Fakta Menarik Stadion Olimpico yang Jadi Venue Opening Euro 2020

Mengunjungi stadion sepak bola memang menjadi salah satu aktivitas traveling yang unik dan menarik, Superfriends. Kalau lo berencana atau lagi berada di Italia, salah satu stadion yang menarik buat dikunjungi yaitu ada Olimpico di ibu kota, Roma. Berikut ulasan selengkapnya!

Fakta Menarik Stadion Olimpico yang Jadi Venue Opening Euro 2020

Sepak bola memang menjadi salah satu olahraga yang sangat populer di dunia, Superfriends. Nggak heran, kalau banyak orang rela memenuhi stadion demi menyaksikan langsung pemain idolanya.

Yup, hadir langsung menonton sepak bola di stadion memang menyajikan atmosfer yang sangat berbeda ketimbang menontonnya di televisi atau via streaming. Keunikan arsitektur dan nilai sejarah membuat stadion sepak bola menjadi objek yang menarik buat dikunjungi, Superfriends.

Salah satu stadion bersejarah yang menarik buat dikunjungi yaitu ada di Ibukota Italia, Stadion Olimpico, Roma. Stadion ini juga menjadi laga pembuka pada gelaran Euro 2020 yang diselenggarakan Sabtu (12/6//2021) pekan ini lho, Superfriends.

Sejarah Singkat Stadion Olimpico

Fakta Menarik Stadion Olimpico yang Jadi Venue Opening Euro 2020

Image source: newsmondo.it    

Stadion Olimpico dibangun sebagai pusat dari kompleks olahraga Foro Italia, sebuah proyek yang diprakarsai oleh Mussolini, Superfriends. Konstruksi dimulai pada tahun 1928 dan tingkat pertama telah selesai pada tahun 1932.

Pekerjaan pada fase kedua dihentikan karena pecahnya Perang Dunia Kedua dan baru dilanjutkan lagi pada bulan Desember 1950, Superfriends. Sampai akhirnya, Stadion Olimpico resmi dibuka pada 17 Mei 1953 dengan pertandingan antara tim nasional Italia dan Hongaria.

Kapasitas berjumlah 100.000 kala itu, yang sebagian besar terdiri dari teras alias tanpa kursi. Stadion Olimpico berfungsi sebagai stadion utama untuk Olimpiade 1960, dan untuk ini semua teras diubah menjadi kursi, menghasilkan kapasitas 53.000 kursi, Superfriends.

Cara Menuju ke Stadion Olimpico

Fakta Menarik Stadion Olimpico yang Jadi Venue Opening Euro 2020

Image source: blogsicilia.it      

Stadion Olimpico berada di Roma bagian utara dan sekitar 4 kilometer sebelah utara Kota Vatikan. Tepatnya, berada di dalam kompleks The Foro Italico Sports yang dikelilingi oleh sungai Tiber di satu sisi dan cagar alam di sisi lainnya, Superfriends.

Buat mencapai stadion dengan mobil, lo bisa pergi ke jalan lingkar Roma (G.R.A.), lalu ambil jalan keluar N5 menuju Flaminia (di sisi utara G.R.A.). Dari sana lo bisa ikuti rambu ke Foro Italico, Superfriends.

Nggak ada stasiun metro yang dekat dengan stadion, tetapi cukup mudah dijangkau dengan trem. Trem 2 melewati stadion di sisi lain sungai dan dapat diambil dari halte metro Flaminio di jalur A, yang dekat dengan taman Villa Borghese dan Piazza del Popolo.

Lo bisa naik trem ke arah Mancini dan turun di halte tersebut, Superfriends. Atau, lo juga bisa naik bus 32 di utara Kota Vatikan di halte metro Ottaviano. Naik bus ke arah Tor di Quinto dan turun di halte Stadio Tennis.

Bus 280 selanjutnya bisa juga naik dari Castel Sant'Angelo atau metro Lepanto. Naik bus ke arah Mancini dan turun di halte Stadio Tennis, Superfriends.

Makan, Minum, dan Tidur di Sekitar Stadion Olimpico

Fakta Menarik Stadion Olimpico yang Jadi Venue Opening Euro 2020

Image source: blog.only-apartments.com  

Stadion Olimpico terletak di daerah yang sangat strategis di aliran sungai Tiber, Superfriends. Ini adalah bagian dari kompleks olahraga Foro Italico yang dibangun oleh rezim fasis Italia, yang berarti beberapa struktur arsitektur yang menarik.

Sayangnya, stadion Olimpico nggak menjalankan tur stadion sama sekali. Berarti, saat hari-hari nggak ada pertandingan lo cuma bisa melihat stadion dari luar dan berjalan-jalan di sekitarnya.

Ada beberapa pilihan buat makan atau minum di kompleks The Foro Italico Sports, tetapi daerah di seberang sungai adalah lingkungan perkotaan khas Italia, yang berarti lo nggak bakal kesulitan buat menemukan hidangan kayak espresso, gelato, atau pizza, Superfriends.

Kalau lo mau staycation di sekitar stadion Olimpico, ada beberapa hotel yang bisa lo coba. Hotel di area sekitar stadion Flaminio antara lain adalah Hotel Villa Glori, Best Western Hotel Astrid, Suites Piazza del Popolo, dan Face to Face House.

Biayanya juga lumayan terjangkau, yaitu sekitar € 75 dan € 125 buat kamar ganda, dan memiliki keuntungan tambahan yang dilewati trem ke Piazza del Popolo. Pilihan di timur laut stadion termasuk Hotel Farnesina, dan River Chateau Hotel yang sedikit lebih mewah.

Kalau lo mau menginap lebih dekat ke pusat, tetapi ingin menemukan lokasi hotel secara strategis menuju stadion Olimpico, maka lo bisa tinggal di dekat Piazza del Popolo atau dekat halte metro Ottaviano (yang umumnya lebih murah) adalah pilihan yang baik. So, selamat berpetualang, Superfriends!

 

Referensi: https://www.stadiumguide.com/olimpico/
Trending Beginner Extreme solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
Heni Oen
kalau tdk pafemi pasti seru nih
Senuadi Tandun
ladang bisnis baru
Sumardiyono
wow amaziing
Agus Sungkawa
Slam olahraga super frends
Nasir Arsyad
Ty infox
Yuniarto ( Tato )
Mantappppp
Rull
Olimpico stadium Kebanggaan Italia