Matano, Danau Purba yang Punya Dua Suhu di Sulawesi Selatan

Punya banyak wisata yang menakjubkan, di Provinsi Sulawesi Selatan ternyata juga terdapat danau purba yang dikenal punya dua suhu bernama Matano, Superfriends. Kayak gimana sih pesonanya? Langsung aja simak ulasannya!

Matano, Danau Purba yang Punya Dua Suhu di Sulawesi Selatan

Dengan pemandangan yang menakjubkan, nggak heran kalau Danau Matano di Sulawesi Selatan ini jadi destinasi wisata impian. Danau purba yang berada di Bumi Batara Guru ini juga menduduki posisi pertama sebagai danau terdalam di Indonesia dan juga di Asia Tenggara, lho. Danau Matano punya kedalaman yaitu 590 meter. Bahkan ini lebih dalam dari Danau Toba di Sumatra Utara.

Kalau melihat ke pinggiran danau, sejauh mata memandang bakal disuguhkan dengan hijaunya cekungan bukit yang masih alami. Kalau dibayangkan nih, pemandangan itu mirip kayak mangkuk-mangkuk yang mengelilingi pinggiran telaga.

Danau Purba

Matano, Danau Purba yang Punya Dua Suhu di Sulawesi Selatan

Image source: tekno.tempo.co  

Danau Matano bisa disebut dengan istilah cryptodepression, sama seperti Laut Mati yang ada di Lembah Jordan, Mesir, dan Death Valley di Amerika Serikat. Dengan kedalaman 590 meter tersebut, danau ini juga punya aliran gravitasi yang cukup kuat.

Selain dikenal dengan kedalamannya, Danau Matano juga memiliki keindahan alam yang menenangkan jiwa, Superfriends. Nggak hanya itu, danau ini juga dihuni ratusan spesies endemik, seperti udang kepiting dan berbagai jenis ikan langka, salah satunya adalah ikan Buttini.

Ikan ini merupakan spesies endemik yang tergolong langka di dunia dan salah satu hewan purba yang masih hidup sampai saat ini. Danau ini juga dikatakan danau purba karena terbentuk dari aktivitas tektonik sejak zaman Pleosen atau sekitar 1-4 juta tahun lalu. Jadi nggak heran deh kalau di dalamnya juga dihuni sama ikan spesies zaman purba.

Memiliki Dua Suhu

Matano, Danau Purba yang Punya Dua Suhu di Sulawesi Selatan

Image source: celebes.co     

Ada yang unik dan menarik dari Danau Matano, Superfriends. Yang pertama, saking jernihnya danau ini, lo bahkan bisa menyaksikan ikan-ikan dan bebatuan dengan kedalaman 20 meter, lho. Dan hal uniknya, ada dua suhu yang dimiliki Danau Matano ini, yaitu pada bagian permukaan yang hangat dan hanya terpaut 2 derajat Celcius pada bagian dasarnya.

Danau yang juga memiliki kandungan besi ini ternyata minim kandungan oksigen di dalamnya. Menurut banyak peneliti, kondisi danau ini emang mirip dengan kondisi laut di bumi pada masa sekitar 2,5 juta tahun yang lalu.

Nggak cuma itu, di lokasi ini juga terdapat objek wisata lainnya yang bisa dikunjungi. Seperti Kolam Mata Air Bura-bura yang indah, mandi di Air Terjun Mata Buntu, atau bisa juga mengunjungi dan melihat secara langsung makam dari Suku Matano yang terletak di Dusun Matano.

Fasilitas dan Perjalanan

Di Danau Matano sendiri udah banyak fasilitas yang bisa dinikmati, seperti Banana Boat, Kayak, Jet Ski, dan perahu yang bisa disewa buat mengelilingi danau. Dan kalau mau beristirahat, lo bisa langsung istirahat di bungalow, gazebo, dan ada banyak restoran yang bisa dipilih.

Untuk bisa mencapai Danau Matano, lo bisa memulainya dari ibu kota Makassar menuju Sorowako, perjalanan ini terhitung cukup jauh. Kalau menggunakan bus, maka bisa makan waktu lebih dari satu hari satu malam.

Kalau udah di Sorowako, lo bisa menyewa perahu tradisional atau Katinting menuju Danau Matano. Saat menyewa Katinting, sebaiknya lo menyewa buat kurun waktu minimal satu hari daripada perjam. Karena bakal lebih hemat budget pastinya.

Itulah penjelasan singkat tentang Danau Matano di Sulawesi Selatan yang punya dua suhu berbeda dan menjadi danau terdalam di Indonesia serta di Asia Tenggara. Tertarik buat ke sana, Superfriends?

 

Source: https://male.co.id/detail/2994/danau-matano-danau-purba-yang-miliki-dua-suhu-men-scope-3
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

23 COMMENTS

SHARE
Arif wibowo
Wah keren ini
Rdh
Kereeeen
Sumardiyono
amaziiing
Rull
Rid experience kemaren kami ke danau Ini, dan me lihat gua bawah danau.. Kereen
Agus Sungkawa
Suhu yang berbeda
Senuadi Tandun
keren banget baru tau ada wisata spt ini
Heni Oen
keren banget bagai hutan di brasil
Cecep Jajang
Ko bisa gitu ya.. ajaib
bahar22
Nice info
Bahar
Nice info