Lakukan Tips Ini Biar Tetap Hangat di Cuaca Dingin Alam Liar

Cuaca dingin alam liar emang menjadi tantangan utama para pegiat aktivitas alam bebas, terutama pendaki gunung. Lakukan beberapa prinsip ini agar tetap hangat, Superfriends!

Lakukan Tips Ini Biar Tetap Hangat di Cuaca Dingin Alam Liar

Para pegiat aktivitas alam bebas, khususnya para pendaki gunung, tentu sering dihadapkan sama kondisi cuaca dingin, apalagi kalau udah mencapai ketinggian tertentu. Menghadapi cuaca dingin pun berbahaya, karena kalau nggak, lo bisa terkena hipotermia. Kondisi ini tentunya jadi mimpi buruk para pendaki gunung.

Kalau udah menghadapi cuaca dingin, beberapa hal dasar yang harus dilakukan adalah selalu menjaga kepala tetap tertutup. Karena, banyak panas yang bisa hilang melalui kepala terutama kalau lo dalam kondisi tanpa rambut alias gundul. Kepala sendiri merupakan radiator yang punya banyak aliran darah tapi juga memiliki lemak buat isolasi.

Akan lebih baik lagi kalau melindungi bagian leher, pergelangan tangan, dan juga pergelangan kaki. Duduk di samping orang lain dan makan makanan berlemak pun bisa menjaga panas dalam tubuh, Superfriends.

Nah, berikut ada beberapa prinsip dasar buat tetap hangat dalam cuaca dingin. Simak ya, Superfriends!

Menjaga Pakaian Tetap Bersih

Lakukan Tips Ini Biar Tetap Hangat di Cuaca Dingin Alam Liar

Image source: phinemo.com 

Penting buat diketahui, pakaian sendiri merupakan tempat isolasi. Mencemari pakaian atau pakaian yang kotor juga bisa mengurangi nilai isolasi, lho.

Hindari Berkeringat

Lakukan Tips Ini Biar Tetap Hangat di Cuaca Dingin Alam Liar

Image source: gunung.id  

Kalau terlalu panas dan lelah, lo pasti akan berkeringat. Ketika air menguap, maka molekul panas bakal hilang dan meninggalkan molekul dingin. Kondisi ini seperti sebuah AC. Kalau tubuh lo udah berada dalam kondisi seperti ini, maka bisa membunuh dalam situasi survival.

Kenakan Pakaian Longgar dan Berlapis

Lakukan Tips Ini Biar Tetap Hangat di Cuaca Dingin Alam Liar

Image source: survivalalam.blogspot.com      

Mengenakan pakaian longgar dan berlapis juga menjadi salah satu prinsip supaya tetap hangat, Superfriends. Selain buat tubuh, ini juga berlaku untuk kaki. Menggunakan pakaian ketat bisa membatasi sirkulasi darah. Sedangkan tubuh manusia perlu sirkulasi yang baik buat menjaga tetap hangat.

Kaki dan tangan sendiri nggak menghasilkan banyak panas, karena sebagian panas berasal dari otot-otot besar dan pakaian ketat menghalangi jumlah udara yang bertindak sebagai isolasi.

Jaga Pakaian Tetap Kering

Pada suhu dingin, pakaian bisa jadi basah karena keringat dan cuaca luar. Kalau pakaian bukan anti air, maka udah pasti bisa basah karena hujan maupun embun.

Menggantung pakaian basah di bawah sinar matahari tentunya jadi metode pengeringan yang baik. Selain itu, lo juga bisa menggantungkan pakaian di dekat api karena pengeringan juga bisa lebih cepat.

Nggak hanya pakaian, lo juga harus menjaga kantong tidur supaya tetap kering dan bersih. Jangan menempatkan kantong tidur langsung di tanah yang lembap. Gunakanlah alas, luangkan waktu buat mempersiapkan alas dan untuk menjaga kantong tidur dari tanah yang dingin dan basah.

Tips Menjaga Tubuh Tetap Hangat

Setelah mengetahui beberapa prinsip tadi, lo juga bisa menjaga tubuh tetap hangat ketika tidur dengan beberapa tips berikut ini, Superfriends.

  • Lindungi kepala dengan topi hangat.
  • Gunakan mantel sebagai lapisan di atas kantong tidur.
  • Gunakan kaos kaki yang bersih dan kering.
  • Minum sesuatu yang hangat.
  • Buang air kecil, tubuh menggunakan energi untuk menjaga cairan hangat dalam tubuh.
  • Merilekskan otot-otot.
  • Pastikan nggak ada angin yang masuk.

Nah, itu tadi beberapa prinsip serta tips agar tubuh tetap hangat di cuaca dingin alam liar. Kondisi ini pun sangat berbahaya, untuk itu jangan lupa menerapkan prinsip tadi ya, Superfriends!

 

Source: https://survivalalam.blogspot.com/2016/01/prinsip-untuk-tetap-hangat.html
Tips Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
Hengky  kik
info yang sangat bermanfaat nih
Nasir Arsyad
Ty infox
Senuadi Tandun
kudu di save kalau hiking lagi
Heni Oen
juga butuh jaket yang khusus nih mengingat cuaca alam ngak bs diprediksi
Arif wibowo
Wah mqntep infonya
SRI YAYA ASTUTI
KEHANGATAN DALAM SETIAP NAIK GUNUNG
DEVI TRI HANDOKO
cara untuk bertahan
Yuniarto ( Tato )
Okeeedreddd
Agus Sungkawa
Tipsnya bermanfaat super frends
Sumardiyono
Tank s infonya