiri punya ukuran yang berbeda-beda, makin besar ukurannya maka semakin besar juga kapasitas yang dimiliki. Buat menentukan ukuran kapasitas yang tepat, lo sebaiknya pilih yang sesuai sama tujuan penggunaannya, Superfriends.

Kalau lo mau pakai dry bag buat mengamankan dokumen, smartphone, dompet, atau benda kecil lainnya maka bisa pilih yang ukuran kecil. Sedangkan kalau mau mengamankan baju ganti, jaket, dan benda lainnya maka lo bisa pilih dry bag besar.

Pastikan aja kapasitasnya memadai buat menyimpan seluruh barang bawaan lo. Penting buat diingat, semakin besar ukuran dry bag, makin tinggi pula harganya. Jadi, lo mesti persiapkan dana lebih ya, Superfriends.

Material yang Digunakan

Tips Memilih Dry Bag yang Cocok Dipakai Aktivitas Outdoor

Image source: hiconsumption.com   

Tergantung pada material yang digunakan, hal ini juga bisa membedakan keunggulan dari suatu produk dry bag. Ada yang menggunakan satu bahan aja, ada juga yang memadukan beberapa jenis bahan. Berikut ini ada beberapa kelebihan dari setiap bahan.

PVC, noda sangat sulit meresap. Nggak hanya kuat, material PVC juga sangat tahan noda, lho. Apalagi, dry bag nggak hanya harus menghadapi cairan bening, tapi bisa air kotor, kopi, dan cairan berwarna lainnya. Jadi lo nggak perlu khawatir dry bag lo bakal ternodai, Superfriends.

Tarpaulin, harganya terjangkau dan sangat tahan air. Kalau lo cari yang bisa melindungi air secara maksimal dengan harga terjangkau, dry bag berbahan tarpaulin ini bisa jadi jawabannya. Bahan ini juga cukup kuat buat menjaga barang bawaan supaya nggak bergeser saat dibawa.

TPU, kombinasi modern plastik dan karet. Dengan bahannya soft sekaligus fleksibel, material TPU sendiri merupakan gabungan antara plastik dengan karet. Hal tersebut membuat material ini punya kelenturan khas karet sekaligus sensasi halus kalau disentuh kulit.

Polyester, cepat kering dan antibakteri. Secara alami, material ini sangat tahan bakteri dan jamur. Nggak hanya itu, polyester juga cepat kering dan nggak gampang kusut meski terkena air atau dicuci terus menerus.

Nilon, fleksibilitas dan ketahanan. Kalau lo butuh dry bag yang awet dan lentur, maka cobalah beli yang berbahan nilon. Material ini mengorbankan sedikit ketahanannya demi bobot ringan dan fleksibilitas. Meski begitu, ketahanannya juga terus ditingkatkan seiring perkembangan teknologi.

Pilih Berdasarkan Tipe Closure

Berdasarkan closure atau penutup tas, dry bag dibagi ke dalam dua tipe. Ada yang berupa hypalon roll top dan ada juga yang menggunakan zipper seal.

Hypalon roll top, sangat efektif mencegah masuknya air. Tipe closure satu ini menjadi yang paling umum ditemukan, karena emang modelnya yang membuat air sangat sulit masuk ke dalam tas. Selain itu, lo juga menggulung sisi atasnya sebanyak yang dibutuhkan. Menariknya, mekanisme ini bisa membuat sisi atas tas ini difungsikan layaknya strap tas.

Zipper seal, mudah mengakses isi dalam tas. Closure tipe zipper seal ini nggak perlu lo gulung, cukup geser resletingnya seperti biasa dan mulut tas pun tertutup semua. Solusi terbaik buat lo yang nggak mau ribet buka tutup tas buat mengakses isinya.

Itu tadi beberapa tips memilih dry bag buat lo aktivitas outdoor, Superfriends. Barang bawaan apa aja nih yang biasa lo masukkan ke dalam dry bag?

 

Source: https://my-best.id/136522#toc-0
Tips Beginner Extreme solo traveling

3 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
Nice infonya
Nasir Arsyad
Infox kereen..makasih
Fajar Satritama
Nuhun info nya