Fakta Penting Film 'The Climbers' tentang Mendaki Gunung

Buat lo yang punya hobi mendaki gunung, ada rekomendasi film berjudul The Climbers yang wajib lo tonton. Bagi yang sudah nonton, wajib tahu fakta-fakta penting tentang film tersebut. Temukan jawabannya sebagai berikut Superfriends.

Fakta Penting Film 'The Climbers' tentang Mendaki Gunung

The Climbers dibintangi oleh sang mega bintang yaitu Jackie Chan dan tayang tahun 2019 lalu. Buat lo yang punya hobi mendaki gunung, wajib banget nonton film yang berasal dari Tiongkok ini. Menceritakan tentang tim pendaki gunung yang kehilangan pemimpinnya, tapi berhasil mencapai puncak Gunung Everest.

Sayangnya, pencapaian ini nggak diakui beberapa negara karena tim tersebut nggak punya bukti seperti foto saat berada di puncak. Setelah kejadian tersebut, tim pendaki dibubarkan. Namun mereka tetap ingin membuktikan kepada dunia bahwa mereka adalah pendaki gunung sejati. Ada beberapa fakta penting mengenai film tersebut yang wajib lo ketahui.

Diangkat dari Kisah Nyata

Fakta Penting Film 'The Climbers' tentang Mendaki Gunung

Image source: maactioncinema.com  

Film ini mengangkat sebuah sejarah penting untuk rakyat Cina dan para pendaki menjadi tokoh utama. Pada tahun 1960, Cina mengirim pendaki untuk mencapai puncak gunung yang sama melalui jalur utara (wilayah Tibet). Lalu di tahun 1975, sembilan pendaki China berhasil mencapai puncak.

Nggak hanya itu, pendaki mengukur tinggi Gunung Everest, memasang tonggak triangulasi, dan memasang tangga di Second Step Everest.

Nggak Menyebutkan Nama Everest

Fakta Penting Film 'The Climbers' tentang Mendaki Gunung

Image source: rottentomatoes.com

Kalau lo perhatikan selama film The Climbers, para pemeran tidak pernah menyebutkan Gunung Everest sama sekali. Dan lebih sering menyebutkan Gunung Chomolungma, padahal sebutan ini hanya berlaku untuk orang Tibet saja. Hal ini mempunyai maksud tertentu lho, ternyata orang China ingin mengklaim bahwa Gunung Everest juga milik mereka.

Jalur Utara Everest yang Sulit

Gunung Everest memiliki beberapa jalur untuk mencapai puncak, tapi jalur yang paling sering digunakan adalah bagian selatan atau wilayah Nepal. Seperti yang dilakukan oleh first ascent Gunung Everest, yaitu Edmund Hillary dan Tenzing Norgay. Kemudian setelah mereka berhasil mendaki, rute ini menjadi standar untuk pendaki lain.

Jalur utara Everest memang mempunyai kesulitan, tantangan tersendiri, bahkan jarak tempuh lebih jauh. Di film The Climbers akan menyajikan medan, longsoran, badai, dan tantangan seperti yang dideskripsikan betapa sulitnya jalur utara Everest.

Ada Kaitan dengan Hilangnya George Mallory dan Irvine Andrew

George Mallory dan Irvine Andrew adalah dua pendaki yang pernah mencoba mendaki Gunung Everest di tahun 1922 dan 1924. Sayangnya di tahun 1924, mereka menghilang dan tidak pernah kembali hingga saat ini. Dan keduanya pernah menjadi perdebatan karena ada kabar mereka berhasil mencapai puncak, 29 tahun sebelum pendaki pertama atau first ascent yang asli yaitu Edmund Hillary dan Tenzing Norgay.

Kejadian ini ternyata dikaitkan dengan film The Climbers, pertama pendaki Cina serta George Mallory dan Irvine Andrew memakai rute yang sama. Kedua pendaki Cina berhasil memasang tangga besi di Second Step. Dimana di rute utara, second step adalah tempat penting saat dunia menyaksikan George Mallory dan Irvine Andrew mampu melewatinya.

 

Source: https://akasakaoutdoor.co.id/blogs/sobat-akasaka/5-fakta-penting-film-mendaki-gunung-the-climbers-yang-jarang-diketahui
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
Karlina
Nice info
bahar22
Nice info
Bimo Waskito
Wajib di tonton
Sumardiyono
Tanks infonya
Agus Sungkawa
Di angat dari kisah nyata
Agung Sutrisno
Refrensi buat pecinta pendaki gunung
Cecep Jajang
Filem yang bagus
Bahar
Mantapppp
Hilman rusdiyanto
Kereennn