Tentang Sejarah dan Tujuan Mountain Climbing yang Perlu Lo Tahu!

Mountain climbing atau pendakian gunung menjadi aktivitas alam bebas yang punya sejarah dan tujuan mendalam, Superfriends. Pengen tau kayak gimana sejarah dan tujuan mountain climbing? Simak nih ulasannya!

Tentang Sejarah dan Tujuan Mountain Climbing yang Perlu Lo Tahu!

Aktivitas mountain climbing atau mountaineering semakin digemari banyak orang. Padahal, aktivitas ini bisa dibilang merupakan salah satu kegiatan yang ekstrem. Tapi nggak hanya itu, nyatanya ada sejarah dan tujuan yang lebih dalam dari sekadar mendaki gunung, Superfriends.

Lantas, gimana sih sebenarnya sejarah lengkap aktivitas mountain climbing ini? Apa aja tujuan yang harus dicapai dalam aktivitas ini? Berikut ini ulasan selengkapnya.

Pengertian dan Sejarah

Tentang Sejarah dan Tujuan Mountain Climbing yang Perlu Lo Tahu!

Image source: outwardbound.org 

Kalau diartikan, mountain climbing berarti mendaki gunung. Tapi sebenarnya kalau mau mendapatkan pengertian yang lebih ideal, mountain climbing sendiri bisa dibedakan berdasarkan tujuannya, Superfriends.

Sedangkan mountaineering sendiri bisa diartikan sebagai segala aktivitas dan kegiatan dalam upaya mendaki sebuah gunung. Jadi dalam prinsip pengertian sederhana ini, apapun tujuannya, selama itu adalah aktivitas mendaki gunung, maka bisa disebut sebagai mountaineering atau mountain climbing.

Sejarah dunia pendakian gunung sendiri bermula dari pegunungan Alpen pada sekitar tahun 1492 ketika Antoine de Ville dari Prancis mendaki sebuah gunung atas perintah Raja Charles VIII. Berdasarkan kesulitan teknikal yang dihadapinya saat itu, bisa disimpulkan bahwa pendakian Antoine de Ville inilah yang jadi cikal bakal lahirnya aktivitas mountain climbing atau pendakian gunung.

Tujuan Mountain Climbing

Tentang Sejarah dan Tujuan Mountain Climbing yang Perlu Lo Tahu!

Image source: koelblwirt.at

Menurut lo nih, sebenarnya apa sih yang jadi tujuan orang-orang melakukan aktivitas mendaki gunung? Pastinya mereka punya tujuan masing-masing. Tapi berdasarkan tujuan di masa lalu, aktivitas mountain climbing sendiri bisa diklasifikasikan untuk berbagai tujuan paling signifikan. Beberapa tujuan yang paling utama dan paling umum dilakukan adalah:

  • Untuk riset dan ilmu pengetahuan.
  • Untuk kepentingan spiritual.
  • Untuk penegasan kekuasaan.
  • Dan untuk berburu kebutuhan hidup.

Tujuan-tujuan tadi sebenarnya hanya sebagai pengetahuan aja. Karena di masa yang sekarang ini, tujuan paling dominan dari sebuah aktivitas mountain climbing adalah buat olahraga dan rekreasi.

Bagian dari Mountain Climbing

Mountain climbing sendiri semakin berkembang secara lebih luas dan bebas. Hal ini akhirnya menciptakan berbagai jenis kegiatan lainnya yang masih termasuk dalam bagian mountain climbing, misalnya hiking, wall climbing, bouldering, ice climbing, mixed climbing, trekking, bahan juga indoor climbing yang dilakukan di sebuah ruangan.

Nah, jadi bisa disimpulkan kalau mountain climbing merupakan aktivitas olahraga induk dari banyak aktivitas outdoor lainnya.

Perlengkapan Aktivitas Mountain Climbing

Aktivitas satu ini juga dikenal membutuhkan banyak perlengkapan buat penunjangnya. Lo mungkin udah familiar dengan pendakian gunung yang menggunakan tali, pasak tebing, dan lain sebagainya.

Bahkan kalau lo juga sering mengamati pendakian di gunung bersalju, kapak es dan cakar sepatu atau crampon juga menjadi perlengkapan dalam mountain climbing.

Sedangkan para rock climber biasanya menggunakan perlengkapan seperti climbing rope, harness, carabiner, dan banyak hal lainnya buat bisa melewati sebuah tebing yang aman. Sementara dalam hiking, perlengkapan vertikal semacam itu nggak begitu dibutuhkan. Melainkan menggunakan hiking pole atau trekking pole, sepatu hiking, dan berbagai alat hiking lainnya.

Itulah tentang sejarah dan tujuan dari mountain climbing yang perlu lo tahu, Superfriends. Aktivitas mountaineering apa nih yang jadi kesukaan lo?

 

Source: https://akasakaoutdoor.co.id/blogs/aks-journal/ini-catatan-sejarah-tentang-mountain-climbing-yang-seharusnya-kamu-tahu
In Depth Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
Bimo Waskito
Nice info
Karlina
Nice info
Bahar
Nice info
bahar22
Nice info
Sumardiyono
Tanks infonya
Amirul Bahri
Nicee infoo
Karlina
Nice info
bahar22
Nice info
Karlina
Nice info