Perbedaan Skydiving dan Parachuting, Mana yang Paling Seru?

Skydiving dan parachuting emang sama-sama kegiatan ekstrem dengan cara melompat dari ketinggian, tapi keduanya punya perbedaan, Superfriends. Kira-kira, yang mana nih yang paling seru? Langsung aja simak ulasannya!

Perbedaan Skydiving dan Parachuting, Mana yang Paling Seru?

Entah itu skydiving atau parachuting, keduanya merupakan olahraga ekstrem yang mengharuskan lo melompat dari pesawat. Tapi, keduanya sangat berbeda, tergantung gimana lo melihatnya. Perbedaan utama antara skydiving dan parachuting adalah bahwa dalam skydiving, lo akan terjun bebas sebelum menggunakan parasut, sedangkan kalau parachuting, lo langsung menggunakan parasut.

Tapi, perbedaan dari kedua olahraga ekstrem ini ternyata jauh lebih dalam dari itu, Superfriends. Penasaran gimana? Langsung aja disimak nih ulasan selengkapnya!

Sejarah Singkat Parachuting

Perbedaan Skydiving dan Parachuting, Mana yang Paling Seru?

Image source: intti.fi          

Pada awal abad ke-20, parasut biasanya hanya digunakan buat kepentingan militer aja. Biasanya tentara menggunakan parasut buat masuk ke tempat-tempat yang sulit dijangkau, sambil membawa beberapa peralatan berat.

Dulu, parachuting punya tujuan yang jelas, tapi kegiatan ini bukan buat ajang bersenang-senang. Melainkan digunakan buat menyelesaikan suatu pekerjaan.

Nggak seperti sekarang, dulu para penerjun payung harus menggunakan parasut ‘bulat’. Ini sangat sulit buat dikendalikan dan para penerjun payung pada dasarnya bakal jadi penumpang, dan mendarat di mana pun parasut itu berakhir.

Parachuting Modern

Perbedaan Skydiving dan Parachuting, Mana yang Paling Seru?

Image source: spekon.de     

Seiring berjalannya waktu, orang-orang mulai melihat betapa menyenangkannya olahraga ini. Desain parasut yang udah semakin modern dengan bentuk persegi, hal ini membuat parasut jauh lebih gampang dikontrol daripada parasut bulat.

Sekarang ini, penerjun payung juga bisa mempercepat parasutnya ke kecepatan tinggi dalam manuver yang disebut ‘swooping’ atau menukik, atau bisa juga melakukan pendaratan yang sangat akurat ke target.

Para penerjun payung pun bisa berhubungan dengan penerjun payung lainnya untuk membuat formasi parasut di langit, Superfriends. Aksi ini dikenal sebagai ‘CRW’ atau Canopy Relative Work dan merupakan olahraga kompetitif.

Aksi Terjun Bebas

Perbedaan Skydiving dan Parachuting, Mana yang Paling Seru?

Image source: skydiveparacletexp.com 

Seperti namanya, terjun bebas atau freefall merupakan aksi jatuh bebas di udara, tanpa kendala atau penghalang apapun. Tentunya ini jadi salah satu aksi ekstrem yang menegangkan.

Bisa dibilang, nggak ada kata yang bisa menggambarkan momen ketika lo melompat dari pesawat buat pertama kalinya dan lo jatuh di udara dengan kecepatan 120 mph. Hal ini jadi salah satu momen menakjubkan, menyenangkan, sekaligus menegangkan pastinya.

Itulah yang membuat skydiving berbeda dengan parachuting. Skydiving dimulai dengan lompatan keluar dari pesawat dan menuju kebebasan di langit. Biasanya para skydiver bakal jatuh antara 30 dan 90 detik, menerbangkan tubuh mereka buat melakukan trik atau membuat formasi saat turun.

Olahraga Kompetitif Skydiving vs Parachuting

Baik skydiving maupun parachuting, keduanya bisa dilakukan sebagai hobi dan juga sebagai olahraga kompetitif, Superfriends. Dalam skydiving, ada berbagai disiplin ilmu buat bersaing, mulai dari senam udara yang dikenal sebagai gaya bebas, membentuk suatu formasi seperti perenang tersinkronisasi, hingga gerakan akrobatik. Skydiver di seluruh dunia bakal bersaing satu sama lain buat menjadi yang terbaik.

Dalam parachuting, disiplin ilmu termasuk CRW (membangun formasi menggunakan parasut), swooping (mempercepat untuk mendapatkan jarak di tanah), dan accuracy (mendarat di target yang ditentukan secara akurat). Para penerjun payung juga bersaing dalam kompetisi global, berjuang buat menjadi yang terbaik.

Itulah tadi penjelasan tentang gimana perbedaan antara skydiving dan parachuting yang sama-sama merupakan olahraga ekstrem. Menurut lo, antara skydiving dan parachuting, mana yang lebih seru?

 

Source: https://www.skydiveoc.com/about/articles/what-is-skydiving-vs-parachuting/
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
22 nya amzing
Nasir Arsyad
Infox super sekali..
Agus Sungkawa
Sky diving lebih seru kayanya
Agung Sutrisno
Aksi Terjun Bebas momen menakjubkan, menyenangkan, sekaligus menegangkan
Rdh
Mantaaap
Arif wibowo
Ciamik sih ini
bahar22
Nice info
Bahar
Nice info
Karlina
Nice info
Karlina
Nice info