Hanya Mekar 12 Tahun Sekali, Kenali Bunga Langka Neelakurinji

Keindahan alam memang nggak ada habisnya kalau dinikmati. Bahkan ada keindahan yang jarang banget bisa lo temuin tiap hari. Salah satunya bunga langka yang mekar hanya 12 tahun sekali, neelakurinji. Seperti bentuk bunganya? Simak informasinya sebagai berikut.

Hanya Mekar 12 Tahun Sekali, Kenali Bunga Langka Neelakurinji

Bukit Anamalai di Kawasan Munnar, Kerala, India tiba-tiba berubah menjadi warna ungu di awal tahun 2021. Fenomena ini terjadi hanya 12 tahun sekali dan menjadi pusat perhatian warga negara India bahkan dunia. Sehingga menjadi sumber penghasilan musiman untuk warga sekitar.

Padang bunga ini tumbuh di lahan seluas 3.000 hektar di ketinggian 2.400 meter di atas permukaan laut. Cuaca yang dingin jadi faktor utama bunga bisa mekar. Namun, bunga jenis neelakurinji ternyata memiliki 450 jenis di seluruh dunia. Nggak hanya itu ada beberapa fakta lain mengenai bunga ini seperti berikut.

Diprediksi Mekar Kembali Tahun 2030

Hanya Mekar 12 Tahun Sekali, Kenali Bunga Langka Neelakurinji

Image source: https://qz.com/india/ 

India memiliki 146 spesies bunga neelakurinji, khususnya Kerala yang terdapat 43 spesies. Bunga neelakurinji terakhir mekar tahun 2018 di Bukit Anamalai. Lalu diprediksi akan mekar kembali di tahun 2030. Hal ini tergantung dari cuaca dan perubahan yang terjadi di kawasan tersebut. Bahkan suku adat setempat menghitung mundur dari waktu mekarnya bunga.

Bunga ini akan mekar secara bersamaan dan tumbuh di kawasan yang dilindungi. Jadi perbukitan akan seperti terselimuti hamparan bunga warna biru kemudian ungu di akhir musim. Biasanya tumbuh pada bulan Agustus hingga Oktober selama 12 tahun sekali.

Pernah Gagal Mekar Karena Hujan dan Banjir

Hanya Mekar 12 Tahun Sekali, Kenali Bunga Langka Neelakurinji

Image source: https://www.beontheroad.com/

Seperti yang telah dikatakan diatas, mekarnya bunga neelakurinji dipengaruhi oleh cuaca. Dan hal ini pernah terjadi di tahun 2018, dimana Kerala dilanda banjir besar hingga menewaskan 483 orang dan 10.000 kilometer jalan rusak. Padahal bunga ini butuh 10 hari sinar matahari secara terus menerus untuk mekar.

Sehingga bunganya nggak mekar selama sebulan penuh dan sudah ada banyak wisatawan yang sudah menunggu. Bunga baru mekar pada bulan September, selain itu di beberapa tempat banyak semak neelakurinji yang terbawa hujan.

Terdapat Madu Langka

Selain mekarnya yang langka, ternyata bunga neelakurinji juga menghasilkan madu yang langka juga. Disebut sebagai kurinjithen, madu yang memiliki rasa manis, penuh gizi, dan punya nilai obat yang tinggi. Nggak seperti madu lain pada umumnya, madu ini memiliki warna transparan dan agak kehijauan kekuningan.

Madu yang disebut juga sebagai emas cair karena berharga, langsung dipanen oleh suku asli Paliyan. Buat lo yang tertarik dan ingin beli madu ini bisa menyimpannya sampai 15 tahun lho.

 

Source: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210126170901-269-598650/neelakurinji-bunga-langka-yang-mekar-12-tahun-sekali
https://www.idntimes.com/science/discovery/eka-amira/fakta-bunga-neelakurinji-c1c2/5
Trending Beginner Extreme solo traveling

15 COMMENTS

SHARE
Rahayu kuat
Sangat bermanfaat
DEVI TRI HANDOKO
cantik dan langka
teddy yunanda
lebih lama dari bunga raflesia
Agung Sutrisno
Yg bikin enak.indonya luarbiasa
Agung Sutrisno
Keindahan alam memang nggak ada habisnya
Hengky  kik
baru tau , terima kasih sdah share
SRI YAYA ASTUTI
indah dan cantik
Senuadi Tandun
ini mah butuh dianadikan 12 thn sekali
Sumardiyono
Wow Amaziing
Bimo Waskito
Nice info