4 Tips Praktis Buat Memulai Bisnis Clothing Line

Konsep bisnis fashion clothing line memang lumayan menjanjikan nih, Superfriends. Apalagi, dunia fashion di Indonesia dari waktu ke waktu semakin berkembang pesat. Kalau lo berminat, berarti lo wajib memahami 4 tips praktis buat memulai bisnis clothing line, Superfriends. Sila simak ulasan lengkapnya berikut ini!

4 Tips Praktis Buat Memulai Bisnis Clothing Line

Peluang berbisnis fashion bisa dibilang memang cukup menjanjikan, Superfriends. Salah satu alasannya yaitu karena pakaian sudah menjadi menjadi kebutuhan primer setiap orang. Bahkan, bagi anak muda mengikuti trend fashion bisa dibilang sebagai media ekspresi diri.

Seperti yang diketahui, bahwa sudah banyak banget bisnis fashion yang lahir setiap waktunya. Maka wajar saja, kalau persaingan di bisnis ini bukanlah hal mudah. Buat membangun suatu brand biar bisa dikenal khalayak memang harus butuh effort serta konsistensi yang tinggi, Superfriends.

Sebagai referensi, lo bisa simak 4 tips praktis buat memulai bisnis clothing line berikut ini!

1. Buatlah Rencana Awal Bisnis

4 Tips Praktis Buat Memulai Bisnis Clothing Line

Image source: merchandise-essentials.com  

Tips praktis buat memulai bisnis clothing line yang pertama yaitu buatlah rencana awal bisnis, Superfriends. Lo wajib banget menentukan rencana bisnis apa yang ingin lo jalankan. Kalau udah, lo bisa mulai buat lanjut menyusun rencana.

Saat menjalankan bisnis lo perlu membuat rencana bisnis yang matang dan juga terarah, Superfriends. Setelah itu, lo bisa segera lakukan eksekusi. Mungkin bagi yang baru memulai bisnis selalu memikirkan permasalahan modal.

Maka dari itu, sebagai langkah awal memulai bisnis, lo harus memikirkan alternatif lain misalnya kayak berbisnis tanpa modal dengan sistem dropship dan lain sebagainya. Mulailah bisnis yang sesuai dengan passion.

Karena dengan begini, lo jadi bisa lebih ikhlas dan lebih dedicated dalam menjalaninya, Superfriends!

2. Tentukan Target Pasar

4 Tips Praktis Buat Memulai Bisnis Clothing Line

Image source: highlight.id      

Penentuan target pasar tentu berperan sangat penting biar produk lo cepat laku di pasaran, Superfriends. Bisnis clothing line memang punya pasarnya sendiri. Lo harus bisa menentukan golongan mana saja yang bakal jadi sasaran.

Ketika menentukan target pasar, lo bisa menentukan mulai dari range umur, jenis kelamin, gender, ukuran baju, kualitas bahan serta harga. Lo juga bisa mulai melakukan survey lapangan buat mendapatkan data yang akurat, Superfriends!

3. Buat Desain yang Menarik

4 Tips Praktis Buat Memulai Bisnis Clothing Line

Image source: fastwork.id    

Produk yang nggak “pasaran” bisa dibilang menjadi salah satu alasan kenapa bisnis clothing line lumayan digandrungi saat ini, Superfriends. Pasalnya, pasti lo menemui banyaknya desain yang sama saat membeli baju di mall.

Beda halnya kalau lo membeli baju di clothing line. Maka dari itu, lo wajib membuat desain se-menarik dan se-unik mungkin sehingga bisa lebih menarik minat konsumen, Superfriends.

Lo bisa survey atau bertanya langsung pada pelanggan perihal desain yang mereka inginkan. Lo juga bisa berkolaborasi dengan desainer demi mendapatkan karya dan produk yang menarik, Superfriends.

Kalau nggak punya cukup biaya untuk bekerjasama dengan desainer, lo bisa cari mitra yang mampu di bidangnya dengan sistem freelance. Apalagi, sekarang banyak banget anak muda yang kreatif mendesain baju. Lo bisa banget memanfaatkan bakat dari desainer-desainer muda tersebut, Superfriends!

4. Pilihlah Vendor yang Berkualitas dan Terpercaya

Tips praktis buat memulai bisnis clothing line yang terakhir yaitu pilihlah vendor yang berkualitas dan terpercaya. Tujuannya, tentu biar lo bisa menghasilkan baju yang sesuai dengan harapan, Superfriends.

Buat melihat kredibilitas dari vendor tersebut, lo bisa melihat portofolionya. Jangan sampai lo tergiur karena harganya yang murah, ya. Kalau lo berhasil menemukan vendor yang berkualitas, pasti bakal berpengaruh juga pada hasil pakaian yang hendak lo jual nantinya, Superfriends.

Nah, itulah beberapa tips praktis buat memulai bisnis clothing line. Atau lo ada ide lain? Tulis di kolom komentar ya! Selamat mencoba, Superfriends!

 

Referensi: https://koinworks.com/blog/tips-memulai-bisnis-clothing-line/
Tips Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
Hengky  kik
info yang sangat menarik dan patut untuk dicoba
Sumardiyono
Nice infonya
agung
tq info ya
Rdh
Nice info
Karlina
Nice info
Agus Sungkawa
Tips yang bermanfaat
Heni Oen
ditambah hobi dan bakat. bakal sukses bisnisnya
Senuadi Tandun
tips praktis buat pamduan
Arif wibowo
Wah insipiratif