Fakta Johan Cruyff Arena, Stadion Megah Venue Euro 2020

Satu lagi Superfriends, salah satu stadion tuan rumah turnamen sepak bola antar negara yang menarik banget buat dikunjungi. Namanya Johan Cruyff Arena yang terletak di ibukota Belanda, Amsterdam. Berikut ulasan selengkapnya!

Fakta Johan Cruyff Arena, Stadion Megah Venue Euro 2020

Sepak bola memang menjadi salah satu olahraga yang sangat populer di dunia, Superfriends. Nggak heran, kalau banyak orang rela memenuhi stadion demi menyaksikan langsung pemain idolanya.

Selain menjadi tempat bermain dan menonton sepak bola, saat ini stadion juga bisa dijadikan destinasi wisata yang cukup menarik, lho. Kegiatan ini seringkali disebut sebagai stadium tour dan lumayan populer belakangan ini, Superfriends.

Johan Cruyff Arena tentu nggak boleh dilewatkan kalau lo mau stadium tour di Belanda. Sebagai referensi, lo bisa simak beberapa informasi terkait stadion megah yang jadi salah satu venue Euro 2020 di Belanda ini, Superfriends!

Berganti Nama Menghormati Legenda

Fakta Johan Cruyff Arena, Stadion Megah Venue Euro 2020

Image source: tellerreport.com  

Johan Cruyff Arena pertama kali dibangun pada tahun 1993 dan selesai tahun 1996 dengan biaya konstruksi mencapai 140 juta Euro atau sekitar 2,4 triliun rupiah saat ini, Superfriends. Stadion ini memang baru saja berganti nama pada tahun 2018.

Awalnya, stadion ini dikenal dengan nama Amsterdam Arena sejak pertama didirikan. Kemudian, namanya diganti sebagai penghormatan kepada legenda sepak bola Ajax dan juga putra daerah Amsterdam, Johan Cruyff yang meninggal dunia di tahun 2016, Superfriends.

Sebenarnya, pengumuman pergantian nama stadion itu diumumkan pada tahun 2017. Tapi, karena adanya masalah administrasi, pergantian nama ini baru disahkan tepatnya pada tahun 2018 silam, Superfriends.

Buat penamaan resmi stadion ini adalah Johan Cruyff Stadium, menggunakan ejaan Belanda dari Johan Cruyff.

Sejarah Johan Cruyff Arena

Fakta Johan Cruyff Arena, Stadion Megah Venue Euro 2020

Image source: johancruijffarena.nl

Johan Cruyff Arena ini adalah markas dari raksasa Belanda, Ajax Amsterdam, Superfriends. Awalnya, Ajax menempati stadion De Meer yang cuma punya kapasitas sekitar 19 ribu penonton, beda jauh dengan Johan Cruyff Arena yang punya kapasitas 55 ribu penonton.

Johan Cruyff Arena juga menjadi stadion yang pertama di Eropa dengan atap menggunakan atap yang bisa dibuka dan ditutup atau retractable roof, Superfriends. Sayangnya, laga pembuka stadion ini menjadi aib tersendiri bagi Ajax, karena mereka dihajar AC Milan dengan skor 3-0.

Menyambut Euro 2020, Johan Cruyff Arena melakukan renovasi. Ada beberapa aspek yang dihadapi terutama untuk penampakan luar stadion dan juga perbaikan sejumlah fasilitas seperti pelebaran jalan biar penonton bisa lebih nyaman mengunjungi stadion ini, Superfriends.

Cara Menuju Johan Cruyff Arena

Fakta Johan Cruyff Arena, Stadion Megah Venue Euro 2020

Image source: nrc.nl

Johan Cruyff Arena berada di taman perkantoran modern di tenggara Amsterdam atau sekitar 10 kilometer dari pusat kota. Stadion ini paling pas dijangkau dengan kereta api atau jaringan kereta metro, Superfriends.

Stasiun kereta api Bijlmer Arena di sebelah stadion dan bisa dicapai sekitar 15 menit dari Stasiun Pusat Amsterdam. Sedangkan, jaringan kereta Metro biasanya bakal memakan waktu sedikit lebih lama dan berhenti di stasiun yang sama serta stasiun Strandvliet/Arena yang terletak di sisi utara stadion, Superfriends.

Stadium Tour Johan Cruyff Arena

Fakta Johan Cruyff Arena, Stadion Megah Venue Euro 2020

Image source: nos.nl         

Johan Cruyff Arena juga punya paket stadium tour lengkap dengan pemandunya juga nih, Superfriends. Biasanya, kegiatan ini mencakup ruang pers, zona campuran, area VIP, sampai ke ruang ganti.

Umumnya, tour berlangsung sekitar 60 hingga 75 menit menggunakan bahasa Inggris dan juga Belanda, Superfriends. Tour berjalan setiap setengah jam sekali pada hari kerja dan setiap 20 menit sekali pada akhir pekan.

Kalau berminat, lo bisa cek website resminya di www.johancruijffarena.nl/en/stadium-tour/. Saat akhir pekan, lo juga bisa mengikuti tur mandiri, yang memungkinkan lo buat menjelajahi rute di sekitar stadion sesuai keinginan lo, Superfriends. Selamat berpetualang!

 

Referensi: https://www.stadiumguide.com/arena/
https://www.bola.net/piala_eropa/profil-stadion-euro-2020-euro-2021-johan-cruyff-arena-f4616b.html
Trending Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
Bahar
Nice info
bahar22
Nice info
Karlina
Nice infox
Sumardiyono
Amaziiing
Senuadi Tandun
stadiumnya megah banget.sayang pademi
Yuantoro arif sabdo
Nice info
Cecep Jajang
Stadium yang keren
Heni Oen
mega banget stadiumnya
Agus Sungkawa
Venue yang sangat megah