Penyebab Utama Seorang Pendaki Gunung Sering Hilang

Superfriends, mungkin lo sering dengar kalo pendaki gunung hilang dan nggak pernah kembali. Hal ini jadi ketakutan tersendiri buat yang hobi naik gunung termasuk lo. Berikut beberapa penyebab utama kenapa kejadian ini bisa terjadi.

Penyebab Utama Seorang Pendaki Gunung Sering Hilang

Mendaki gunung emang punya tantangan tersendiri, apalagi buat lo yang nggak terbiasa. Lo akan menemukan banyak rintangan, mulai dari cuaca ekstrim, perlengkapan yang nggak lengkap, sampai hilang track. Selain itu, ada beberapa ketakutan tersendiri buat yang hobi banget naik gunung. Ada kejadian tragis yang nggak terduga, pendaki jatuh, hilang, bahkan tewas.

Beberapa kejadian ini memang jadi hal yang sudah lama terjadi di kalangan pendaki gunung. Namun kejadian yang setiap harinya terjadi adalah orang hilang. Dibawah ini ada beberapa penyebab utama mengapa seorang pendaki gunung hilang.

Hilang Arah

Penyebab Utama Seorang Pendaki Gunung Sering Hilang

Image source: cotswoldjourneys.com  

Disebut juga sebagai miss orientasi, kebanyakan pendaki hilang saat turun gunung. Karena saat mencapai puncak, lo akan merasa emosional berlebihan dan berlarut-larut dalam euphoria.  Sehingga lo lupa jalan untuk pulang karena nggak tahu persis rute yang lo pake sebelumnya. Belum lagi, stamina tubuh yang nggak fit untuk menghadapi cuaca dan rute ekstrim.

Hal ini akan semakin parah kalau lo pergi tanpa adanya guide. Tapi beda lagi kalau lo punya kemampuan survival yang baik, mungkin peluang lo untuk kembali lebih besar.

Terlalu Percaya Diri

Penyebab Utama Seorang Pendaki Gunung Sering Hilang

Image source: burlingtonfreepress.com

Sifat ini nggak bagus banget untuk seorang pendaki gunung sejati, karena bisa mengantarkan lo pada bahaya di alam bebas. Percaya diri boleh aja kok Superfriends, tapi sesuai porsinya. Orang yang percaya dirinya berlebihan cenderung melakukan tindakan yang nggak make sense. Sehingga bisa membahayakan diri sendiri bahkan orang lain.

Gunung bukan tempat yang tepat buat nunjukin seberapa hebat lo, tapi tau kalo alam mengizinkan lo untuk melihat keindahannya. Seorang pendaki tahu betul bahwa dirinya akan menghadapi bahaya nggak terduga. Jika lo merasakan hal yang sama, pasti akan selalu hati-hati, berpikir, dan berbuat logis selama naik atau turun gunung.

Kurangnya Persiapan

Penyebab Utama Seorang Pendaki Gunung Sering Hilang

Image source: nationalgeographic.com   

Sebelum melakukan pendakian, lo wajib banget memastikan semua persiapan matang. Mulai dari peralatan, perlengkapan, persiapan fisik, mental dan yang nggak kalah penting wawasan. Superfriends tau nggak sih kalau 80% pendaki di Indonesia hilang karena kurangnya persiapan.

Contohnya kasus pendaki Gunung Raung yang hanya bawa sandal jepit, jaket tipis, celana jeans, dan perlengkapan nggak lengkap. Mereka akhirnya ditemukan sudah nggak bernyawa. Nah dari sini lo harus ambil pelajaran berharga.

Nggak Mengetahui Batas

Tiap orang punya batas kemampuan masing-masing, hal ini juga berlaku saat lo naik gunung. Jangan takut kalau lo dibilang lemah Superfriends. Karena penyebab utama hilang di gunung adalah terlalu memaksakan kehendak. Dimana lo merasakan sifat ambisius untuk mencapai puncak padahal sudah melewati ambang kemampuan diri sendiri.

Ada contoh nyata di tahun 1924, dimana George Mallory dan Andrew Irvine yang mempunyai ambisi untuk menaklukan Gunung Everest. Upaya mereka mencapai ketinggian 8.000 meter ini membawa malapetaka sendiri sampai akhirnya mereka hilang.

 

Source: https://akasakaoutdoor.co.id/blogs/aks-journal/seringnya-pendaki-gunung-hilang-ternyata-disebabkan-oleh-7-hal-ini
In Depth Beginner Extreme solo traveling

4 COMMENTS

SHARE
Heni Oen
nah penting nih diketahui pendaki pemula utk tdk asal mendaki
Agus Sungkawa
Superfriends. Karena penyebab utama hilang di gunung adalah terlalu memaksakan kehendak.
DEVI TRI HANDOKO
selalu berhati - hati
Cecep Jajang
Jangan sampai ngalamin nih hialng di hutan