Mirip Sih, Tapi Jas Hujan Buat Riding dan Mendaki Gunung Itu Beda Lho!

Berpetualang di alam bebas tuh kudu siap semua-muanya. Mental, fisik, sampai peralatan pun jangan sampai ada barang yang kelupaan masuk ke tas carrier. 

Mirip Sih, Tapi Jas Hujan Buat Riding dan Mendaki Gunung Itu Beda Lho!

Salah satu item yang nggak boleh ketinggalan itu jas hujan. Lo nggak bisa menerka-nerka kondisi cuaca ketika berencana menjelajahi alam bebas, naik gunung misalnya.

Sebagian orang perkara bawa jas hujan aja beratnya minta ampun. Alasannya macam-macam nih, malas melipatnya sampai katanya menuh-menuhin barang bawaan.

Padahal nggak sama sekali. Jas hujan ponco itu salah satu yang paling gampang dibawa-bawa. Kegunaannya penting banget, apalagi buat keadaan darurat. Bebannya juga nggak sampai setengah kilogram. Materialnya cuma plastik. Jadi super enteng buat dibawa kemana-mana.

Oh iya, penting buat diingat ya Superfriends. Jas hujan buat petualangan di gunung itu beda sama jas hujan buat riding motor. Jangan sampai keliru. Memang sih kalau dari pandangan mata bentuknya mirip banget. Tapi ternyata memiliki perbedaan lho. Simak terus ke bawah, Superfriends!

Jas Hujan Hiking Vs Riding

Mirip Sih, Tapi Jas Hujan Buat Riding dan Mendaki Gunung Itu Beda Lho!

Image source: Motoris.id   

Sebenarnya fungsi dari dua jenis jas hujan ini sama. Tapi peruntukannya yang beda, di mana perbedaannya itu kentara dari segi material yang dipakai. Kalau jas hujan buat naik gunung itu kebanyakan bahan dasarnya itu pakai Nylon yang permukaannya tipis.

Kalau jas hujan buat naik motor itu umumnya campuran. Artinya materialnya di-mix misalnya Nylon dengan Polyester PVC. Jas hujan buat pemotor juga permukaannya dibuat lebih tebal. Jadi lebih kuat aja. 

Kalau jas hujan buat hiking dibuat lebih tipis karena terpaan hujan di atas gunung kadang nggak lebih deras dibanding di jalan biasa. Jadi kalau o naik motor tapi pakai jas hujan yang buat naik gunung, kadang lebih gampang tembus karena permukaannya yang tipis. Belum lagi diterpa angin kencang dan hujan deras.

Fungsi Lain Jas Hujan Saat di Gunung

Mirip Sih, Tapi Jas Hujan Buat Riding dan Mendaki Gunung Itu Beda Lho!

Image source: gearjunkie.com    

Dalam keadaan darurat jas hujan bisa jadi pengganti buat menampung barang bawaan ketika kantong sudah tak lagi tersisa buat dipakai. Dengan jas hujan ini lo jadi punya kantong ekstra.

Bisa juga berfungsi buat menampung air hujan dengan cara menggali lubang dan menaruh ponco di atasnya atau dengan menggantungnya di antara pepohonan. Bisa juga digunakan sebagai alas tidur maupun duduk jadi tubuh senantiasa kering. Selain itu melindungi dari hewan dan serangga yang sewaktu-waktu bisa menggerayangi dan mengganggu saat tidur.

Jas hujan juga pun bisa jadi alat buat menutupi perlengkapan yang berada di luar tenda. Termasuk jadi alat penanda jejak saat penjelajahan. Multifungsi banget kan?

 

source: https://www.gridoto.com/read/222461930/serupa-tapi-tak-sama-ini-bedanya-jas-hujan-buat-riding-dan-mendaki-gunung
Gear Beginner Extreme solo traveling

8 COMMENTS

SHARE
bahar22
Nice info
Heni Oen
baru tau thanks infonya
Senuadi Tandun
dikirain semua sama.pantas harganya lebih mahal
Arif wibowo
Ciamik sih ini
Karlina
Nice info
agung
tq info ya
Sumardiyono
Tanks infonya
teddy yunanda
beda hobi jas hujanya juga beda