5 Tips Buat Lo yang Mau Jalanin Bisnis Bareng Teman

Menjadikan teman sebagai partner bisnis memang nggak bisa sembarangan, Superfriends. Salah melangkah bisa fatal akibatnya. Biar bisa sukses, berarti lo wajib pahami 5 cara asyik jalani bisnis bareng teman, Superfriends. Yuk, lirik tips lengkapnya berikut ini!

5 Tips Buat Lo yang Mau Jalanin Bisnis Bareng Teman

Membangun bisnis bareng teman yang sefrekuensi memang menyenangkan. Tapi, jangan sampai bisnis yang baru dirintis ini meruntuhkan hubungan pertemanan selama bertahun-tahun ya, Superfriends.

Lamanya pertemanan tentu nggak menjamin bisnis bisa sukses atau bertahan lama. Bisa jadi teman yang selama ini dekat dengan lo cuma cocok buat berteman, bukan rekan bisnis. Maka dari itu, lo wajib memahami 5 cara asyik jalani bisnis bareng teman berikut ini, Superfriends!

1. Bicarakan Urusan Keuangan Pada Awal Berbisnis

5 Tips Buat Lo yang Mau Jalanin Bisnis Bareng Teman

Image source: forbes.com  

Cara asyik jalani bisnis bareng teman yang pertama yaitu bicarakan urusan keuangan pada awal berbisnis, Superfriends. Sebab, urusan keuangan ini bisa dibilang sangatlah sensitif. Maka dari itu, kedepankan keterbukaan dan transparansi, ya!

Catat dengan rinci pengeluaran sekecil apapun, jangan sampai lupa atau menunda karena sibuk mengerjakan hal lain, Superfriends. Karena, hal ini bisa memunculkan masalah di kemudian hari, seperti tuduhan penggelapan uang misalnya.

2. Cocokkan Visi dan Misi

5 Tips Buat Lo yang Mau Jalanin Bisnis Bareng Teman

Image source: photographytalk.com

Selanjutnya, lo juga harus mendiskusikan mau dibawa ke mana bisnis berdua, Superfriends. Apakah murni bisnis atau ada unsur sosialnya. Tujuannya, buat menghindari salah paham yang mungkin terjadi nanti.

Penting banget nih Superfriends, terutama saat bertemu dengan pihak lain buat kolaborasi. Meskipun berteman lama belum tentu cocok visi dan misi dalam berbisnis. Bahkan, ada orang yang bilang kalau mencari partner bisnis yang pas itu kayak cari jodoh, Superfriends.

Lo mungkin pernah dengar berita berakhirnya bisnis yang dibangun bertahun-tahun karena sudah nggak ada kesamaan visi dan misi. Tentunya lo nggak mau bisnis yang dijalani bersama disudahi karena perbedaan visi kan, Superfriends?

3. Bikin Perjanjian Bisnis Secara Gamblang

5 Tips Buat Lo yang Mau Jalanin Bisnis Bareng Teman

Image source: inc.com 

Cara asyik jalani bisnis bareng teman yang selanjutnya yaitu bikin perjanjian bisnis secara gamblang. Pasalnya, lo harus bedakan urusan pertemanan dengan pekerjaan. Susun terlebih dahulu perjanjian kerja sama bisnis ‘hitam di atas putih’ sebelum memulai bisnis bersama, Superfriends.

Sudah banyak kasus bisnis yang gagal dan berujung sengketa karena nggak adanya kesepakatan dalam berbagai hal, seperti mengatur pembagian keuntungan, jabatan, dan juga keputusan kalau terjadi hal-hal yang nggak terduga. Jadi, jangan sampai kejadian sama bisnis lo ya, Superfriends!

4. Buang Ego Masing-Masing

Dua ide pemikiran dari dua pribadi yang berbeda tentu bakal nggak gampan buat disatukan. Oleh karena itu, buanglah jauh ego diri lo sendiri terlebih dahulu agar bisnis yang dijalankan bisa berjalan dengan baik sesuai harapan, Superfriends.

Selalu kedepankan kepentingan bersama demi tercapainya tujuan bisnis. Kalau ide lo dirasa memang kurang baik buat jalannya bisnis, maka turunkanlah ego sejenak dan sikapilah dengan sikap terbaik demi kemajuan bisnis yang lo rintis, Superfriends!

5. Selalu Siap dengan Segala Risiko

Last but not least, cara asyik jalani bisnis bareng teman yang terakhir yaitu selalu siap dengan segala risiko, Superfriends. Lo harus berani buat bertindak dan mengambil keputusan buat menghadapi berbagai kemungkinan yang ada.

Lo bisa pelajari dulu segala konsekuensi yang bisa ditimbulkan dari setiap kebijakan yang lo jalankan bersama partner bisnis lo, Superfriends. Sebab, lo berdua pasti bakal merasakan keuntungan dan tentunya risiko atas kebijakan yang diambil.

Tapi apapun hasilnya, semoga nggak berakhir perselisihan dan putusnya tali silaturahmi ya, Superfriends. Ada tambahan? Sila diskusikan di kolom komen, ya!

 

Referensi: https://koinworks.com/blog/bisnis-bersama-teman/
https://www.trenasia.com/dari-teman-jadi-partner-bisnis-5-kiat-sukses-bisnis-bersama-teman/
Tips Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
bahar22
Nice info
Bahar
Nice info
Karlina
Nice info
Heni Oen
harus jelas hitam diatas putih kalai tdk bisa2 ribut akhirnya
Senuadi Tandun
penting nih buat diketahui
Sumardiyono
Mantaaaap
Hengky  kik
kadang kalau ga di rencanakan secara detail bisa jadi pertemanan jadi renggang
Ricko Pratama Putra
Oley infonya
Sutrisman
Infonya bagus