Kota Tersembunyi Mrauk U di Myanmar yang Penuh Pesona

Benua Asia punya pesona yang nggak kalah menarik dengan benua lainnya. Seperti negara Myanmar yang punya kota penuh pesona, Mrauk U. Buat lo yang bosan liburan di laut, coba deh liburan ke kota seribu pagoda yang penuh pesona.

Kota Tersembunyi Mrauk U di Myanmar yang Penuh Pesona

Negara Myanmar emang nggak begitu terkenal untuk dijadikan tempat wisata Superfriends. Padahal lo bisa mendapatkan ketenangan jiwa selama disana. Karena terdapat kota kuno di Myanmar yang mempunyai 700 pagoda dan kuil sebagai latar belakang pemandangan. Bernama Mrauk U, ibukota kerajaan paling penting di Myanmar yaitu, Kerajaan Rakhine.

Walaupun Myanmar mempunyai daerah pantai dan laut, kota ini menawarkan tempat wisata darat yang menakjubkan khususnya pada sore hari. Karena lo bisa menyaksikan matahari terbenam dengan jelas di tempat tinggi. Buat lo yang penasaran dan tertarik mengunjungi kota ini, bisa baca informasinya terlebih dulu seperti dibawah ini.

Awalnya Punya Ribuan Kuil

Kota Tersembunyi Mrauk U di Myanmar yang Penuh Pesona

Image source: https://www.whereandwhen.net/

Sejak didirikan oleh Raja Min Saw Mon di tahun 1433, kota ini mempunyai ribuan kuil. Bahkan kabarnya mencapai lebih dari 6.000 kuil. Nggak hanya itu, masing-masing kuil punya desain yang berbeda. Namun sekarang hanya menyisakan 700 kuil saja.

Hal ini disebabkan oleh cuaca panas karena Myanmar sendiri beriklim tropis. Lalu runtuhnya Kerajaan Rakhine yang membuat destinasinya jatuh.

Daya Tarik yang Unik

Kota Tersembunyi Mrauk U di Myanmar yang Penuh Pesona

Image source: https://youimg1.tripcdn.com/ 

Mrauk U mempunyai daya tarik utama yaitu, kuil Buddha indah yang sebagian besar terbuat dari batu dan jaringan pertahanan militer kuat seperti benteng. Pemandangan saat fajar dan petang di kota ini bakal membuat lo jatuh cinta Superfriends. Apalagi kalau bisa melihatnya dari ketinggian. Selain itu, lo bisa mengunjungi labirin Sittaung Temple yang punya 80.000 gambar Buddha.

Perlahan Terlupakan Wisatawan

Kota Tersembunyi Mrauk U di Myanmar yang Penuh Pesona

Image source: https://dnqtravel.com/

Karena kawasan ini nggak punya bandara, wisatawan jadi kesulitan untuk menuju kota Mrauk U. Sehingga saat ini kondisi kota seperti desa yang sepi tanpa pengunjung. Tapi kalau lo bersikeras mau melihat pesona pagoda bisa lewat jalur laut dari Sittwe. Untuk jadwalnya, setiap pagi dibuka tepat jam tujuh pagi waktu setempat dan memakan waktu tujuh hingga delapan jam.

Perpaduan Dua Agama

Walaupun kesan agama Buddha sangat kental di kota ini, karena memiliki banyak kuil. Ternyata Mrauk U merupakan perpaduan antara agama Buddha dan Islam. Kerajaan ini membentang lebih dari 600 kilometer di sepanjang daratan pantai dan rawa yang berbatasan dengan Teluk Benggala.

Mempunyai mayoritas masyarakat Muslim dan Buddhis yang bekerja berdampingan di istana serta birokrasi. Ada pula yang menjadi pedagang barang seperti rempah, belerang, besi, hingga tembakau. Mrauk U juga tempat cocok buat lo yang hobi fotografi, dengan pesona alam dan lapisan masyarakatnya.

 

Source: https://male.co.id/detail/334/mrauk-u-pesona-seribu-pagoda-myanmar-yang-terlupakan-men-scope-3
Urban Places Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
Sutrisman
Info nya bagus
Heni Oen
pesona myamar yang tersembunyi
Agus Sungkawa
Pesona alamnya yang menawan
Sumardiyono
Nice infonya
Agung Sutrisno
tempat wisata darat yang menakjubkan
Bahar
Mantapppp
bahar22
Nice info
Bahar
Nice info
Ivan harnawan
Cocok buat destinasi liburan
arief
woww mantappp