Tips Memilih Handlebar Bag Buat yang Suka Bikepacking

Dalam bikepacking, tentunya ada beberapa perlengkapan penunjang yang dibutuhkan. Salah satunya adalah Handlebar Bag. Tapi sebelumnya, simak dulu tips memilih handlebar bag berikut ini, Superfriends!

Tips Memilih Handlebar Bag Buat yang Suka Bikepacking

Aksesoris atau perlengkapan dalam dunia bersepeda emang banyak macamnya, baik itu perlengkapan buat menunjang style bersepeda maupun perlengkapan yang emang dibutuhkan buat aktivitas itu sendiri. Apalagi, kalau lo juga hobi melakukan bikepacking, pastinya butuh perlengkapan yang nggak sedikit. Salah satunya adalah Handlebar Bag atau yang biasa disebut HBB.

Seperti namanya, Handlebar Bag merupakan tas yang dipasang di stang sepeda. Tas sepeda yang ukurannya nggak terlalu besar ini biasa dipasang buat menyimpan barang bawaan yang sifatnya penting dan ringan, seperti dompet, gadget, snack, dan semacamnya. Tentunya dengan tas ini, lo bisa menyimpan barang-barang penting dengan aman, Superfriends.

Ukuran, Bahan, dan Tipe Handlebar Bag

Tips Memilih Handlebar Bag Buat yang Suka Bikepacking

Image source: bikepacking.com 

Ukuran dari handlebar bag sendiri bermacam-macam, pada umumnya mulai dari ukuran 1 liter hingga 5 liter. Yang perlu diingat, jangan sampai menyimpan terlalu banyak barang di handlebar bag, karena kalau terlalu penuh nantinya akan berat dan malah ganggu handling saat bersepeda.

Kalau untuk bahannya sendiri, sebenarnya sama aja dengan bahan pembuatan tas pannier. Buat yang waterproof biasanya menggunakan bahan bernama tarpaulin, sementara bahan yang lain umumnya menggunakan bahan cordura atau bahan lainnya.

Selain itu, HBB juga memiliki dua tipe, yaitu tipe classic yang berbahan cordura dan tipe adventure yang bahannya waterproof. Tipe classis sendiri modelnya lebih modis dan fashionable, biasanya sih emang digunakan buat aktivitas bersepeda di perkotaan, seperti bike to work maupun kegiatan lainnya.

Sementara yang tipe adventure, biasanya tas ini digunakan buat perjalanan bersepeda jarak jauh karena lebih aman dari guyuran air hujan. Contohnya ya buat bikepacking ini.

Nah, buat produsennya sendiri, lo bisa memilih HBB buatan luar negeri ataupun HBB produk dalam negeri. Keduanya punya harga yang variatif, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Bisa Digunakan untuk Berbagai Sepeda

Tips Memilih Handlebar Bag Buat yang Suka Bikepacking

Image source: cyclingabout.com  

Selain buat yang suka bikepacking, handlebar bag juga menjadi salah satu pelengkap yang harus ada pada sepeda touring. Bagi pencinta sepeda touring yang punya pannier, mayoritas juga akan dilengkapi dengan HBB, karena biasanya emang udah sepaket dengan pannier tersebut.

Sementara buat penggiat sepeda lipat, banyak juga yang menggunakan HBB tipe classic karena lebih menunjang style. Tapi seiring berjalannya waktu, penggunaan HBB juga mulai banyak digunakan pada sepeda MTB yang beraliran bikepacking, bahkan juga sepeda Road Bike Cyclocross.

Tips Memilih Handlebar Bag

Tips Memilih Handlebar Bag Buat yang Suka Bikepacking

Image source: expocafeperu.com   

Dari penjelasan yang udah dibahas sebelumnya, pasti penasaran kan gimana caranya milih handlebar bag yang tepat buat sepeda lo? Nih, berikut ini beberapa tips yang mesti lo perhatikan:

Pilih bentuk/model HBB. Ada beragam model yang bisa dipilih dari masing-masing merek HBB, dan lo juga bisa menyesuaikannya dengan jenis sepeda yang lo gunakan. Atau bisa juga disesuaikan sama selera lo masing-masing.

Sesuaikan ukuran HBB. Ada banyak ukuran pada stang sepeda, jadi lo bisa sesuaikan terlebih dahulu bentuk HBB yang sesuai buat dipasang di stang sepeda lo. Biasanya HBB diukur dengan satuan liter, mulai dari satu liter hingga seterusnya. Lo bisa memperkirakannya masing-masing dengan memperkirakan barang apa aja yang sekiranya mau dibawa di dalam HBB tersebut.

Pilih bahan. Buat bahan sendiri, lo bisa menyesuaikannya dengan model HBB yang dipilih. Biasanya buat tipe classic lebih pas menggunakan bahan dari kain cordura. Sedangkan kalau mau digunakan buat aktivitas touring, atau bikepacking, lebih baik menggunakan yang waterproof supaya barang bawaan yang penting itu nggak kebasahan kalau hujan.

Nah, itu tadi beberapa tips dalam memilih handlebar bag buat lo yang suka bikepacking atau kegiatan bersepeda lainnya. Lo sendiri udah punya handlebar bag belum, Superfriends?

 

Source: https://portalsepeda.com/tips-memilih-hbb-handlebar-bag/
Gear Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
Heni Oen
info bermanfaat bagi yang suka bersepeda
Senuadi Tandun
ladang bisnis baru nij
Arif wibowo
Wah keren ini
Karlina
Nice info
agung
tq info ya
Sumardiyono
Nice infonya
Rdh
Nice info
Agus Sungkawa
Tips yang bermanfaat super frends
Yuniarto ( Tato )
Keren abisssss