Niagara Mini Ada di Cianjur Nih, Curug Cikondang Namanya!

Wilayah Cianjur Jawa Barat ini terkenal sama pemandangan indah dari kebun tehnya. Tapi faktanya, nggak cuma itu aja lanskap alam yang bisa lo nikmati. Coba kasak-kusuk lagi. Karena ada spot wisata yang menakjubkan yaitu Curug Cikondang.

Niagara Mini Ada di Cianjur Nih, Curug Cikondang Namanya!

Lokasi Curug ini kira-kira berjarak 37 km dari Cianjur Kota. Kalau lo mau ke sana, persisnya ada di Desa Sukadana, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. 

Lo mesti hati-hati karena jalanan menuju curug berkelok-kelok. Tapi yakin deh, semuanya terbayar tuntas karena keindahan curug yang luar biasa. Pemandangan hijau dan asri banget dari terasering sawah.

Tumpahan Air Sungai

Niagara Mini Ada di Cianjur Nih, Curug Cikondang Namanya!

Image source: manjur.co     

Curug Cikondang ini merupakan tumpahan air sungai yang jatuh melalui tebing besar. Di sana lo bisa jajal olahraga ekstrem yang namanya canyoning atau menuruni air terjun memakai tali.

Tapi ingat, canyoning atau waterfall rappeling ini nggak boleh dilakukan sembarangan ya. Lo harus melakukan persiapan matang dulu sebelum mencoba. Apalagi kalau masih amatir, mending urungkan dulu deh niat buat nyoba canyoning. Karena Tekanan air terjunnya kuat dan mengharuskan punya fisik prima.

Disebut Niagara Mini

Niagara Mini Ada di Cianjur Nih, Curug Cikondang Namanya!

Image source: udaindra.blogspot.com    

Ada yang bilang kalau Curug Cikondang ini mirip dengan Air Terjun Niagara di Venezuela, cuma versi mini. Curug ini jaraknya cuma 9,9 kilometer dari Situs Purbakala Gunung Padang. 

Kalau dari pusat kota Cianjur, jarak ke Curug Cikondang ini sejauh 37,1 kilometer dengan jarak tempuhnya sekitar 2 jam. Sesampainya di lokasi lo akan melihat aliran Curug Cikondang mengalir setinggi 70 meter dengan lebar 10 meter. 

Di balik keindahannya, Curug ini menyimpan sejumlah mitos. Salah satunya, airnya dari curug ini dianggap pembawa ketenaran atau membuat populer. Benar nggak ya?

Mitos itu sesuai dengan kata 'kondang' dalam nama Curug Cikondang yang berarti terkenal. Kalau tambahan 'Ci' itu maknanya sebagai air dalam bahasa Sunda.  Warga lokal di sana meyakini siapapun yang mandi dan bersemedi di Curug Cikondang bakal diberi ketenaran.

Serunya Jajal Canyoning

Canyoning di Curug Cikondang ini lo bakal diajak menuruni air terjun dengan ketinggian 30 meter. Kalau lo punya nyali, semua peralatan sudah disiapkan. Semua alat pengaman termasuk helm, APD, kneepad atau elbowpad, sampai sepatunya sudah siap pakai. 

Lo cuma perlu bawa baju ganti dan alat mandi aja ke lokasi. Karena ini masuk kategori olahraga ekstrem lo harus terjamin lagi dalam kondisi yang fit, dan nggak punya fobia ketinggian. Oh iya, karena masih momen pandemi, selama aktivitas lo diwajibkan mengenakan masker, jaga jarak, dan rutin membersihkan tangan dengan hand sanitizer.

 

Source: https://travel.detik.com/domestic-destination/d-5585527/curug-cikondang-niagara-mini-dari-cianjur
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

14 COMMENTS

SHARE
Fajar Satritama
Nice info
SRI YAYA ASTUTI
miniatur niagara
DEVI TRI HANDOKO
memang lebih keci karena kurang tinggi dan kurang deares airnya dibandingkan niagara aslinya
Sumardiyono
Amaziing
Nasir Arsyad
Infox super sekali..
arief
wow tidak kalah dg niagara yg ada di sana, mantapp
wildan
mantap, tq infonya
Bahar
Nice info
Agus Sungkawa
Niagara mini yg indah
Arif wibowo
Boleh jugaa