Mengenal Fatbike dengan Segala Kelebihan dan Keunikannya

Buat para pencinta olahraga sepeda, lo udah kenal sama fatbike belum, Superfriends? Sepeda ban besar ini punya beberapa kelebihan serta keunikannya yang menarik, lho. Penasaran apa aja? Cek ulasan selengkapnya!

Mengenal Fatbike dengan Segala Kelebihan dan Keunikannya

Kalau dengar dari namanya, apa yang ada di bayangan lo tentang fatbike, Superfriends? Pasti yang terbayang adalah sepeda ‘gemuk’. Tapi bagian mana sih yang ‘gemuk’ dari sepeda ini? Nah, bagian yang besar dari sepeda ini adalah ban yang bertelapak lebar, serta bentuk frame yang kokoh juga menjadi ciri visual dari fatbike.

Fatbike sendiri adalah salah satu inovasi dari MTB. Sepeda ini awalnya tumbuh dan berkembang di Alaska, Amerika Utara, yang terkenal dengan suhu ekstrem dan salju tebalnya. Itulah kenapa fatbike juga dikenal dengan sepeda salju, karena emang sepeda ini didesain dan dirancang khusus buat melewati medan salju maupun es.

Lantas, apa aja sih kelebihan serta keunikan yang dimiliki sepeda ‘gemuk’ satu ini? Langsung aja simak ulasannya berikut ini.

Keunikan Fatbike

Mengenal Fatbike dengan Segala Kelebihan dan Keunikannya

Image source: bicycling.com  

Dalam sebuah fatbike, suspensi nggak begitu penting pada sepeda ini, karena di daerah salju, ban dengan ukuran besar dan rim yang lebar merupakan pilihan terbaik.

Ukuran ban sepeda ini sendiri yang besar mencapai 3,8 sampai dengan 5 inch, tujuannya buat meningkatkan traksi sehingga nggak licin, serta menghindarkan ban yang amblas saat melewati jalan bersalju.

Selain itu, beberapa fatbike memakai fork dengan lebar 135 mm yang bakal memudahkan lo melepas maupun menukar freewheel pada saat darurat. Volume tekanan udara pada ban juga bisa diatur ke titik terendah hingga 7 psi buat meningkatkan daya cengkram ban sepeda terhadap permukaan trek.

Kepopuleran Fatbike

Mengenal Fatbike dengan Segala Kelebihan dan Keunikannya

Image source: surlybikes.com  

Fatbike sendiri pertama kalinya muncul pada tahun 2006 di arena balapan trek salju sepanjang 135 mil, di negara bagian Minnesota, Amerika Serikat.

Setelah itu, sepeda ini pun semakin populer. Di tahun 2012 aja, permintaan sepeda jenis ini langsung meningkat sangat tajam di Amerika, bahkan banyak toko sepeda yang sampai kekurangan dan kehabisan stok.

Brand Manager QBC, yang merupakan salah satu pabrikan sepeda yang memproduksi fatbike dengan merek Surly dan Salsa mengatakan permintaan fatbike hingga 2012 udah melebihi kapasitas produksi. Selain Surly dan Salsa, beberapa perusahaan sepeda yang menjual frame maupun fullbike untuk fatbike antara lain Chain Reaction Cycle, Hanebrink, Fatback, dan DeSalvo Custom.

Kelebihan Fatbike

Mengenal Fatbike dengan Segala Kelebihan dan Keunikannya

Image source: salsacycles.com 

Dengan ban yang besar, tentunya fatbike bakal memberikan sensasi yang berbeda dari sepeda pada umumnya. Sepeda ini juga punya beberapa kelebihan lho, Superfriends.

Sensasi kenyamanan yang berbeda. Menggunakan fatbike bakal menjadikan tekanan dan getaran yang didapatkan saat melaju, seperti terinjak lubang atau kerikil menjadi lebih minimal. Selain itu, ban yang besar juga bakal kasih kenyamanan ekstra, terutama kalau menjajal medan yang sulit.

Aman buat segala medan. Fatbike juga bakal kasih kenyamanan dan keamanan saat melewati segala medan. Apapun medan yang dilalui, mau itu terjal, licin, keras, dan lainnya bakal lebih gampang dilalui dengan ban yang lebih besar tersebut. Namun, sepeda ini nggak cocok buat dipacu dalam kecepatan tinggi ya, Superfriends.

Desain yang maskulin. Dengan tampilan ban sepeda yang besar dan terkesan garang, maka sepeda ini lebih cocok digunakan sama lelaki. Walaupun sepeda ini bisa digunakan buat siapa aja.

Di Indonesia sendiri ada komunitas bernama Fat Bike Indonesia (FBI), yang merupakan perkumpulan para pencinta sepeda roda besar dari berbagai wilayah di Indonesia. Sepeda-sepeda yang digunakan sama komunitas ini pun punya desain yang garang.

Itu tadi penjelasan tentang fatbike atau sepeda ban besar yang kerap digunakan buat daerah bersalju atau di lokasi dengan medan sulit. Lo tertarik buat memilikinya nggak, Superfriends?

 

Source: https://www.treksepeda.com/bike-news/mengenal-lebih-dekat-tentang-fat-bike-apa-yang-membuat-sepeda-ini-begitu-unik
https://bp-guide.id/AXHgErEh
Gear Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
SRI YAYA ASTUTI
SEPEDA KEREN
Nasir Arsyad
Infox super sekali..
Rdh
Nice info
agung
tq info ya
Karlina
Nice info
Ricko Pratama Putra
Thanks infonya
Agus Sungkawa
Unik banyak kelebihan nya
Arif wibowo
Boleh dicobaa
Karlina
Nice info