Cara Memilih Serta Hukum Membawa Pisau Outdoor, Sudah Tahu?

Dalam kegiatan alam bebas, pisau outdoor menjadi salah satu benda yang paling dibutuhkan. Tapi sebelumnya, lo mesti tau nih cara memilih dan hukum membawa pisau outdoor, Superfriends. Langsung aja simak ulasannya!

Cara Memilih Serta Hukum Membawa Pisau Outdoor, Sudah Tahu?

Buat melakukan kegiatan di alam bebas, tentunya banyak perlengkapan yang mesti dibawa. Salah satunya yang nggak boleh ketinggalan adalah pisau outdoor. Pisau outdoor bakal dibutuhkan untuk mengolah bahan makanan dan juga membelah kayu. Pisau ini juga punya beberapa nama lain, seperti pisau camping atau pisau tentara.

Pisau outdoor sendiri punya tipe yang bermacam-macam dan material mata pisau yang berbeda pula. Selain itu, ternyata ada juga loh hukum membawa dan memakai pisau outdoor. Lo udah tau belum, Superfriends? Langsung nih disimak cara memilih dan juga hukum membawa pisau outdoor.

Cara Memilih Pisau Outdoor

Cara Memilih Serta Hukum Membawa Pisau Outdoor, Sudah Tahu?

Image source: hultafors.com  

Berikut ini ada beberapa cara memilih jenis pisau outdoor yang sesuai dengan kebutuhan lo melakukan kegiatan di alam bebas.

Pilih berdasarkan ketajaman dan kemudahan saat dibawa. Secara umum, pisau outdoor dibagi jadi 3 jenis. Yaitu pisau bilah, pisau lipat, dan tool knife.

Pisau bilah sendiri memiliki mata pisau panjang, dan cocok digunakan untuk segala kondisi outdoor yang sesungguhnya. Pisau lipat, sangat cocok buat digunakan di area perkemahan karena bentuknya yang praktis. Sedangkan tool knife, merupakan kombinasi berbagai peralatan yang berguna selain pisau.

Pilih material yang sesuai dengan penggunaannya. Pisau outdoor punya jenis bahan yang berbeda tergantung penggunaannya di alam bebas. Seperti, baja karbon, baja H1, stainless steel, dan baja molybdenum.

Baja karbon dikenal mudah diasah dan sangat tajam, sangat cocok buat menebas dahan pohon. Baja H1 sendiri cocok digunakan buat kegiatan di laut, seperti memancing dan menyelam. Stainless steel yang tahan karat, mudah diasah, dan biasa dipakai membuat pisau dapur. Sedangkan baja molybdenum dikenal kuat, tajam, tahan lama, dan relatif lebih ringan.

Perhatikan bentuk pisau karena berpengaruh sama ketajaman dan daya tahan. Ketajaman dan daya tahan pisau bakal berubah tergantung sama jenis pisau dan bahan pembuatnya, tapi nyatanya bentuk pisau juga bisa memengaruhi ketajamannya. Lo bisa pilih pisau bentuk V-shaped yang punya tingkat ketajaman menengah atau pisau berongga yang punya ketajaman  lebih baik.

Perhatikan Hukum Membawa dan Memakai Pisau Outdoor

Cara Memilih Serta Hukum Membawa Pisau Outdoor, Sudah Tahu?

Image source: homebasegood.xyz 

Di Indonesia sendiri memakai dan menyimpan senjata tajam harus mengikuti peraturan perundang-undangan. Menurut Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951, pasal 2 ayat 1 dan 2 mengatur kepemilikan senjata tajam.

Dalam pasal 2 ayat 1 disebutkan bahwa kepemilikan tanpa hak berupa senjata tajam bakal dihukum paling lama 10 tahun. Lalu, ayat 2 mengatur bahwa kepemilikan senjata tajam hanya diperbolehkan buat beberapa hal, yaitu untuk pertanian, pekerjaan rumah tangga, dan koleksi sebagai benda pusaka atau benda kuno.

Namun, di Indonesia sendiri nggak ada peraturan perundang-undangan yang mengatur secara spesifik mengenai izin kepemilikan senjata tajam. Hal ini berbeda sama kepemilikan senjata api yang emang diatur. Perlu diingat, senjata tajam yang bersifat menikam seperti pisau nggak diperbolehkan buat keperluan berjaga-jaga atau perlindungan diri.

Nah, kalau lo mau bawa pisau outdoor saat berkegiatan di alam bebas, sebaiknya bungkus atau tutuplah dengan aman. Jangan bikin tampilannya tampak mencolok saat lo membawa pisau dan berikan kesan pisau tersebut nggak akan digunakan saat itu juga, serta udah dibungkus dengan aman.

Nah, itu tadi beberapa cara memilih serta hukum membawa pisau outdoor buat melakukan kegiatan di alam bebas. Lo sendiri biasanya bawa pisau outdoor yang jenis apa, Superfriends?

 

Source: https://my-best.id/11240
Gear Beginner Extreme solo traveling

13 COMMENTS

SHARE
DEVI TRI HANDOKO
Dalam kegiatan alam bebas, pisau outdoor menjadi salah satu benda yang paling dibutuhkan. Tapi sebelumnya, lo mesti tau nih cara memilih dan hukum membawa pisau outdoo
Heni Oen
jadi inget pisau rambo sempat booming
bahar22
Nice info
Bahar
Nice info
Karlina
Nice info
Sumardiyono
Tanks infonya
Hengky  kik
jadi inget kejadian relawan yang baru turun saat bertugas pas bencana erupsi gunung merapi yang ketanggap saat ada razia di jalan di yogyakarta
Agus Sungkawa
Menjadi tahu.. Nice informasi
Novrizal Usman
Nambah pengetahuan
Rdh
Nice info