5 Destinasi Wisata Kece di Pulau Rote

Ternyata, pulau paling selatan Nusantara ini juga punya sejumlah destinasi wisata yang kece abis, lho. Maka jangan heran, kalau banyak traveler lokal maupun mancanegara yang ketagihan buat datang ke Pulau Rote, Superfriends. Berikut daftar lengkap tempat-tempatnya!

5 Destinasi Wisata Kece di Pulau Rote

Pernah mendengar nama alat musik sasando nggak, Superfriends? Yup, inilah instrumen musik yang berasal dari pulau paling luar Indonesia bagian selatan, Pulau Rote.

Dilansir laman Indonesia Kaya, alat musik yang satu ini konon sudah digunakan masyarakat di Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT) sejak abad ke-7. Selain alat musik sasando, pulau yang juga terkenal dengan pohon lontar ini juga punya tempat-tempat yang menarik banget buat dikunjungi, lho.

Sebagai referensi, lo bisa simak 5 destinasi wisata kece di Pulau Rote berikut ini, Superfriends!

1. Pantai Tolanamon

5 Destinasi Wisata Kece di Pulau Rote

Image source: roolnews.id        

Destinasi wisata kece di Pulau Rote yang pertama yaitu ada Pantai Tolanamon yang terletak di Desa Inaoe, Rote Selatan, Kabupaten Rote Ndao, NTT. Dalam bahasa Rote, Tolanamon bisa juga diartikan sebagai teluk yang menusuk, mirip kayak bentuknya yang runcing menuju bibir pantai, Superfriends.

Jalan menuju ke Pantai Tolanamon lumayan memakan waktu, sekitar dua jam perjalanan dari Kota Ba'a menuju ke Desa Inaoe. Kemudian, lo bisa lanjut dengan perjalanan menuju pantai sejauh empat kilometer dengan kondisi jalan yang belum diaspal.

Tapi tenang, karena rasa lelah lo pasti bakal auto lenyap setelah menyaksikan laut yang diapit tebing serta pepohonan hijau ini, Superfriends!

2. Pantai Oeseli

5 Destinasi Wisata Kece di Pulau Rote

Image source: indonesiakaya.com    

Pantai Oeseli di Desa Sotimori, Kecamatan Rote Timur, ini sebenarnya bukan pantai seutuhnya dan lebih mirip laguna karena nggak bermuara ke laut, Superfriends. Maka dari itu, Pantai Oeseli juga populer dengan sebutan Danau Laut Mati.

Meskipun begitu, tempat ini nggak punya kadar garam yang tinggi kayak Laut Mati di Yordania, melainkan karena danau ini dikelilingi tebing, sehingga embusan angin sulit masuk. Maka dari itu, permukaan airnya sangat tenang hampir kayak nggak bergerak, Superfriends.

3. Pantai Bo'a

5 Destinasi Wisata Kece di Pulau Rote

Image source: booking.com

Sekitar 9,6 km dari Pantai Oeseli ada Pantai Bo'a yang terletak di Desa Bo’a, Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao, NTT. Pantai ini terkenal punya gulungan ombaknya yang besar, cocok banget kalau lo mau surfing di sini.

Fasilitas di Pantai Bo'a juga terbilang sudah cukup lengkap dan cukup populer di kalangan wisatawan mancanegara. Lo juga bakal mudah menemukan penginapan di dekat sana dengan pemandangan langsung menghadap ke laut, Superfriends!

4. Telaga Nirwana

5 Destinasi Wisata Kece di Pulau Rote

Image source: phinemo.com     

Destinasi wisata kece di Pulau Rote selanjutnya yaitu ada Telaga Nirwana yang jadi salah satu primadona di Pulau Rote karena keindahannya. Tempat ini punya aliran muara yang airnya jenih bukan main, Superfriends!

Telaga Nirwana dikelilingi oleh pepohonan mangrove dan bebatuan cadas. Uniknya lagi, ada lempengan batu berbentuk hati di tengah laguna ini. Aliran airnya cenderung tenang, cocok banget buat berenang atau bermain stand up paddle board di sini, Superfriends.

Telaga Nirwana terletak di Dusun Kotalai, Desa Oeseli, Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao.

5. Pantai Nemberala

Terakhir, yaitu ada Pantai Nembrala yang terletak di Desa Nembrala, Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao yang populer banget dikalangan para traveler. Saking populernya, banyak yang bilang belum ke Rote kalau belum mampir ke salah satu destinasi wisata kece di Pulau Rote yang satu ini.

Pantai ini bisa dibilang mirip kayak Pantai Kuta di Bali, jadi fasilitasnya sudah sangat terawat, dipenuhi resor, dan banyak turis mancanegara. Pantai Nemberala jadi salah satu spot berselancar terbaik di Pulau Rote karena gulungan ombaknya cenderung tinggi.

Selain berselancar dan berenang, pantai ini juga pemandangan matahari terbenam yang mempesona banget, lho. Jadi, jangan sampai kelewatan momen ini ya, Superfriends!

 

Referensi: https://www.idntimes.com/travel/destination/putriana-cahya/tempat-wisata-paling-indah-di-pulau-rote/9
https://indonesiakaya.com/pustaka-indonesia/sasando-alat-musik-berdawai-khas-pulau-rote/
Urban Places Beginner Extreme solo traveling

12 COMMENTS

SHARE
Hengky  kik
kapan yaaah bisa touring lagi ke sana lagi
Nasir Arsyad
Ty infox
Senuadi Tandun
wah telaga nirwana jernih banget
Heni Oen
pantai boa banyak karangnya yang bening banget
SRI YAYA ASTUTI
BENER BENER KEREN BANGET VIEWNYA
DEVI TRI HANDOKO
pantainya bersih banget
Agus Sungkawa
Destinasi wisata yg sangat indah super frends
Bahar
Nice info
Karlina
Nice info
arief
tq infonya