Alasan Lo Wajib Coba Serunya Solo Traveling Sebelum Umur 30 Tahun

Berlibur sendirian atau yang kini populer dengan sebutan solo traveling memang menawarkan kemudahan dan kebebasan dalam banyak hal, Superfriends. Apalagi, kalau lo masih berada dalam usia muda. Kuy, simak alasan kenapa lo wajib coba serunya solo traveling sebelum umur 30 tahun berikut ini!

Alasan Lo Wajib Coba Serunya Solo Traveling Sebelum Umur 30 Tahun

Biasanya lo pergi liburan sama siapa, Superfriends? Yup, partner berlibur memang memberikan warna tersendiri dalam setiap perjalanan. Tapi, sudah pernah cobain sensasi berpetualang seorang diri atau solo traveling belum?

Kalau belum, lo wajib banget cobain cara berpetualang yang satu ini minimal sekali dalam seumur hidup, Superfriends. Berikut ini beberapa alasan kenapa lo wajib coba serunya solo traveling sebelum umur 30 tahun!

Masih Punya Banyak Waktu

Alasan Lo Wajib Coba Serunya Solo Traveling Sebelum Umur 30 Tahun

Image source: tripzilla.id   

Alasan pertama kenapa lo wajib cobain serunya solo traveling sebelum umur 30 tahun yaitu karena masih punya banyak waktu, Superfriends. Biasanya, kalau udah lewat usia segitu kebanyakan orang sudah memiliki tanggungan lain, salah satunya keluarga.

Soal karir juga tentu nggak bisa disepelekan biar bisa menapaki jenjang yang lebih stabil. Dengan kondisi tersebut, rasanya kesempatan buat solo traveling tanpa meninggalkan tanggung jawab bisa dibilang sangat sulit, Superfriends.

Pada akhirnya, solo traveling pun cuma jadi impian semata. Maka dari itu, lo wajib banget cobain serunya solo traveling sebelum umur 30 tahun, Superfriends!

Membantu Banget Buat Menemukan Jati Diri

Alasan Lo Wajib Coba Serunya Solo Traveling Sebelum Umur 30 Tahun

Image source: natgeotraveller.in  

Kalau lo berada di usia 25-an, pasti seringkali mempertanyakan siapa sih sebenarnya diri lo dan hal apa saja yang sudah lo lakukan selama ini kan, Superfriends? Apalagi kalau teman-teman tongkrongan sudah bisa berhasil mencapai ‘sesuatu’ di usia yang sama.

Biasanya, orang-orang menyebut hal ini dengan sebutan quarter-life crisis, Superfriends. Salah satu cara buat bisa memberikan pandangan baru buat menghadapi hal kayak gini yaitu dengan solo traveling.

Sebab, saat traveling seorang diri otomatis lo bakal banyak menemukan hal-hal baru. Mulai dari aktivitas sehari-hari warga lokal sampai pola pikir warga lokal dalam memecahkan sebuah masalah.

Seiring bertambahnya “jam terbang” lo pasti bakal bisa menemukan jati diri lo yang sebenarnya. Sampai akhirnya, bisa memahami bahwa perbedaan adalah hal yang nggak harus dibanding-bandingkan karena semuanya punya waktunya masing-masing, Superfriends.

Melatih Kemandirian dan Tanggung Jawab

Alasan Lo Wajib Coba Serunya Solo Traveling Sebelum Umur 30 Tahun

Image source: solitarytraveller.com           

Alasan kenapa lo wajib coba serunya solo traveling sebelum umur 30 tahun selanjutnya yaitu bisa melatih kemandirian dan tanggung jawab. Yup, hal ini bisa banget terasa ketika lo pulang ke rumah selepas perjalanan solo traveling, Superfriends.

Biasanya, hal ini terjadi karena saat solo traveling lo udah terbiasa merencanakan semua hal detail yang menyangkut perjalanan liburan seorang diri. Baik itu masalah atau hal sepele kayak memilih tempat makan sampai hal penting kayak memilih akomodasi menjadi tanggung jawab diri lo sendiri, Superfriends.

Nggak cuma itu, lo pun nantinya dituntut buat melawan rasa takut dan ketergantung terhadap orang lain. Di momen seperti inilah, kemandirian lo bakal terlatih. Kemandirian dan tanggung jawab ini tentu bisa lo aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari nantinya, Superfriends!

Belajar Keluar dari Zona Nyaman

Alasan kenapa lo wajib coba serunya solo traveling sebelum umur 30 tahun yang terakhir yaitu bisa bikin lo belajar buat keluar dari zona nyaman, Superfriends. Misalnya, lo orang yang introvert, saat liburan dengan teman dekat, lo akan terbantu dengan teman lo itu saat menanyakan sesuatu kalau lagi kebingungan.

Biasanya seorang introvert punya ketakutan yang berlebih saat akan bertanya kepada seseorang, mungkin karena takut respon dari orang yang ditanyai nggak sesuai dengan apa yang diharapkan.

Saat solo traveling, lo bakal dipaksa buat belajar keluar dari zona tersebut dan diharuskan untuk berinteraksi secara langsung dengan warga lokal. Dengan begini, nantinya lo bisa tahu bahwa diri lo bisa melakukan hal lebih dari yang lo kira sebelumnya, Superfriends!

 

Referensi: https://www.bobobox.co.id/blog/alasan-solo-traveling-sebelum-30-tahun/
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
Nasir Arsyad
Cakeep..ty infox
Hengky  kik
sudah lwat dari 30 bagaimana he he
Bahar
Nice info
bahar22
Nice info
Senuadi Tandun
berasa tua..
Amirul Bahri
Tips kereeeeen
Agus Sungkawa
belajar keluar dari zona tersebut dan diharuskan untuk berinteraksi secara langsung dengan warga lokal.
Arif wibowo
Ingah ingih kalo treveling sendiri
Bahar
Nice info
Heni Oen
penting banget krn fisiknya masih kuat