Mau Liburan Tapi Kerjaan Numpuk? Begini Tips Biar Tetap Seru!

Pergi liburan saat lagi banyak kerjaan, bukan berarti nggak mungkin, lho. Justru bisa banget, biar liburan lo tetap seru walau kerjaan lagi numpuk, simak tips berikut ini, Superfriends!

Mau Liburan Tapi Kerjaan Numpuk? Begini Tips Biar Tetap Seru!

Terus-terusan kerja sesungguhnya nggak baik buat kesehatan mental, Superfriends. Ada saatnya lo harus melepaskan diri sejenak dari pekerjaan demi kesehatan mental. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Industrial Health menemukan bahwa melepaskan mental dari pekerjaan punya manfaat psikologis yang positif.

Kalau lo lagi merasa stres dan kewalahan sama pekerjaan kantor saat musim liburan, sebaiknya nggak usah dipaksakan buat tetap meluangkan waktu untuk liburan. Lebih baik kasih waktu buat diri sendiri dengan istirahat yang cukup.

Tapi, kalau lo punya waktu buat liburan sambil bawa pekerjaan, lo bisa tetap melakukannya kok. Dan biar liburannya menyenangkan, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

Matikan Notifikasi Ponsel

Mau Liburan Tapi Kerjaan Numpuk? Begini Tips Biar Tetap Seru!

Image source: ios.gadgethacks.com 

Gadget satu ini emang nggak pernah lepas dari tangan penggunanya, betul nggak, Superfriends? Padahal, ponsel sendiri bisa jadi sumber utama stres dan rasa cemas yang nggak perlu. Nah, biar lo fokus bersama keluarga, teman, atau diri sendiri, maka sebaiknya matikan notifikasi ponsel ya.

Meski notifikasi menjadi cara buat dapat informasi tentang pekerjaan, tapi hal ini bisa mengganggu dan menimbulkan stres ketika lo berada di luar kantor. Cobalah untuk menenangkan pikiran dan alihkan ponsel pada mode “Do not disturb” jadi lo bisa menikmati waktu liburan dengan sedikit tenang.

Lupakan Sejenak Pekerjaan

Mau Liburan Tapi Kerjaan Numpuk? Begini Tips Biar Tetap Seru!

Image source: traveltriangle.com      

Stres karena pekerjaan seringkali bikin seseorang lupa sama kehidupannya sendiri. Emang sih pekerjaan itu harus diselesaikan, tapi kalau terus-terusan kerja, nantinya lo malah lupa bikin kenangan indah dengan orang-orang terkasih, Superfriends.

Makanya, salah satu caranya adalah lupakan sejenak pekerjaan selama liburan. Dengan begini, lo bisa melakukan kegiatan dan berinteraksi secara baik dengan orang-orang tanpa ada pikiran yang mengganggu.

Prioritaskan Kehidupan Pribadi

Mau Liburan Tapi Kerjaan Numpuk? Begini Tips Biar Tetap Seru!

Image source: triptrus.com  

Udah bukan rahasia lagi kalau tuntutan pekerjaan juga bisa membuat lo mengabaikan kehidupan pribadi, Superfriends. Nah, bikin daftar tugas pribadi dan profesional secara terpisah emang suatu tantangan, terutama selama musim liburan ketika tenggat waktu kerja bisa mengganggu waktu khusus lo bersama keluarga dan teman.

Maka dari itu, kembalikan waktu lo di musim liburan dengan menjadikan kehidupan pribadi sebagai prioritas nomor satu. Entah itu menghabiskan waktu dengan keluarga, teman-teman, atau dengan aktivitas lainnya.

Tetapkan Tujuan Positif

Dalam hal ini, banyak orang yang gagal mengubah perilaku mereka karena terlalu fokus sama apa yang nggak akan mereka lakukan daripada tindakan yang akan mereka ambil. Maka mulai sekarang, sebaiknya lo fokus sama tindakan yang bakal diambil buat menetapkan tujuan yang positif, Superfriends.

Yakin Semua Bakal Baik-baik Aja

Kadang orang terlalu terjebak dalam pekerjaan sampai mikir semuanya penting. Padahal, kalau ada keadaan darurat, bos lo kemungkinan bakal menelepon atau mengirim pesan teks.

Kalau masalah lo adalah terus-terusan khawatir kehilangan email penting, cobalah untuk nggak memeriksa email dan kerjakan keesokan paginya. Jalani sepanjang hari di akhir pekan tanpa memeriksanya.

Itulah beberapa tips buat yang mau liburan tapi masih ada kerjaan numpuk, supaya liburan lo bisa tetap seru, Superfriends. Jangan memaksakan diri kalau udah capek, coba istirahat sejenak dari pekerjaan yang banyak itu, ya!

 

Source: https://male.co.id/detail/8940/liburan-tetap-menyenangkan-walau-kerjaan-numpuk-men-scope-3
Tips Beginner Extreme solo traveling

4 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
Nice infonya
Karlina
Nice info
Bahar
Nice info
bahar22
Mantapppp