Cahaya Diduga Meteor Jatuh Terlihat di Puncak Gunung Merapi!

Pasti lo sudah dengar kabar cahaya diduga meteor jatuh di puncak Gunung Merapi yang viral di dunia maya belakangan ini kan, Superfriends? Awalnya, kabar ini berasal dari foto unggahan @(gunarto_song) pada Jumat (28/5/2021). Kira-kira seperti apa penjelasan pihak terkait tentang fenomena yang unik ini? Berikut ulasan selengkapnya!

Cahaya Diduga Meteor Jatuh Terlihat di Puncak Gunung Merapi!

Pada foto yang diunggah oleh fotografer tersebut terlihat cahaya berwarna biru kehijauan atau cyan melesat se-garis lurus di atas puncak Gunung Merapi, Superfriends. Dalam kolom caption ia menuliskan “Meteor Jatuh di Puncak Gunung Merapi ??, Kali Adem, Cangkringan, Yogyakarta (27 Mei 2021, Jam 23.07 WIB)”

Dilansir laman Kompas, Gunarto Song mengungkapkan kalau foto itu diambilnya ketika ia berada di Kaliadem, Cangkringan, Yogyakarta pada Kamis (27/5/2021). Tapi, ia juga nggak benar-benar yakin apakah objek yang bercahaya itu adalah meteor atau bukan, Superfriends.

Saat melakukan pembidikan obyek, Gunarto mengatakan ada ambience di awan, yang dimungkinkan cahaya misterius itu nggak jatuh di puncak Gunung Merapi. Tetapi, perspektifnya seolah-olah benda bercahaya itu jatuh di puncak Gunung Merapi, Superfriends.

Respons Lapan Terkait Fenomena Cahaya di Puncak Merapi

Cahaya Diduga Meteor Jatuh Terlihat di Puncak Gunung Merapi!

Image source: jateng.inews.id    

Menanggapi fenomena yang lagi ramai belakangan ini, Peneliti Pusat Antariksa (Pusainsa) Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Emmanuel Sungging mengatakan bahwa benda bercahaya yang jatuh dan viral di media sosial dimungkinkan adalah meteor.

Masih dari sumber yang sama, ia berpendapat jika dilihat dari fotonya, objek tersebut hampir bisa dipastikan benar meteor. Emmanuel mengatakan, terkait warna cahaya yang dipancarkan benda yang diduga meteor itu terlihat berwarna biru kehijauan atau cyan karena membawa kandungan magnesium, Superfriends.

Kandungan Meteor Berdasarkan Warna

Cahaya Diduga Meteor Jatuh Terlihat di Puncak Gunung Merapi!

Image source: grid.id  

Nggak cuma warna cyan, ternyata ada berbagai macam warna yang dihasilkan dari suatu benda antariksa yang jatuh ke Bumi, lho. Menurut Emmanuel, warnanya bisa bermacam-macam, tergantung unsur penyusun material yang terbakar di atmosfer, Superfriends.

Berikut kandungan dari setiap warna yang dihasilkan oleh meteor:

  •  Merah, artinya meteor mengandung unsur nitrogen/oksigen
  •  Kuning, artinya meteor mengandung unsur iron
  • Ungu, artinya meteor mengandung unsur kalsium
  • Oranye, artinya meteor mengandung unsur sodium
  • Cyan, artinya meteor mengandung unsur magnesium

Perbedaan warna dan makna ini, imbuhnya menunjukkan bahwa ketika meteor terbakar saat menembus atmosfer dan menghasilkan warna mirip seperti percobaan kimia di laboratorium. Ia menambahkan, berbagai jenis bahan dibakar bisa menghasilkan warna api yang berbeda.

Menurutnya, begitu juga dengan meteoroid yang masuk ke atmosfer Bumi dan terbakar akibat pergeseran dengan atmosfer, bisa menghasilkan pendar warna yang berbeda-beda, Superfriends.

Pesan untuk Masyarakat

Emmanuel berpesan kepada masyarakat, Terkait viralnya penemuan benda bercahaya yang diduga sebagai meteor ini, jika menemukan benda tersebut wajib melaporkannya kepada pihak berwajib. Hal ini tentu saja bertujuan untuk menghindari kejadian yang nggak diinginkan, Superfriends.

Sementara itu, pihak Lapan juga bakal segera berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk melakukan tindakan. Ia mengatakan, saat ada laporan masyarakat ke pihak berwajib kemudian pihaknya berkoordinasi dengan pihak BNPB (misalnya terkait apabila terjadi bencana) atau bisa ke BAPETEN (jika memang benda jatuh itu berpotensi mengandung radiasi).

Maka dari itu, ia meminta masyarakat buat nggak dekat-dekat kalau menemukan benda antariksa yang jatuh. Karena, benda tersebut bisa saja mengandung zat yang bisa membahayakan, Superfriends!

 

Referensi: https://www.kompas.com/tren/read/2021/05/28/151000365/ramai-foto-diduga-meteor-jatuh-di-puncak-gunung-merapi-ini-penjelasan-lapan?page=all
Trending Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
Karlina
Nice info
DEVI TRI HANDOKO
fenomena alam
Heni Oen
wah pecahan meteor kira2 byk yg kesana ngak ya
Senuadi Tandun
bakalndiburu ngak nih batu meteor
Sumardiyono
amaziiing
Agus Sungkawa
Informasi yg bermanfaat
Novrizal Usman
Mahal nih kalo ketemu
Cecep Jajang
Wah kalau Nemu batu meteor kaya mendadak nih
bahar22
Nice info