Cara Mengatasi Blind Spot Kalau Lagi Trip Pakai Motor

Mengendarai kendaran termasuk motor emang perlu hati-hati. Namun ada satu yang perlu pengendara motor perhatikan, yaitu blind spot atau titik buta. Buat lo yang sering pakai motor kemana-mana, coba atasi dengan cara ini Superfriends.

Cara Mengatasi Blind Spot Kalau Lagi Trip Pakai Motor

Pengendara motor emang punya kelebihan dibandingkan dengan kendaraan besar lain. Mulai dari lebih hemat waktu, lebih efisien saat macet, sampai bisa nyelap-nyelip. Tapi sama seperti pengendara lain, lo harus tetap berhati-hati agar sampai tujuan dengan selamat Superfriends. Jangan lupa memakai helm, jaket, dan membawa kelengkapan surat-surat.

Ada satu hal yang wajib banget diperhatikan oleh pengendara motor khususnya saat menyalip kendaraan lebih besar. Blind spot atau titik buta adalah kondisi motor berada di spot yang enggak terjangkau mata pengendara atau spion kendaraan. Kebanyakan kejadian yang sudah terjadi, motor yang ada di blind spot mengalami kecelakaan. Untuk menghindari kejadian nggak diinginkan ini, coba atasi dengan cara berikut.

Jaga Jarak dengan Kendaraan Lainnya

Cara Mengatasi Blind Spot Kalau Lagi Trip Pakai Motor

Image source: baliprawara.com 

Superfriends pasti sudah nggak asing dengan himbauan untuk menjaga jarak dengan kendaraan lain. Hal ini memang sepele tapi nggak boleh disepelekan lho. Apalagi buat pengendara sepeda motor yang hobi banget menyalip kendaraan didepannya. Lo boleh menyusul kendaraan lain tapi harus menggunakan perhitungan yang baik.

Kalau ragu biasanya lo akan berakhir di blind spot sehingga perlu ekstra hati-hati. Salip kendaraan saat lo udah merasa yakin dan aman.

Tahu Letak Blind Spot dan Prediksi Bahaya

Cara Mengatasi Blind Spot Kalau Lagi Trip Pakai Motor

Image source: roadguardians.org   

Kebanyakan pengendara motor belum tahu letak blind spot dan bahaya apa saja yang bisa terjadi. Padahal ada banyak cara agar lo bisa menghindari risk blind spot, salah satunya dengan mengikuti pelatihan safety riding. Ada satu hal yang perlu lo ingat Superfriends, bahwa setiap kendaraan mempunyai blind spot berbeda.

Ada banyak hal yang mempengaruhinya, antara lain jangkauan kaca spion yang terbatas, desain kendaraan hingga terhalang oleh muatan yang dibawa. Truk jadi salah satu kendaraan yang mempunyai blind spot paling banyak. Nggak heran kalau lo perlu jaga jarak saat bawa motor.

Pertajam Indera Penglihatan dan Pendengaran

Hal ini bertujuan untuk selalu waspada dan fokus terhadap lalu linta jalan raya. Hindari memakai headset saat mengendarai motor, jangan memasang knalpot berisik atau nggak memenuhi standar. Karena kedua hal ini menjadi penyebab utama turunnya konsentrasi selama berkendara.

Kalau sudah nggak konsentrasi dan mulai lelah sebaiknya lo berhenti sebentar serta cari tempat istirahat yang aman Superfriends.

Bunyikan Klakson atau Nyalakan Lampu

Kedua hal ini lo bisa manfaatkan ketika sedang melewati blind spot atau dalam keadaan terpojok. Seperti memberi pemberitahuan pada pengendara lainnya dan meminta untuk diberi jalan. Maka dari itu, penting banget untuk memeriksa klakson dan lampu berfungsi dengan baik Superfriends.

 

Source: https://www.liputan6.com/otomotif/read/4576757/pengendara-motor-wajib-waspadai-bahaya-blind-spot-di-jalan
Tips Beginner Extreme solo traveling

8 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
Mantaaap Infonya
Karlina
Nice info
bahar22
Nice info
Bahar
Mantapppp info
Heni Oen
penting nih bagi yang suka.touring
Senuadi Tandun
selama touring fisik jugabharus ptima
Agus Sungkawa
Tips yang bermanfaat
Rull
Niceeeee bangeeeeeet infonya