Turis vs Globetrotter, Sudah Pada Tahu Belum Bedanya Apa?

Para traveler pasti sudah paham deh kalau di dunia traveling itu banyak banget istilah-istilahnya. Misalnya nih ya, ada istilah yang namanya hitchhiking.

Turis vs Globetrotter, Sudah Pada Tahu Belum Bedanya Apa?

Hitchhiking sudah kita bahas beberapa waktu lalu. Jadi hitchhiking itu istilah yang dipakai para pelancong buat minta tumpangan di jalan. Kalau bahasa kita sih nebeng.

Jadi lo tinggal berdiri di jalan yang ideal buat minta tumpangan. Terus acungan aja jempol ke pengendara yang melintas di depan lo. Kalau lo dianggap orang yang meyakinkan, maka lo bakal dapat tumpangan dengan mudah. Tapi lo juga harus memilah tuh, pengendara yang benar-benar layak ditumpangi. Jangan malah jadi masalah ya.

Nah, kali ini bukan hitchhiking yang bakal diulas. Tapi istilah lain yang namanya globetrotter. 

Apa Sih Globetrotter?

Turis vs Globetrotter, Sudah Pada Tahu Belum Bedanya Apa?

Image source: nowjakarta.co.id

Globetrotter itu bisa dibilang tipe traveler yang suka rencana liburannya nggak cuma mau melihat-lihat tempat dan berfoto di landmark saja. Tapi juga menikmati pengalaman yang sama seperti para penduduk lokal.

Ibarat kata, kalau seorang globetrotter itu mau cari pengalaman beda dari esensi traveling itu sendiri. Sampai makan mereka maunya menyantap hidangan khas lokal. Nggak ada tuh mampir ke restoran cepat saji.

Habis itu juga kalau berpindah-pindah tujuan wisata maunya naik transportasi umum. Jadi benar-benar tahu keseharian penduduk lokal kalau lagi beraktivitas. Kebanyakan nih, para globetrotter melakukan petualangan sendirian dan masih muda. Gimana, ada yang pernah coba traveling ala globetrotter?

Bedanya Sama Turis

Turis vs Globetrotter, Sudah Pada Tahu Belum Bedanya Apa?

Image source: floresexotictours.id   

Lo mungkin bisa tahu perbedaannya secara nggak langsung nih. Kebanyakan, kalau turis itu melakukan perjalanan tanpa mau mengambil risiko.  Misalnya, kalau turis itu kalau mau bepergian pasti sudah melakukan list tempat-tempat yang mau dituju. Semuanya sudah diatur, mau naik apa ketika berangkat traveling, terus nentuin juga transportasi buat pulangnya.

Termasuk tempat menginap. Konsep turis dan globetrotter ini beda banget. Kalau seorang globetrotter itu cuma dia aja nih yang tahu mau ke mana. Dia bisa improve atau eksplore perjalanannya sesuka hari. Bahkan cenderung berbaur dengan masyarakat lokal. Jadi bisa tiba-tiba diajak ke pedalaman. Ikut aktivitas warga di sana. 

Tips Jadi Globetrotter 

Kayak yang tadi sudah dijelaskan, melakukan petualangan ala globetrotter itu banyak dilakukan seorang diri. Dan, banyak yang mengakui kalau solo traveling ini cara terbaik buat eksplore dan menjajal kemampuan sendiri.

Buat menjadi seorang globetrotter itu nggak susah kok. Ketika lo mulai melakukan solo traveling dan mencoba berbaur dengan masyarakat lokal, jangan ragu. 

Lakukanlah komunikasi, banyakin ngobrol, Superfriends! Karena penduduk setempat kebanyakan senang lho berbagi pengetahuan dan bercerita tentang wilayahnya. Solo traveling itu bukan nekat ya. Lo juga harus punya persiapan yang matang. 

 

Source: https://www.beritasatu.com/archive/252249/beda-turis-dengan-globetrotter
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
Arif wibowo
Ciqmik inisih
Sumardiyono
nice infonya
Ldr_Lstyd
baru tau bedanya
bahar22
Nice info
Bahar
Nice info
Heni Oen
utk dapat mjd seorang globetrotter ternyata harus solo traveling
Senuadi Tandun
mesti punya jiwa traveling baru bisa solo traveling
Agus Sungkawa
Sangat bermanfaat super frend
Agung Sutrisno
Baru tau ada istilah Globetrotter.
Rdh
Nice info