Profil Singkat Wembley Stadium, Arena Laga Final Euro 2020

Pernah denger nama Wembley stadium nggak, Superfriends? Yup, stadion kebanggaan warga Inggris ini rencananya bakal menggelar laga pamungkas Euro 2020 yang diselenggarakan dalam waktu dekat ini, lho. Berikut profil singkat stadion Wembley, London!

Profil Singkat Wembley Stadium, Arena Laga Final Euro 2020

Tour stadion sepakbola memang menjadi salah satu aktivitas traveling yang unik dan menarik belakangan ini, Superfriends. Keunikan arsitektur dan nilai sejarah yang tinggi membuat stadion sepakbola menjadi objek yang menarik buat dikunjungi.

Wembley stadium tentu menjadi salah destinasi yang nggak boleh dilewatkan dalam hal ini. Tercatat, beberapa pertandingan bersejarah pernah dimainkan di sini, mulai dari laga final Uefa Champions League (UCL) 2011, final UCL 2013 sampai final Piala Eropa 2020 yang bakal digelar Juli nanti, Superfriends.

Sekilas Tentang Sejarah Wembley Stadium

Profil Singkat Wembley Stadium, Arena Laga Final Euro 2020

Image source: designbuild-network.com   

Dilansir laman The Stadium Guide, stadion yang jadi rumah sepakbola Inggris ini adalah stadion terbesar kedua di Eropa setelah Camp Nou di Barcelona, Spanyol, Superfriends. Selain menjadi home base tim nasional Inggris, stadion ini juga jadi langganan tempat laga final Piala Liga, final Piala FA, dan Community Shield.

Tapi, Wembley Stadium yang sekarang berdiri ini ternyata adalah bangunan baru peremajaan versi lamanya yang sudah berdiri sejak 1923 dan telah menjadi tuan rumah banyak final turnamen sepakbola, Superfriends.

Wembley Stadium versi lama dihancurkan pada tahun 2003, setelah itu pembangunan stadion baru dimulai. Setelah sempat mengalami penundaan, markas tim nasional Inggris ini akhirnya selesai pada tahun 2007, Superfriends.

Wembley Stadium resmi dibuka pada 19 Mei 2007, tepatnya pada laga final Piala FA antara Chelsea dan Manchester United.

Kemegahan Stadion Wembley

Profil Singkat Wembley Stadium, Arena Laga Final Euro 2020

Image source: wembleystadium.com  

Stadion baru Wembley dirancang oleh firma arsitektur Foster and Partners and Populous dan diperkirakan menelan biaya total £757 juta. Fitur paling ikonik dari stadion ini adalah lengkungan setinggi 133 meter, dengan bentang sepanjang sekitar 315 meter, Superfriends.

Fitur ini disebut-sebut menjadi struktur atap bentang tunggal terpanjang di dunia, lho. Selain itu, Wembley Stadium juga punya atap geser dengan panjang sekitar 52 meter di atas lapangan.

Meskipun nggak sepenuhnya menutupi seisi stadion, tapi atap geser ini bisa menutupi setiap kursi di stadion, yang menjadikan Wembley sebagai stadion tertutup terbesar di dunia, Superfriends.

Makan, Minum, dan Tidur di Sekitar Wembley Stadium

Profil Singkat Wembley Stadium, Arena Laga Final Euro 2020

Image source: oyster.com

Wembley Stadium ini berada di area perumahan yang tenang dengan beberapa campuran perkantoran. Ada beberapa hotel di dekat stadion kalau lo nggak mau desak-desakan naik kereta bawah tanah yang ramai saat pertandingan, Superfriends.

Sebagian besar hotel adalah jaringan hotel yang khas seperti Premier Inn, Ibis, Holiday Inn, dan Hilton. Harga dan fasilitasnya nya juga bermacam-macam, yang tentunya bisa lo sesuaikan dengan selera dan budget yang lo punya, Superfriends.

Kalau lo lebih memilih hotel di pusat kota London, maka sebaiknya pilihlah hotel yang strategis dekat dengan Metropolitan atau Jubilee line untuk memudahkan perjalanan. Tapi kalau lo menggunakan mobil, lo bisa memilih hotel lebih jauh dari salah satu dari dua jalur metro.

Tujuannya, biar bisa menghindari keramaian yang datang dari pusat kota London dan tentunya parkir juga bakal lebih mudah, Superfriends.

Wembley Stadium Tours

Wembley Stadium tours menawarkan pengalaman berkeliling stadion di belakang layar dengan guide yang mencakup ruang ganti, ruang pers, terowongan pemain, sampai royal box, tribun eksklusif di stadion ini, Superfriends.

Biasanya, Wembley Stadium Tours berlangsung sekitar 75 menit. Tur berjalan setiap hari dalam seminggu antara pukul 10:00 dan 16:00, seenggaknya ada setiap jam, tapi kalau lagi ramai seringnya dua kali dalam satu jam.

Stadium Tour juga nggak berjalan pada hari-hari acara besar atau sejumlah hari libur umum, jadi jangan salah tentukan tangal ya, Superfriends! Tiketnya bisa dipesan secara online, atau dengan menelepon +44 (0) 844 800 2755.

Biaya tour stadium kurang lebih £15,00 atau sekitar 300 ribu rupiah. Terjangkau banget kan, Superfriends?

 

Referensi: https://www.stadiumguide.com/wembleynew/
Trending Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
agung
tq info ya
Nasir Arsyad
keren...ty infox
Karlina
Nice info
Bahar
Nice info
bahar22
Nice info
Agus Sungkawa
Bersejarah bnget
Rull
Wembley Stadium Bersejarah kebanggaan Dunia
Senuadi Tandun
bermanfaat pengemar bola jadi tau akses tetdekat
Agung Sutrisno
menggelar laga pamungkas Euro 2020
Agung Sutrisno
Satdion Wembley Fitur paling ikonik dari stadion