Lumut Ternyata Berfungsi Buat Survival di Alam Bebas

Tumbuhan lumut pastinya udah sering banget ditemukan saat bertualang ke hutan. Ternyata, tumbuhan satu ini juga berfungsi buat survival kalau lagi di alam bebas, Superfriends! Penasaran apa aja fungsinya? Simak nih ulasan berikut ini!

Lumut Ternyata Berfungsi Buat Survival di Alam Bebas

Siapa sangka, tumbuhan hijau yang sering menempel pada batuan atau batang pohon ini ternyata nggak hanya sekadar tumbuhan biasa, lho. Tumbuhan lumut yang sering lo temukan di hutan saat bertualang ini juga bermanfaat dalam banyak hal, Superfriends. Lumut bisa dimanfaatkan dalam situasi darurat, khususnya survival di alam bebas.

Lantas, apa aja sih fungsi dari tumbuhan lumut pada situasi survival di alam bebas? Catat baik-baik, siapa tau lo butuh ini suatu saat nanti, Superfriends! Berikut ini ulasan selengkapnya.

Penunjuk Arah

Lumut Ternyata Berfungsi Buat Survival di Alam Bebas

Image source: npr.org                

Nggak hanya kompas, ternyata lo juga bisa mengetahui arah melalui tumbuhan lumut, Superfriends. Tumbuhan lumut sendiri suka berada di tempat lembap, tumbuhan ini menyerap air dari media yang berair, oleh karena itu lumut menghindari matahari secara langsung.

Kalau biasanya tumbuhan selalu menghadap ke arah matahari buat tetap hidup dan melakukan fotosintesis yaitu ke arah timur, maka lumut bakal mencari area yang nggak terkena matahari yaitu arah barat, di mana matahari selalu lebih rendah ketika sore daripada pagi hari.

Maka dari itu, bisa disimpulkan kalau tempat tumbuhnya lumut akan mengarah ke barat. Tapi, nggak semua lumut selalu menghindari matahari dan tempat yang dingin. Lo bisa periksa sisi pohon mana yang terasa lebih panas dibanding sisi lainnya, bagian hangat sendiri bakal menunjukkan arah barat.

Sumber Air Minum

Lumut Ternyata Berfungsi Buat Survival di Alam Bebas

Image source: postcrescent.com    

Fungsi satu ini mungkin udah dipahami sama petualang alam bebas. Yup, tumbuhan lumut bisa jadi sumber air minum, Superfriends. Lumut di hutan sering membentuk hamparan seperti karpet. Kulit batang yang bersifat spons bisa menyerap banyak air secara efektif dan bisa digunakan buat sumber air.

Lo bisa mengumpulkan lumut yang masih basah dan peras, lalu kumpulkan airnya buat diminum. Buat pemerasan, lo bisa melakukannya dengan memeras di atas bahan kain bersih sebagai saringan.

Pengganti Kapas

Lumut Ternyata Berfungsi Buat Survival di Alam Bebas

Image source: webmd.com 

Punya sifat daya serap tinggi, lumut juga bisa difungsikan sebagai kapas ketika lo terluka, Superfriends. Banyak jenis lumut termasuk lumut gambut yang bisa digunakan sebagai perban untuk membalut luka. Selain itu, lumut juga punya zat antiseptik dan bertindak sebagai yodium alami buat mensterilkan luka. Caranya bisa dengan membalutkan luka dengan lumut yang udah dibalut dengan kain.

Bahan Bakar

Lumut yang kering atau yang udah mati ternyata juga bisa difungsikan menjadi bahan bakar, lho. Hal ini karena lumut yang kering bakal gampang terbakar dan cukup bagus untuk membuat api. Dengan begini lo bisa membuat api tanpa korek api.

Pelindung dari Air

Selain bisa jadi sumber air, lumut juga punya sifat anti air (waterproof). Lapisan anti air dari tumbuhan ini bisa digunakan buat melapisi tenda darurat buat menjaganya tetap kering, Superfriends.

Ambilah lumut dengan potongan yang cukup besar, supaya gampang menutup tenda darurat dengan cepat. Akar tumbuhan lumut sendiri punya kelebihan bisa merekat pada berbagai permukaan yang keras. Dalam waktu 24 jam, sistem akar bisa tumbuh dan melapisi tenda darurat dari air.

Nah, itu tadi beberapa fungsi tumbuhan lumut yang digunakan dalam situasi survival di alam bebas. Catat baik-baik ya, Superfriends!

 

Source: https://survivalalam.blogspot.com/2015/11/fungsi-lumut-untuk-survival-di-alam.html
In Depth Beginner Extreme solo traveling

12 COMMENTS

SHARE
Arif wibowo
Wah mantep ini
agung
tq info ya
Rdh
Nice info
bahar22
Nice info
Sumardiyono
nice infonya
agung
tq info ya
Ricko Pratama Putra
Info yg bermanfaat
Agus Sungkawa
Sangat berguna autk survival
Bahar
Nice info
Fajar Satritama
Thx info bro