5 Peralatan Penting Buat yang Mau Berpetualang Pakai Motor

Touring motor memang membutuhkan sejumlah persiapan, Superfriends. Selain persiapan fisik, lo juga wajib memperhatikan kesiapan peralatan buat menunjang petualangan di jalan raya. Kira-kira apa saja 5 peralatan penting yang harus dibawa saat touring motor? Sila simak pembahasan lengkapnya berikut ini!

5 Peralatan Penting Buat yang Mau Berpetualang Pakai Motor

Touring menggunakan motor bisa dibilang kayak menjadi ritual yang wajib dilakukan para bikers buat menjernihkan pikiran akibat rutinitas sehari-hari, Superfriends. Musim liburan atau libur panjang dianggap menjadi waktu terbaik untuk melakukan aktivitas yang semakin digandrungi banyak kalangan ini.

Kondisi motor dan kesehatan fisik memang penting, tapi lo juga wajib mempersiapkan sejumlah peralatan atau equipment penting biar aman dan nyaman di perjalanan. Sebelum tancap gas, mending persiapkan dulu 5 peralatan penting yang harus dibawa saat touring motor berikut ini, Superfriends!

1. Jaket Motor yang Nyaman Dipakai

5 Peralatan Penting Buat yang Mau Berpetualang Pakai Motor

Image source: ultimatemotorcycling.com  

Peralatan penting pertama yang harus dibawa saat touring motor yaitu jaket yang nyaman dipakai, Superfriends. Sebaiknya, pilihlah jaket yang lumayan tebal biar lebih kokoh menahan terpaan angin.

Tapi, pertimbangkan juga kemampuan sirkulasi udaranya ya, Superfriends. Sebab, jaket yang tebal pasti bakal pengap saat lo menggunakannya di cuaca yang panas. 

Seperti yang lo tahu, jalanan di kota besar tentu nggak selalu lancar, terkadang lo harus bersabar ketika dihadapkan dengan kemacetan, Superfriends. Maka dari itu, pilihlah jaket motor yang nyaman saat mau touring motor!

2. Helm Modular Biar Lebih Nyaman

5 Peralatan Penting Buat yang Mau Berpetualang Pakai Motor

Image source: femamotorcycling.euv 

Peralatan penting selanjutnya yang harus dibawa saat touring motor yaitu helm modular biar lebih nyaman. Sekilas, helm full face memang terlihat lebih gahar dan cocok buat touring, tapi sayangnya helm model ini bukannya tanpa kekurangan, Superfriends.

Sadar atau nggak, helm full face dianggap kurang fleksibel buat perjalanan touring. Maka dari itu, sebaiknya gunakanlah helm modular buat mengatasi masalah yang satu ini, Superfriends.

Sebab, lo bisa membuka helm bagian wajahnya secara keseluruhan bak helm model half face. Jadi, desainnya memberikan pengamanan bak helm full face, sementara fungsinya memberi kemudahan layaknya helm half face. Sehingga cocok buat perjalanan touring, Superfriends.

3. Sarung Tangan Berkualitas

Sarung tangan memang banyak jenisnya, tapi buat urusan touring sebaiknya pilihlah yang lebih berkualitas, Superfriends. Sebab, sarung tangan ini bakal lo gunakan sepanjang perjalanan yang bisa memakan waktu sampai berjam-jam lamanya.

Saat menggunakan sarung tangan yang nyaman dipakai, pastinya perjalanan touring yang dilakukan akan lebih menyenangkan. Selain itu pemilihan sarung tangan yang berkualitas pastinya juga akan memberi perlindungan lebih baik terhadap terpaan angin selama touring motor, Superfriends.

4. Knee Pad

Equipment penting selanjutnya yang harus dibawa saat touring motor yaitu ada knee pad, Superfriends. Gunakanlah alat yang satu ini buat antisipasi kalau terjadi hal-hal yang nggak diinginkan, seperti kecelakaan kecil misalnya.

Selain itu, penggunaan knee pad juga bisa melindungi bagian dengkul ketika lo terpaksa harus menikung sampai miring, Superfriends.

5. Box Motor

Terakhir, equipment penting yang harus dibawa saat touring motor selanjutnya yaitu ada box motor, Superfriends. Penting banget nih, apalagi kalau tangki bahan bakar motor lo ada di depan.

Sebenarnya, box motor tersedia dengan berbagai model dan ukuran. Lo tinggal memilihnya sesuai kebutuhan, Superfriends.

Ukuran box yang besar tentu bisa dipertimbangkan karena bisa mengangkut lebih banyak barang-barang. Tapi di sisi lain, ukuran box yang besar mungkin akan sedikit mengurangi kenyamanan berkendara lantaran tak mudah selap-selip. Kalau lo, lebih pilih mana, Superfriends?

Itulah 5 peralatan penting yang harus dibawa saat touring motor. Menurut lo equipment apa yang belum ada dalam daftar di atas? Diskusikan di kolom komentar ya, Superfriends!

 

Referensi: https://review.bukalapak.com/auto/perlengkapan-touring-motor-49548
Gear Beginner Extreme solo traveling

5 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
Tanks, info sgt bermanfaat
Bimo Waskito
Knee pad, sepele padahal penting
teddy yunanda
safety first
Agus Sungkawa
Bawa peralatan penting saat berkendara itu penting
Rull
Kereeen infomya min