Pesona Kepulauan Masalembu, Segitiga Bermuda Versi Kearifan Lokal

Kepulauan yang satu ini memang seringkali disebut-sebut sebagai Segitiga Bermuda versi Indonesia karena kerap terjadi kecelakaan besar di sekitarnya, Superfriends. Tapi disamping itu, pesona Masalembu atau Masalembo juga nggak kalah kece dari kepulauan indah lain di Nusantara, lho. Berikut ulasan selengkapnya!

Pesona Kepulauan Masalembu, Segitiga Bermuda Versi Kearifan Lokal

Apa yang ada di benak lo kalau mendengar nama Kepulauan Masalembu atau Masalembo, Superfriends? Yup, pulau ini memang punya letak geografis yang agak unik nih, yaitu berada di antara Pulau Jawa, Kalimantan dan Sulawesi.

Perairan di sekitar Kepulauan Masalembu juga kerap terjadi kecelakaan besar lho, dua diantaranya yaitu terbakarnya KM Tampomas II tahun 1981 dan jatuhnya pesawat Adam Air tahun 2007. Maka nggak heran, kalau pulau yang satu ini populer dengan sebutan Segitiga Bermuda versi kearifan lokal dengan segala mitosnya, Superfriends.

Tapi, terlepas dari segala mitos yang menyertainya, Masalembu ternyata juga menyimpan berbagai keindahan alam dan budaya yang sangat menakjubkan, lho. Sebagai referensi, lo bisa simak lengkap info pesona kepulauan Masalembu yang disebut sebafai Segitiga Bermuda versi kearifan lokal berikut ini!

Terletak di Persimpangan Arus Laut

Pesona Kepulauan Masalembu, Segitiga Bermuda Versi Kearifan Lokal

Image source: kumparan.com  

Kepulauan Masalembu secara administratif terdiri atas tiga pulau utama, yaitu Pulau Masalembu, Pulau Masakambing, dan Pulau Keramaian, Superfriends. Seluruh pulau ini berada di wilayah Kecamatan Masalembu, Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur.

Kepulauan ini juga terletak di wilayah persimpangan Laut Jawa dan Selat Makassar. Yang jarang diketahui adalah kondisi batimetri atau kedalaman bawah laut Segitiga Masalembo di sisi barat lebih landai ketimbang di sisi timur. Bahkan, di sisi timur ada alur kedalaman laut yang lumayan dalam lho, Superfriends.

Punya Penduduk dan Kebudayaan yang Sangat Beragam

Pesona Kepulauan Masalembu, Segitiga Bermuda Versi Kearifan Lokal

Image source: karta.co.id 

Penduduk dan Kebudayaan Kepulauan Masalembu ini sangat beragam lho. Hal ini bisa dilihat dari adanya suku Bugis, Mandar, dan Madura, yang mendiami pulau-pulau di sini, Superfriends. Hebatnya lagi, meski punya bahasa tradisional yang berbeda, ketiga suku ini biasa berkomunikasi menggunakan bahasa Madura.

Buat arsitektur rumah, setiap suku masih mempertahankan kearifan lokalnya, Superfriends. Orang Bugis dan Mandar masih mempertahankan rumah panggung. Begitu juga dengan suku Madura, masih mempertahankan bangunan rumah Taneyan Lanjeng.

Sampai saat ini, kehidupan warga Kepulauan Masalembu tetap hidup serasi dan berdampingan dalam keberagaman, Superfriends!

Punya Pantai yang Menakjubkan

Masalembu juga punya pantai yang sangat mempesona lho, Superfriends. Ada beberapa pantai dengan pesona cantik nan memesona, seperti Pantai Masna, Pantai Masalima, dan Pantai Cemara.

Ketiga spot ini punya air yang jernih dengan warna pantulan birunya langit, dihiasi kepulan awan putih di atasnya, Superfriends. Ada juga pemandangan yang seolah memperlihatkan pantai yang berada di antara dua pulau.

Sehingga, lo bisa menyeberang di kedua pulau itu tanpa perahu, wajar saja karena tinggi air lautnya hanya selutut orang dewasa. Tiap pagi atau sore, biasanya penduduk lokal sering bermain di sana dan nggak segan mengajak para traveler buat bermain bersama, Superfriends!

Tips Traveling di Kepulauan Masalembu

Dilansir laman GNFI, saat ini kapal perintis seperti Sabuk Nusantara 92 sudah bisa berlayar ke sana dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Superfriends. Dengan ongkos cuma sekitar Rp31.500 lo sudah bisa berlayar ke Kepulauan Masalembu.

Tapi, sebaiknya hindari berlibur ke sini saat akhir tahun, Superfriends. Karena, pada saat tersebut perairan Masalembu berpotensi gelombang tinggi dan membahayakan kapal. Perairan Masalembu merupakan pertemuan 3 arus laut, jadi jangan heran kalau sensasi ombaknya berbeda dengan perairan lainnya.

Tercatat dalam data BMKG, masuk ke bulan Juli tinggi gelombang mencapai 3 meter. Jadi, jangan salah pilih tanggal saat traveling ke sini ya, Superfriends!

 

Referensi: https://travel.detik.com/travel-news/d-4802522/cantiknya-masalembu-yang-dijuluki-segitiga-bermuda-indonesia
https://www.idntimes.com/travel/journal/vita-ayu-kusuma-dewi/tips-berlibur-ke-kepulauan-masalembu-c1c2/8
https://www.goodnewsfromindonesia.id/2021/06/01/keindahan-alam-masalembu-pulau-di-segitiga-bermuda-indonesia
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

14 COMMENTS

SHARE
Agung Sutrisno
Pantai yg menakjubkan
Karlina
Nice info
Karlina
Mantappp
Amirul Bahri
Ingat tragedi Tampomas 2
Sumardiyono
Amaziiing
Bahar
Nice info
Syarifur rijal
Informasi
Karlina
Mantapppp
Bahar
Nice info
bahar22
Nice info