Deretan Diving Spot Terbaik Favorit Wisatawan di Filipina

Diberitakan banyak sampah masker yang mengotori lautan Filipina, ternyata negara ini punya banyak diving spot yang jadi favorit wisatawan, Superfriends. Mau tau di mana aja? Langsung aja simak ulasannya!

Deretan Diving Spot Terbaik Favorit Wisatawan di Filipina

Lautan Filipina baru-baru ini dikabarkan dipenuhi sama sampah masker dan alat pelindung diri sekali pakai, Superfriends. Nggak lain dan nggak bukan, ini semua adalah masalah baru yang terjadi karena pandemi virus Corona yang melanda dunia. Bahkan, para penyelam dari Provinsi Batangas selalu menemukan sampah masker setiap harinya.

Padahal, lautan Filipina ini dikenal sama keindahan biota bawah lautnya. Diving spot yang ada di negara ini pun terbilang cukup banyak. Mau tau diving spot mana aja yang jadi favorit wisatawan? Berikut ini beberapa di antaranya.

Apo Island, Dauin, Negros Occidental

Deretan Diving Spot Terbaik Favorit Wisatawan di Filipina

Image source: guidetothephilippines.ph  

Menjadi salah satu kawasan lindung Filipina yang dirawat dengan baik, Apo Island juga dinobatkan sebagai salah satu dari 100 tempat menyelam terbaik di dunia oleh majalah Sport Diver.

Meski sempat dihantam badai tropis beberapa tahun yang lalu, Apo Island tetap jadi situs penyelaman terbaik bahkan setelah kawasan ini mengalami pemulihan. Di lokasi ini terdapat lebih dari 650 spesies ikan yang terdokumentasi dan lebih dari 400 spesies karang yang bisa dinikmati para diver.

Monad Shoal, Malapascua, Cebu

Deretan Diving Spot Terbaik Favorit Wisatawan di Filipina

Image source: thescubanews.com

Menyelam bersama dengan Hiu Thresher di Malapascua, Cebu, ini menjadi salah satu aktivitas yang wajib dilakukan, Superfriends. Hiu ini nggak berbahaya kok bagi manusia. Selain itu, lo juga bisa bertemu berbagai biota laut yang cantik.

Dan di Malapascua ini adalah satu-satunya tempat di dunia di mana lo bisa melihat Hiu Thresher sepanjang tahun. Di sisi tenggara Pulau Malapascua, yaitu Monad Shoal, juga terdapat banyak ikan wrasse pembersih. Biasanya ikan-ikan ini bakal membersihkan parasit dari tubuh Hiu Thresher, Superfriends.

Anilao, Batangas

Deretan Diving Spot Terbaik Favorit Wisatawan di Filipina

Image source: vigattintourism.com   

Lokasi menyelam satu ini merupakan surga bawah laut terdekat dari Metro Manila. Biasanya butuh waktu sekitar 2,5 sampai 3 jam dengan mobil dari Manila buat mencapai berbagai titik masuk di Anilao, Batangas.

Di sini terdapat puluhan lokasi menyelam yang bisa dipilih berdasarkan selera dan tingkat keahlian menyelam yang berbeda. Dengan kehidupan laut yang kaya dan lanskap bawah laut yang menakjubkan, lokasi ini bisa dinikmati sepanjang tahun, Superfriends.

Tubbataha Reefs Natural Park, Palawan

Di bagian barat daya Puerto Princesa di Palawan, di mana jantung Segitiga Terumbu Karang berada, terdapat ‘permata mahkota’ Filipina yakni Tubbataha Reefs Natural Park. Kata ‘Tubbataha’ sendiri merupakan istilah Samal yang berarti ‘karang panjang yang terbuka saat air surut’.

Dengan lebih dari 600 spesies ikan, 360 spesies karang, 11 spesies hiu, dan 13 spesies lumba-lumba dan paus, Tubbataha lebih dari sekadar sebuah situs menyelam berharga, tapi juga bagian penting dan ekologi bawah laut dunia, Superfriends.

Ticao Pass, Ticao, Masbate

Dikenal juga sebagai ‘Manta Bowl’, perairan Ticao ini menjadi lokasi terbaik buat melihat kawanan pari raksasa. Pemandangan pari raksasa yang melintas di atas kepala penyelam pun udah biasa di lokasi ini, bahkan ada pari raksasa berukuran lebih dari 6 meter juga, lho.

Selain pari, ada ikan raksasa lainnya di sini, yaitu hiu paus. Hiu paus ini juga bisa dilihat berenang dalam perjalanan mereka ke Donsol, yaitu tempat wisatawan snorkeling bareng ikan menakjubkan tersebut.

Itu tadi deretan diving spot terbaik yang bisa dijelajahi di Filipina. Mana lokasi yang jadi pilihan lo, Superfriends?

 

Source: https://www.yuktravel.com/trip-ideas/yuk-intip-10-lokasi-menyelam-tak-terlupakan-di-filipina?id=1006416
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

3 COMMENTS

SHARE
Agung Sutrisno
lautan Filipina ini dikenal sama keindahan biota bawah lautnya
Agus Sungkawa
deretan diving spot terbaik yang bisa dijelajahi di Filipina.
teddy yunanda
indonesia jg ga kalah