Hati-hati, Ini Cara Mengatasi Keracunan Makanan Saat Bertualang

Mengonsumsi makanan yang lo temukan di alam bebas, tentunya lo perlu hati-hati supaya nggak keracunan. Kalau udah terjadi, gimana ya cara mengatasi keracunan makanan? Langsung aja cari tau selengkapnya berikut ini!

Hati-hati, Ini Cara Mengatasi Keracunan Makanan Saat Bertualang

Saat menghadapi situasi survival, pastinya lo bakal mengonsumsi berbagai jenis makanan yang bisa ditemukan di alam bebas. Kalau jenis makanannya emang yang baik buat dikonsumsi, tentunya bakal aman. Tapi kalau salah mengonsumsi jenis makanan, keracunan makanan pun bisa menghampiri lo kapan aja.

Keracunan makanan merupakan kondisi yang timbul karena mengonsumsi makanan yang telah terkontaminasi oleh organisme menular, seperti bakteri, virus, dan parasit. Nah, kontaminasi ini bisa terjadi kalau makanan nggak diproses atau dimasak dengan baik.

Lantas, kalau udah terlanjur keracunan makanan, gimana cara mengatasinya? Berikut ini penjelasan selengkapnya tentang penyebab keracunan dan gimana cara mengatasinya yang perlu lo pahami.

Penyebab Keracunan Makanan

Hati-hati, Ini Cara Mengatasi Keracunan Makanan Saat Bertualang

Image source: sehatq.com        

Sebelumnya pahami dulu, sebenarnya apa sih penyebab keracunan makanan? Makanan yang diolah dengan nggak steril, nggak dimasak sampai matang, dan nggak menjaga kebersihan diri saat mengonsumsi makanan bisa mengundang patogen penyebab keracunan hinggap di makanan, Superfriends.

Keracunan makanan sendiri biasanya disebabkan kontaminasi berbagai bakteri. Ketika bakteri tersebut masuk ke dalam tubuh, mereka bakal memperbanyak diri di dalam saluran pencernaan sambil menghasilkan racun yang mengiritasi dinding saluran cerna, bahkan juga bisa merusak jaringan.

Selain itu, proses penyimpanan dan pengolahan makanan yang nggak baik juga bisa membuat makanan gampang terkontaminasi bakteri. Beberapa jenis makanan yang gampang terkontaminasi bakteri antara lain, susu, daging mentah, makanan siap saji, makanan kaleng, telur mentah, hingga makanan laut yang mentah.

Gejala Keracunan Makanan

Hati-hati, Ini Cara Mengatasi Keracunan Makanan Saat Bertualang

Image source: challengedhiking.com  

Saat mengalami keracunan makanan, biasanya gejalanya nggak langsung muncul gitu aja. Biasanya butuh beberapa jam atau beberapa hari sampai mulai merasakan gejala tersebut. Umumnya gejala keracunan makanan yang sering terjadi adalah mual dan muntah, diare, perut nyeri dan kram, dehidrasi, dan sakit kepala.

Mengatasi Keracunan Makanan

Keracunan makanan sesungguhnya nggak memerlukan pengobatan khusus, kondisi ini bisa sembuh sendiri dalam beberapa waktu. Biasanya kalau mengalami muntah-muntah dan diare saat keracunan, maka dianjurkan untuk mengonsumsi air minum yang banyak dibarengi dengan penggunaan oralit buat menggantikan glukosa, garam, dan mineral yang hilang akibat muntah dan diare.

Beberapa cara mengatasi keracunan makanan yang bisa langsung dilakukan kalau lo mengalaminya saat bertualang di alam bebas adalah:

  • Istirahat yang cukup
  • Perbanyak minum air putih buat mencegah dehidrasi
  • Makan makanan yang gampang dicerna seperti pisang, cereal, roti, madu, dan lain-lain
  • Minum obat antidiare
  • Jangan berikan obat antimuntah

Mencegah Keracunan Makanan

Nggak ada salahnya mencegah keracunan makanan terjadi saat lagi di alam bebas, alias mencegah lebih baik dari mengobati. Beberapa cara berikut ini bisa membantu lo mencegah hal ini terjadi, Superfriends.

  • Pastikan makanan yang mau dikonsumsi nggak kadaluarsa
  • Cuci tangan sebelum makan
  • Pastikan suhu penyimpanan makanan sesuai sama jenis makanan yang disimpan
  • Pisahkan bahan mentah dan matang saat menyimpan makanan
  • Selalu gunakan air bersih dan bahan pangan yang segar
  • Masak makanan sampai matang
  • Simpan makanan di wadah kedap udara dan terhindar dari paparan matahari secara langsung

Itulah beberapa cara mengatasi keracunan makanan saat menghadapi situasi survival di alam bebas. Semoga informasinya bermanfaat ya, Superfriends!

 

Source: https://www.indosurvival.com/2019/07/cara-mengatasi-keracunan-makanan.html
Tips Beginner Extreme solo traveling

12 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
Tanks infonya
DEVI TRI HANDOKO
SELALU HATI-HATI DAN TELITI TERHADAP MAKANAN INSTAN
agung
tq info ya
Arif wibowo
Mantap imfonya
Rdh
Nice info
Bahar
Nice info
Karlina
Nice info
Agus Sungkawa
Nice informasi
Heni Oen
info bagus buat pendaki pemula
Senuadi Tandun
jaman gue norit kudu sedia