2 Spot yang Pas Buat Menikmati Embun Upas di Dieng, Banjarnegara

Dataran tinggi Dieng memang menjadi salah satu daerah yang biasa diselimuti dengan embun upas, Superfriends. Fenomena embun yang mirip salju di pagi hari ini memang seringkali terjadi pada musim kemarau di sejumlah daerah Indonesia. Bahkan, ada 2 spot yang asyik buat menikmati embun upas di Dieng, Banjarnegara, lho. Berikut info lengkapnya!

2 Spot yang Pas Buat Menikmati Embun Upas di Dieng, Banjarnegara

Pernah merasakan fenomena embun yang mirip salju di pagi hari, Superfriends? Yup, fenomena yang biasa dikenal dengan sebutan embun upas ini memang seringkali terjadi akibat aliran massa udara atau monsun dingin dan kering dari wilayah Australia pada musim kemarau.

Dilansir laman Tempo, embun upas adalah embun yang membeku, sehingga membentuk lapisan es di permukaan daun dan rerumputan. Jadi, lo bisa merasakan sensasi yang mirip kayak salju di daerah tropis, Superfriends!

Menurut Mulyono R Prabowo, secara klimatologis, monsun dingin Australia aktif pada Juni, Juli, dan Agustus, yang umumnya merupakan periode puncak musim kemarau di wilayah Indonesia selatan ekuator.

Dataran tinggi Dieng bisa dibilang menjadi salah satu daerah wisata yang seringkali disinggahi fenomena langka dan unik ini, Superfriends. Bahkan, embun upas di daerah ini sudah lebih dulu terjadi pada 10 Mei silam, lho.

Fenomena ini tentu saja menjadi pembuka dan yang pertama pada tahun 2021. Biar nggak ketinggalan dan sebagai referensi, lo bisa simak 2 spot yang asyik buat menikmati embun upas di Dieng, Banjarnegara berikut ini, Superfriends!

Kawah Sikidang

2 Spot yang Pas Buat Menikmati Embun Upas di Dieng, Banjarnegara

Image source: travel.tribunnews.com                   

Kawah Sikidang Dieng adalah salah satu objek wisata unggulan Dieng yang mudah dicapai dan dinikmati ketimbang kawah-kawah lainnya di sini, Superfriends. Sebelum pandemi COVID-19, setiap minggu banyak wisatawan berkunjung ke Kawah Sikidang buat menyaksikan aktivitas vulkanik yang dapat disaksikan secara langsung.

Selain punya pemandangan yang menakjubkan, tempat wisata ini juga menjadi spot yang asyik buat menikmati embun upas di Dieng, Banjarnegara lho, Superfriends. Jadi, lo bisa menikmati indahnya panorama alam sambil menikmati fenomena embun upas yang langka dalam satu tempat!

Tapi tetap selalu berhati-hati ya, karena tempat wisata ini masih mengeluarkan material seperti air dan asap yang mengandung unsur belerang tinggi.  Saat ada di sini, sebaiknya jangan berdiri terlalu dekat dengan kawah karena suhu di permukaan kawah utama mencapai 80-90 derajat celcius., Superfriends!

Kawah Sikidang buka setiap hari pukul 07.00-17.00 WIB. Harga tiket masuknya adalah Rp 20.000 per orang, termasuk akses ke Candi Arjuna juga, lho.

Candi Arjuna

2 Spot yang Pas Buat Menikmati Embun Upas di Dieng, Banjarnegara

Image source: travel.kompas.com     

Candi Arjuna adalah salah satu peninggalan kerajaan Mataram Kuno yang ada di Dieng. Jarak dari Kawah Sikidang ke Candi Arjuna adalah sekitar 1,5 kilometer atau enam menit. Salah satu tempat wisata di dataran tinggi Dieng ini juga menjadi spot yang asyik buat menikmati embun upas, lho.

Setiap tahunnya, Candi Arjuna selalu menjadi sasaran wisatawan untuk melihat fenomena tersebut, Superfriends. Bahkan, nggak jarang wisatawan sudah ada di sana sejak pagi buta demi mengabadikan momen langka yang satu ini.

Selain itu, ada juga yang sampai mendirikan tenda di sekitar kawasan Candi Arjuna biar nggak ketinggalan fenomena embun upas. Kalau beruntung, saat pagi buta lo bisa melihat rerumputan dan dedaunan yang diselimuti lapisan kristal es jernih. Tempat wisata ini buka setiap hari pukul 08.00-16.00 WIB, Superfriends!

Itulah 2 spot yang asyik buat menikmati embun upas. Kalau lo punya pengalaman menarik apa terkait fenomena langka yang satu ini, Superfriends? Sila ceritakan di kolom komen, ya!

 

Referensi: https://tekno.tempo.co/read/1218319/embun-upas-muncul-lagi-di-dieng-bmkg-akibat-monsun-australia/
https://travel.kompas.com/read/2021/05/11/160400927/2-tempat-wisata-di-dieng-banjarnegara-untuk-lihat-embun-upas?page=all
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

17 COMMENTS

SHARE
Rdh
Nice info
Hengky  kik
kangen event dieng culture festival sambil berdingin ria menikmati dinginnya dieng dengan embun es
Karlina
Nice info
Bahar
Nice info
Sumardiyono
Amaziiing
Cecep Jajang
Sangat indah... Pengen ke sana
agung
tq info ya
Arif wibowo
Yakali ga kuy
Fajar Satritama
Mantap euyyy
Ricko Pratama Putra
Mantabsss bro