Metode Lensa, Membuat Api Tanpa Korek Api Saat Bertualang

Membuat api saat bertualang di alam bebas biasanya butuh bantuan korek api atau fire starter, tapi lo juga bisa menggunakan beberapa metode lensa, Superfriends. Kayak gimana aja metodenya? Langsung aja simak ulasannya!

Metode Lensa, Membuat Api Tanpa Korek Api Saat Bertualang

Membuat api dalam kondisi survival nyatanya emang penting banget, Superfriends. Api nggak hanya berguna buat memasak aja, tapi juga bisa menjadi sinyal pertolongan. Selain itu, lo perlu api untuk menjaga tubuh tetap hangat, mengusir binatang buas, sumber cahaya, atau mensterilkan peralatan, dan lain sebagainya.

Untuk itu, penting banget nih buat lo tau cara membuat api tanpa korek api. Beberapa teknik membuat api tanpa korek api dengan cara gesekan tongkat pun nggak semudah yang dibayangkan, apalagi kalau kayu atau serat yang digunakan nggak tepat.

Nah, ada metode membuat api lainnya yang lebih sederhana dan hanya memerlukan bahan-bahan mudah, yaitu menggunakan metode lensa, Superfriends. Lo udah pernah dengar metode ini sebelumnya?

Intinya sih, metode lensa ini adalah teknik pembiasan dan pemantulan sinar matahari. Penasaran mau tau kayak gimana caranya membuat api menggunakan metode lensa? Berikut ini ulasan selengkapnya.

Botol Air dan Kertas

Metode Lensa, Membuat Api Tanpa Korek Api Saat Bertualang

Image source: thesun.co.uk 

Membuat api tanpa korek api ternyata bisa dilakukan dengan menggunakan botol air dan kertas, lho. Caranya sediakan botol plastik berisi air, pastikan botolnya halus, bulat dan bening. Sediakan juga 3 lembar kertas yang ada tinta hitam di dalamnya, karena semakin gelap kertasnya maka semakin baik juga menyerap panasnya.

Caranya, lipat kertas dan pastikan bagian hitam ada di atas, karena ini berfungsi sebagai platform dan difokuskan pada panas matahari. Sedangkan 2 kertas lainnya disobek menjadi 2, dan masing-masing potongan tersebut dilipat menjadi dua.

Gunakan tepi cembung botol air yang berfungsi sebagai kaca pembesar alternatif yang dibiaskan dengan sinar matahari. Fokuskan cahaya dari botol ke bagian hitam kertas, geser botol buat menemukan titik tetap di mana sinar matahari terkonsentrasi. Lakukan hingga asap api mulai muncul.

Kalau udah ada lubang membara pada kertas, masukkan potongan kertas yang udah dilipat tadi supaya api bisa menyebar. Tiuplah ke dalam bara api atau ayun-ayunkan bara api sampai api menyala.

Lensa

Metode Lensa, Membuat Api Tanpa Korek Api Saat Bertualang

Image source: wikihow.com   

Buat cara satu ini, yang dibutuhkan adalah lensa buat memfokuskan sinar matahari pada tempat tertentu. Kaca pembesar, kacamata, maupun lensa teropong, semuanya bisa digunakan untuk membuat api.

Untuk menghasilkan api, lo juga bisa memberi sedikit air pada lensa. Cara membuatnya pun cukup mudah, fokuskan sinar matahari dari lensa ke sumbu, seperti daun-daun kering buat menciptakan asap.

Kaleng Soda

Metode Lensa, Membuat Api Tanpa Korek Api Saat Bertualang

Image source: campfiredude.com      

Ternyata bagian dasar pada kaleng soda juga bisa digunakan sebagai cermin fokus untuk membuat api darurat, Superfriends. Pada cara ini lo butuh kaleng soda dan cokelat yang sebenarnya pengganti dari zat polishing.

Caranya, gunakan cokelat buat memoles bagian bawah kaleng yang belum mengkilap. Setelah dipoles, bagian bawah kaleng akan mengkilap dan seperti cermin. Kalau udah, pantulkan sinar matahari ke sumbu atau media kertas dengan tinta hitam, melalui cermin kaleng yang udah dibuat dan fokuskan sinar sampai asap terbentuk.

Nah, itu tadi beberapa cara membuat api tanpa korek api dengan menggunakan metode lensa. Dalam bertualang di alam bebas, apalagi dalam kondisi survival, api emang sangat diperlukan, Superfriends. Semoga cara-cara tadi bisa membantu lo, ya!

 

Source: https://survivalalam.blogspot.com/2016/07/4-metode-lensa-membuat-api-tanpa-korek.html
Trending Beginner Extreme solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
Heni Oen
spt diajarkan di sekolah
Senuadi Tandun
penting buatndiketahui.kemping pemula
Sumardiyono
Nice infonya
Agus Sungkawa
Metode yg sangat berguna
Hengky  kik
info yang sangat bermanfaat
Nasir Arsyad
Ty infox
Frida Fatah
info yang bermanfaat brow. . .