Bukan Sungai, Arung Gelombang Justru Dilakukan di Laut

Kalau arung jeram biasanya dilakukan untuk mengarungi jeram, lalu arung gelombang dilakukan di mana ya? Bukan sungai, aktivitas ini justru dilakukan di laut, Superfriends. Kayak gimana serunya aktivitas arung gelombang? Berikut ini ulasannya!

Bukan Sungai, Arung Gelombang Justru Dilakukan di Laut

Pasti lo semua udah tau kan sama olahraga ekstrem arung jeram? Sering disebut juga rafting, olahraga satu ini mengharuskan lo untuk mengarungi jeram-jeram sungai yang menantang. Kegiatan ini dilakukan menggunakan perlengkapan seperti perahu karet, dayung, dan pakaian keamanan lengkap (pelampung, helm pelindung). Untuk itu, buat melakukan olahraga ini lo butuh keterampilan dan kekuatan fisik.

Arung jeram ini pun jadi salah satu kegiatan outdoor rekreasi yang cukup menyenangkan sekaligus menegangkan. Lo sendiri udah pernah mencobanya belum, Superfriends?

Nah, nggak hanya arung jeram. Nyatanya masih ada olahraga air sejenis ini, lho. Tapi bedanya, olahraga air satu ini nggak dilakukan di sungai, melainkan di laut dengan ombak yang cukup besar, Superfriends. Bernama arung gelombang, kegiatan ini juga cukup menegangkan sekaligus menyenangkan.

Mengenal Arung Gelombang

Bukan Sungai, Arung Gelombang Justru Dilakukan di Laut

Image source: https://jaswitajabar.co.id/ 

Berbeda dari arung jeram, perbedaan keduanya terletak di lokasi dan sensasinya, Superfriends. Arung gelombang ini nggak dilakukan buat menaklukkan jeram-jeram sungai, melainkan menaklukkan ombak di lautan!

Meski begitu, ternyata arung gelombang yang dilakukan di laut ini jauh lebih aman dibandingkan arung jeram yang dilakukan di sungai. Tapi, arung gelomban konon jauh lebih menguras tenaga dibanding arung jeram, Superfriends.

Cara Bermain Arung Gelombang

Bukan Sungai, Arung Gelombang Justru Dilakukan di Laut

Image source: https://www.pexels.com/id-id/@bijay-tamang-228837

Dalam melakukan olahraga ini, diperlukan fokus dan kerja sama tim supaya seluruh permainan ini bisa terkendali dengan baik. Posisi tubuh setiap anggota tim pun harus senyaman mungkin, dan ketika mendayung harus sesuai dengan instruksi yang diberikan. Yang terpenting, lo harus tetap tenang supaya perahunya nggak terguling.

Nah, tingkat keberhasilan dari arung gelombang sendiri ditentukan dari berhasil atau enggaknya perahu karet melewati ombak yang besar tersebut. Kalau perahu lo balik lagi ke bibir pantai, itu tandanya lo dan tim udah gagal dalam menaklukkan ombak, Superfriends.

Hal inilah yang membuat olahraga ekstrem satu ini jadi lebih menantang, menegangkan, tapi juga menyenangkan. Lo dan tim bisa melakukan aktivitas ini selama gelombang laut masih besar dan tinggi. Kalau gelombang udah sampai di titik tenang, titik di mana ombaknya udah nggak terlalu besar lagi, lo tinggal bersantai dengan berenang di laut sambil relaksasi.

Bisa Dilakukan di Pantai Pelabuhan Ratu, Sukabumi

Kalau lo lagi main-main ke Pantai Pelabuhan Ratu di Sukabumi, lo bisa nih cobain aktivitas arung gelombang ini, Superfriends. Pantai Pelabuhan Ratu yang dikenal dengan ombaknya yang besar ini seakan cocok dijadikan lokasi arung gelombang yang menantang ini.

Namun arung gelombang nggak cuma bisa dilakukan di Pantai Selatan aja, tapi juga bisa dilakukan di seluruh bibir pantai yang emang punya gelombang yang tinggi. Yang terpenting, peralatan utama seperti perahu karet dan dayung sebagai alat penggerak utama, harus wajib ada buat melakukan aktivitas ini.

Itulah tadi tentang olahraga air menantang arung gelombang, yang punya kesamaan seperti arung jeram hanya bedanya aktivitas ini dilakukan di laut. Gimana, lo tertarik buat mencoba arung gelombang dengan menaklukkan ombak besar, Superfriends?

 

Source: https://www.trans7.co.id/seven-updates/cara-seru-menikmati-pantai-selatan
In Depth Beginner Extreme solo traveling

4 COMMENTS

SHARE
Karlina
Nice info
Bahar
Nice info
bahar22
Nice info
Agus Sungkawa
Ada juga Arung gelombang.. Mantap