Mau Coba Camping ala Pemanjat Tebing? Begini Nih Caranya!

Gimana jadinya kalau aktivitas panjat tebing digabungkan sama camping, Superfriends? Kebayang dong gimana ekstremnya? Kalau lo mau coba, begini nih caranya! Langsung aja cek ulasan berikut ini, yuk!

Mau Coba Camping ala Pemanjat Tebing? Begini Nih Caranya!

Panjat tebing dikenal sebagai salah satu olahraga ekstrem yang butuh skill khusus buat melakoninya. Tentu aja, jalur panjat tebing yang biasanya tinggi dan juga ekstrem tersebut harus diselesaikan sama seorang pemanjat. Tapi, gimana jadinya kalau seorang pemanjat tebing harus bertahan hidup di tengah jalur panjat yang tinggi ya, Superfriends?

Buat menyelesaikan jalur panjat tebing yang sangat tinggi, biasanya pemanjat bakal menggunakan satu dari dua sistem panjat yaitu Alpine strategi atau Himalaya taktik, ini biasa dipakai kalau jalur tebingnya sangat tinggi dan memakan waktu berhari-hari buat sampai puncak.

Bedanya, pada Alpine strategi pemanjat yang udah naik nggak bakal turun ke bawah buat istirahat, kegiatan seperti makan dan lain-lain bakal dilakukan di tengah jalur pemanjatan. Sedangkan, pada Himalaya strategi pemanjat bakal turun ke bawah buat melakukan aktivitas lainnya.

Nah, itulah kenapa ada pemanjat tebing yang bakal camping di atas tebing, Superfriends. Kira-kira gimana sih caranya kalau mau camping ala pemanjat tebing ini? Berikut ini cara yang mesti dilakukan.

Persiapan Peralatan Utama

Mau Coba Camping ala Pemanjat Tebing? Begini Nih Caranya!

Image source: https://ich-liebe-berge.ch/news-arcteryx-rolling-duffels/ 

Sebelum melakukan aktivitas camping di atas tebing, tentunya harus mempersiapkan berbagai peralatan, seperti tenda. Tenda yang biasa dipakai di tebing ini biasa disebut Portaledge, tenda ini emang dirancang khusus buat pemanjat yang bakal menghabiskan waktu berhari-hari di tebing.

Ada beberapa mekanisme yang mesti diperhatikan sebelum memasang tenda, yaitu pastikan di serpihan atas tenda nggak ada potensi ancaman seperti batuan yang rentan lepas atau jatuh mengarah ke tenda, pemasangan anchor berlapis, dan terpisah antara anchor buat tenda dan badan si pemanjat.

Memasak dan Makan

Mau Coba Camping ala Pemanjat Tebing? Begini Nih Caranya!

Image source: https://climbalaska.org/wp-content/uploads/2016/11/Burr_Andrewcooking.jpg

Seperti halnya camping di gunung atau hutan, lo juga bakal melakukan beberapa aktivitas yang biasa dilakukan seperti memasak, makan, tidur, buang air, dan lain-lain. Itu semua dilakukan di dalam tenda yang terpasang di tebing tentunya.

Nah, untuk kegiatan memasak sendiri, biasanya pemanjat bakal menggunakan kompor portable yang ringkas. Makanan yang disiapkan pun juga yang gampang, seperti makanan kaleng. Yang bikin beda dan menarik, saat memasak nesting bakal selalu dikaitkan dengan carabiner biar nggak tumpah dan tetap stabil.

Buang Air Kecil dan BAB

Kalau mau buang air kecil, yang harus diperhatikan adalah jangan dilakukan di jalur panjat, lo harus berjalan beberapa meter dari jalur dan sanggup membuangnya ke bawah. Sementara kalau mau BAB, biasanya pemanjat bisa sanggup menahannya sampai tiga hari, tapi kalau udah kebelet dan terdesak, ada kantong plastik yang emang udah dipersiapkan sebelumnya, Superfriends.

Istirahat dan Tidur

Buat sekadar istirahat, lo bisa melakukannya di portaledge, dan kalau cuaca lagi cerah maka bisa dilakukan tanpa memasang kain epilog (cover). Dalam posisi ini, lo bisa menikmati pemandangan yang indah dari ketinggian, Superfriends.

Dan buat tidur, lo harus memasang kain pelindung (cover) portaledge supaya terlindung dan bisa tidur dengan nyaman. Sementara, kalau mau menghemat ruang peralatan panjat, biasanya stok makanan bakal digantung di luar portaledge, Superfriends.

Nah, itulah caranya camping ala pemanjat tebing yang ekstrem tapi juga bakal ngasih lo pengalaman nggak terlupakan, Superfriends. Di Indonesia sendiri banyak kok lokasi tebing yang cocok buat cobain camping ala pemanjat tebing ini, mulai dari Tebing Citatah 125 Bandung, Lembah Harau di Sumatra Barat, dan masih banyak lagi. Berani coba?

 

Source: https://www.travellinkinfo.com/2019/09/camping-ala-pemanjat-tebing.html
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

8 COMMENTS

SHARE
teddy yunanda
Bawa Toilet sendiri
Sumardiyono
Amaziing
bahar22
Nice info
Bahar
Nice info
Karlina
Mantappppp
Agus Sungkawa
Caranya yang extrem
Shutter
nice info...
Agung Sutrisno
Menggunakan strategi khusu buat pemanjat