Teknik Wall Climbing yang Pemula Wajib Tahu

Kegiatan wall climbing emang menguji adrenalin sekaligus ketangkasan lo Superfriends. Tapi untuk ngelakuinnya, lo perlu mempelajari teknik khusus biar nggak ngelakuin kesalahan. Ada beberapa teknik wall climbing yang pemula wajib tahu sebagai berikut.

Teknik Wall Climbing yang Pemula Wajib Tahu

Panjat tebing atau wall climbing kebanyakan sering lo temuin dengan ukuran yang nggak terlalu tinggi. Selain itu, masih menggunakan safety yang lengkap seperti tali pengaman, helm, hingga pelindung dengkul. Sebelum ngelakuin olahraga ini, lo perlu nyiapin fisik, mental, dan peralatan memanjat lengkap karena aktivitasnya cukup berbahaya.

Selain itu, lo juga harus sudah membekali diri dengan teknik dasar untuk melakukan vertical sport. Karena dituntut untuk sigap menghadapi rintangan dan mencegah bahaya. Khususnya bagi pemula di olahraga ini, coba pelajari lagi teknik dasarnya.

Hooking

Teknik Wall Climbing yang Pemula Wajib Tahu

Image source: ukclimbing.com  

Pada umumnya, hooking merupakan gerakan untuk mengangkat kaki untuk membuat beban tangan berkurang. Dalam olahraga wall climbing ada dua teknik hooking, yaitu heel hooks dan toe hooks. Kalau heel hook akan menitikberatkan tumit yang sejajar dengan tubuh bagian atas, tapi toe hooks akan membuat gerakan yang menjaga tubuh tetap seimbang di daerah menjorok.

Face Climbing

Teknik Wall Climbing yang Pemula Wajib Tahu

Image source: thebmc.co.uk

Dimana teknik memanjat permukaan yang masih ada tonjolan atau rongga, biasanya berfungsi untuk pegangan tangan atau pijakan kaki. Nah kalo teknik ini sendiri paling sering dipakai dan lo pasti nggak bakal asing Superfriends. Tapi ada satu hal yang harus lo perhatiin, coba hindari merapatkan tubuh ke dinding karena lo bisa tergelincir.

Slab Climbing

Teknik Wall Climbing yang Pemula Wajib Tahu

Image source: gripped.com  

Diantara teknik wall climbing lain, teknik ini paling sederhana dan mudah untuk diterapkan. Karena hanya mengandalkan gesekan sebagai tumpuan pada permukaan yang kasar. Jangan lupa memakai sepatu dengan sol berkualitas baik, sehingga lo bisa menghasilkan gesekan yang bagus Superfriends.

Chimneying

Lo perlu menerapkan teknik satu ini saat memanjat celah yang vertikal serta berukuran lebar. Dengan cara masukin tubuh lo ke celah yang ada lalu tempelkan punggung ke dinding. Jangan lupa tempelkan salah satu ke dinding, kedua tangan menarik tubuh nai keatas dan menahan berat badan dengan kaki.

Bridging

Teknik satu ini mungkin terlihat menyeramkan karena terlihat bisa jatuh kapan saja. Tapi kalau lo sudah biasa dengan latihan dan memakai pengaman nggak perlu khawatir lagi. Pertama panjat di celah vertikal besar atau yang disebut gullies dengan menggunakan kedua tangan serta kaki.

Hal ini bertujuan untuk memperkokoh pegangan pada celah. Tubuh lo akan dalam posisi terbuka dan kaki menjadi pondasi utama.

Nah itu dia beberapa teknik wall climbing untuk para pemula. Sebenarnya masih ada banyak, tapi teknik diatas sudah wajib lo praktekan.

 

Source: https://akasakaoutdoor.co.id/blogs/aks-tips/teknik-wall-climbing-dasar-untuk-pemula
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

5 COMMENTS

SHARE
Heni Oen
selain sudah tehniknya juga banyak
Agus Sungkawa
Wajib banget untuk pemula
Bahar
Nice info
Agung Sutrisno
Diperlukan teknik dalam memanjat
Sukamto
Mantap abis