Begini Cara Memilih Nesting yang Pas Buat Mendaki Gunung

Mendaki gunung pastinya nggak lengkap kalau nggak bawa nesting, Superfriends. Eh tapi, lo udah tau belum nih cara memilih nesting yang pas buat mendaki gunung? Langsung aja nih simak ulasan selengkapnya!

Begini Cara Memilih Nesting yang Pas Buat Mendaki Gunung

Nesting atau cooking set udah menjadi perlengkapan wajib yang selalu dibawa buat memenuhi kebutuhan asupan makanan saat melakukan pendakian gunung. Perlengkapan satu ini nggak cuma sekadar cooking set biasa aja, tiap jenisnya bahkan punya keunggulannya masing-masing. Ada yang berbentuk tabung buat merebus, ceper buat menumis, tipe wajan buat menggoreng, dan lainnya.

Selain ada berbagai bentuk buat berbagai kebutuhan memasak, nesting juga punya ukuran serta material yang berbeda-beda. Biar nggak bingung milih nesting yang pas buat mendaki gunung, berikut ini ada beberapa tips cara memilihnya, Superfriends.

Pilih Bentuk Sesuai Kebutuhan Memasak

Begini Cara Memilih Nesting yang Pas Buat Mendaki Gunung

Image source: phinemo.com    

Seperti yang udah dijelasin sebelumnya, nesting punya beberapa bentuk yang digunakan sesuai dengan kebutuhan memasak. Tipe panci tabung, buat memasak nasi dan mie instan. Nesting jenis ini punya bentuk silinder yang panjang seperti tabung, biasanya digunakan buat memasak nasi atau mie instan. Lo bisa memasukkan nesting dengan gampang kalau pakai tas yang cukup dalam.

Tipe panci ceper, buat hidangan tumis. Tipe nesting satu ini punya bentuk silinder dengan dasar yang lebar, jadi panas kompor bisa menyebar ke seluruh wajan dan cocok untuk membuat hidangan tumis.

Tipe panci kotak, praktis disimpan dan nggak gampang tumpah. Sesuai dengan bentuknya yang persegi, lo bisa gampang memasak tanpa takut tumpah.

Tipe wajan, gagang bisa dilipat. Nesting jenis wajan ini bentuknya kayak alat penggorengan dengan gagang yang bisa dilipat. Nesting satu ini juga sering digunakan buat memasak, jadi sangat disarankan buat dibawa.

Pilih Ukuran Sesuai Jumlah Orang

Begini Cara Memilih Nesting yang Pas Buat Mendaki Gunung

Image source: iprice.co.id   

Selain bentuk yang berbeda, nesting juga punya variasi ukuran yang sesuai dengan jumlah porsi tertentu. Lo bisa memilih ukuran nesting sesuai dengan jumlah orang yang bakal mendaki gunung bareng lo, Superfriends.

500-900 ml, cukup untuk penggunaan satu orang. Kalau cuma digunakan satu orang, pilih nesting kecil dengan ukuran 500 hingga 900 ml. Lo nggak perlu bawa semua jenis nesting, cukup buat masak makanan dan memasak air aja.

1 liter ke atas, buat penggunaan dua orang atau lebih. Kalau lo mendaki gunung bareng seorang teman atau lebih, lo bisa menggunakan nesting berukuran 1 liter ini. Lo juga bisa membawa beberapa nesting sesuai dengan jenis makanan yang bakal dimasak.

Pilih Material Sesuai Kebutuhan

Begini Cara Memilih Nesting yang Pas Buat Mendaki Gunung

Image source: azurbali.com   

Ada beberapa material yang umum digunakan buat nesting, yaitu stainless steel, aluminium, titanium, dan silikon. Tiap material ini punya keunggulan dan sifat konduktivitas panas yang berbeda pula.

Stainless steel, kuat dan tahan lama. Material satu ini punya daya tahan yang cukup baik. Tapi kalau dibandingkan sama material lain, jenis stainless steel lebih gampang hangus dan bobotnya berat.

Aluminium, mudah panas dan harga terjangkau. Dengan bobot ringan, nesting aluminium punya konduktivitas termal yang tinggi. Jenis satu ini cocok buat lo yang mau memasak dengan cepat.

Titanium, bobot ringan dan tahan lama. Material titanium punya bobot yang ringan dan cukup kuat sehingga tahan lama. Salah satu keunggulannya adalah nggak gampang berkarat.

Silikon, mudah dilipat dan disimpan. Material silikon dikenal bersifat lembut jadi bisa dilipat dan disimpan dengan gampang. Ukuran yang besar sekalipun bisa disimpan dalam ruang yang kecil. Tapi sayangnya, jenis ini punya konduksi yang lebih buruk dari jenis material lainnya.

Nah, itu tadi beberapa cara dalam memilih nesting yang pas dibawa buat kegiatan mendaki gunung. Lo sendiri lebih sering pakai nesting yang mana, Superfriends?

 

Source: https://my-best.id/23322#toc-0
Gear Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
Nice Infonya
Rdh
Nice info
Nasir Arsyad
Cakeep..ty infox
Hengky  kik
info yang sangat membantu dalam merencakan sebuah perjalanan di alam bebas
Senuadi Tandun
pendaki profesional nih alat2nya komplit
Arif wibowo
Mantepppp
bahar22
Nice info
Bahar
Nice info
Karlina
Nice info