Mengenal Teknik Sinyal Darurat Internasional, Seperti Apa?

Bertualang di alam bebas, penting hukumnya memahami teknik dan jenis sinyal darurat yang diperlukan dalam kondisi tersesat. Bahkan sinyal darurat internasional pun harus dipahami. Seperti apa, ya?

Mengenal Teknik Sinyal Darurat Internasional, Seperti Apa?

Kondisi tersesat kadang nggak luput dari petualangan ke alam bebas. Itulah kenapa penting buat memahami berbagai teknik dan jenis sinyal darurat, yang bakal digunakan buat mengirim pesan sebagai tanda meminta pertolongan. Jenis sinyal yang digunakan pun tergantung pada lingkungan dan situasi. Teknik sinyal juga bisa meningkatkan kesempatan lo buat diselamatkan.

Untuk membuat sinyal, lo harus menemukan daerah yang jelas dan datar terbesar di medan tertinggi. Pilihlah area yang terlihat dari udara, tapi pastikan ada tempat persembunyian di dekatnya. Apapun teknik sinyal yang digunakan, lo harus tau gimana menggunakannya. Kalau memungkinkan, sebaiknya hindari teknik sinyal yang secara fisik bisa membahayakan lo.

Ada dua cara utama buat mendapatkan perhatian untuk berkomunikasi, yaitu secara visual dan audio. Lo juga harus paham tentang sinyal darurat yang biasa digunakan secara internasional, Superfriends. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Visual Signal

Mengenal Teknik Sinyal Darurat Internasional, Seperti Apa?

Image source: go.kompas.com     

Ada beberapa jenis sinyal visual yang biasa digunakan dalam kondisi tersesat atau survival, antara lain:

Api. Sinyal ini menjadi yang paling umum digunakan saat survival dan jadi sarana visual yang paling efektif untuk membuat sinyal. Lo bisa membuat api di 3 sudut segitiga yang merupakan sinyal bahaya internasional.

Asap. Membuat asap buat mendapat perhatian bisa dilakukan dengan cara membuat tiga lokasi asap sesuai dengan sinyal bahaya internasional. Cobalah untuk membuat asap yang kontras dengan latar belakang.

Cahaya. Saat hari cerah, cermin adalah sinyal terbaik. Kalau nggak ada cermin, gunakan cangkir atau ikat pinggang yang dipoles supaya bisa memantulkan sinar matahari.

Panel VS-17. Lo juga bisa menggunakan Panel VS-17 untuk membuat sinyal di siang hari. Tempatkan sisi orange karena lebih mudah terlihat dari udara dari sisi violet.

Bahan alami. Kalau nggak ada cara lain, lo bisa menggunakan bahan alami seperti batu, ranting, vegetasi, untuk membentuk simbol atau pesan.

Sea Dye Markers. Benda satu ini berguna dalam kondisi survival di air, seperti laut. Menggunakan Sea Dye Markers di siang hari bisa membantu menunjukkan lokasi lo.

Audio Signal

Mengenal Teknik Sinyal Darurat Internasional, Seperti Apa?

Image source: thaiproaz.com

Selain visual, lo juga bisa membuat sinyal dengan teknik suara atau audio. Radio, peluit, dan tembakan bisa jadi metode yang digunakan untuk kasih sinyal kepada tim penyelamat.

Peralatan radio. Ada radio survival AN/PRC-90 yang biasanya jadi bagian dari rompi survival Angkatan Darat. AN/PRC-112 akan menggantikan AN/PRC-90 di mana keduanya bisa mengirimkan nada atau suara.

Peluit. Peluit bakal memberikan cara yang sangat baik buat sinyal. Dalam beberapa kasus, peluit bisa terdengar hingga 1,6 kilometer.

Tembakan. Dalam beberapa situasi, senjata api bisa digunakan untuk membuat sinyal. Melakukan tembakan pada interval yang berbeda biasanya menunjukkan sinyal bahaya. Tapi, kalau di Indonesia, ada peraturan khusus buat kepemilikan senjata api ya, Superfriends.

Pattern Signal

Pattern signal bisa dilakukan dengan menggunakan satu simbol untuk mengeja seluruh pesan. Lo bisa menggunakan lampu atau bendera untuk mengirim SOS – tiga titik, tiga garis, tiga titik, yang udah diakui internasional sebagai simbol darurat.

Lo bisa menggunakan simbol yang punya makna tertentu. Buatlah simbol minimal lebar 1 meter dan panjang 6 meter. Pastikan sinyal kontras dengan latar belakang dan tempatkan pada daerah terbuka.

Nah, itulah beberapa teknik dan jenis sinyal darurat internasional yang mesti lo pahami, Superfriends. Semoga informasinya bisa membantu lo, ya!

 

Source: https://survivalalam.blogspot.com/2017/01/mengenal-teknik-dan-jenis-sinyal.html
In Depth Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
Nice infonya
Bimo Waskito
Nice arti le, thanks
Agus Sungkawa
Informasi yang bermanfaat super friends
Karlina
Nice info
Bahar
Nice info
bahar22
Nice info
Bahar
Mantapppp
bahar22
Mantapppp
bahar22
Mantapppp
bahar22
Nice info