Jenis Tenda Camping Paling Populer, Lo Punya yang Mana?

Tenda jadi salah satu item yang wajib ada kalau mau camping di alam bebas. Jenis tenda pun banyak, bahkan ada yang paling populer juga. Kalau lo sendiri punya yang mana, Superfriends?

Jenis Tenda Camping Paling Populer, Lo Punya yang Mana?

Tenda merupakan tempat perlindungan sementara yang terbuat dari material kain dan bisa dibongkar pasang. Peralatan satu ini emang wajib dibawa kalau mau camping atau bertualang di alam bebas. Menariknya, benda satu ini semakin mengalami inovasi. Mulai dari pembaruan sisi material, rangka, desain, warna, kekuatan dan lain sebagainya.

Selain itu, tenda camping juga punya ukuran beragam, mulai dari yang besar, sedang, hingga yang ramping. Di Indonesia sendiri, ada beberapa jenis tenda camping yang paling populer dan sering digunakan dalam dunia petualangan.

Apa aja jenis tenda yang populer tersebut? Dan gimana kelebihan dan kekurangannya? Berikut ini ulasan selengkapnya, Superfriends.

Tenda Ridge atau Prisma

Jenis Tenda Camping Paling Populer, Lo Punya yang Mana?

Image source: quora.com      

Jenis tenda satu ini bisa dibilang menjadi yang paling populer digunakan buat kegiatan outdoor apa aja. Tenda ridge sendiri juga dikenal dengan sebutan tenda prisma dan tenda pramuka. Ciri khas dari tenda ridge adalah menggunakan dua buah penyangga tiang dan seperangkat tali untuk membuatnya berdiri.

Kelebihan dari tenda ini tentunya adalah kuat dan kokoh, terutama kalau dipasang dengan benar. Namun tenda ini juga punya kekurangan dari sisi kepraktisan, cenderung berat, dan jenis yang lebih cenderung punya celah-celah yang memungkinkan udara dingin masuk.

Tenda Dome atau Tenda Model Kubah

Jenis Tenda Camping Paling Populer, Lo Punya yang Mana?

Image source: campinggears.ph   

Tenda satu ini pastinya udah nggak asing lagi buat lo yang suka bertualang. Yup, tenda dome emang merupakan jenis yang paling banyak penggunanya. Kalau dari sisi kapasitas, tenda dome punya banyak variasi yang bisa disesuaikan sama kebutuhan.

Keunggulan dari tenda ini sendiri adalah praktis, sederhana, gampang dibongkar pasang, dan ringan. Tapi tenda ini juga punya kekurangan, yaitu kurang tangguh kalau didirikan di medan dengan gempuran cuaca berat semacam angin kencang, badai salju, dan lainnya.

Tenda Dome Model Pop Up

Jenis Tenda Camping Paling Populer, Lo Punya yang Mana?

Image source: wideopenspaces.com    

Walaupun mirip seperti tenda dome yang standar, namun tenda dome pop up jauh lebih praktis digunakan, Superfriends. Dengan satu langkah mudah, lo bisa mendirikan tenda ini dalam waktu yang cepat.

Kepraktisan tenda ini didukung dengan kapasitasnya yang emang cenderung kecil, sekitar 2 orang aja. Makanya, tenda ini juga unggul dari sisi bobotnya. Namun, kekurangan dari tenda ini adalah strukturnya yang nggak mampu bertahan menahan hembusan angin yang terlalu kencang.

Tenda Tunnel

Beda dari tenda-tenda sebelumnya, tenda satu ini umumnya berukuran lebih besar dan punya kapasitas lebih luas. Dengan bentuk seperti terowongan memanjang, tenda tunnel biasanya didesain buat 6 hingga 10 orang.

Karena luasnya tenda dan daya tampung yang banyak, maka tenda ini cocok buat lo yang mau camping bareng keluarga atau teman. Namun ukuran yang besar ini ternyata juga jadi kekurangan buat tenda tunnel, karena akan butuh medan yang rata dan lebar buat mendirikannya. Selain itu, tenda ini juga cukup berat saat dibawa.

Tenda Quick Release

Nah, tenda satu ini bisa dibilang adalah jenis tenda yang paling praktis, Superfriends. Tenda quick release atau quick pitch bisa jadi pilihan menarik kalau lo nggak masalah sama harga dan bobot.

Tenda ini biasanya udah punya struktur rangka yang telah tersusun, jadi lo tinggal menarik tali tuasnya aja dan tenda bakal berdiri dengan sempurna. Namun, kekurangan dari tenda ini tentu aja pada bobot dan packingannya. Karena semua struktur udah terinstal, jadi lo nggak bisa memisahkannya saat mau dipacking.

Nah, itu tadi beberapa jenis tenda camping paling populer di Indonesia yang biasa digunakan buat bertualang di alam bebas. Lo punya jenis tenda yang mana, Superfriends?

Source: https://akasakaoutdoor.co.id/blogs/aks-journal/9-jenis-tenda-camping-terbaik-dan-paling-populer-kamu-pilih-yang-mana

Gear Beginner Extreme solo traveling

5 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
22 oke banget
Hengky  kik
ternyata punya ku jenis atau modelnya pop up
Rahayu kuat
Kalau Q punya yg model kubah cepat pasangnya simpel aman juga dr badai..
Rull
Semua kereeeen
Agung Sutrisno
Pilih yang sesuai dengan bajet dan kegunaaan