Jangan Sampai Buntung, Ini Tips Kalau Mau Mulai Bisnis Franchise

Akhir-akhir ini ada banyak banget bisnis franchise, mulai dari nama yang sudah besar bahkan kecil. Sehingga modal yang dibutuhkan juga bermacam-macam. Buat lo yang punya minat buka franchise, ada baiknya simak dulu tips ini terlebih dulu.

Jangan Sampai Buntung, Ini Tips Kalau Mau Mulai Bisnis Franchise

Di Indonesia franchise lebih sering didengar dengan sebutan waralaba. Bisnis ini datang dari berbagai bidang, mulai dari makanan, produk, sampai layanan jasa. Franchise sering dianggap sebagai patungan antara pemilik bisnis dengan penerima franchise. Karena setiap laba yang lo dapet akan dibagi lagi sesuai dengan persetujuan.

Ada banyak kelebihan saat lo membuka bisnis franchise, salah satunya nggak perlu branding awal agar bisa dikenal banyak orang. Lo hanya perlu mengembangkan bisnis agar sesuai dengan sistem yang sudah ada. Franchise ada dua jenis, ada yang dari luar negeri seperti Mcdonald's hingga KFC dan ada yang dari dalam negeri.

Sebelum lo membuka bisnis franchise, ada baiknya untuk menyimak dulu tips-tips ini.

Perhatikan SOP Secara Detail

Jangan Sampai Buntung, Ini Tips Kalau Mau Mulai Bisnis Franchise

Image source: https://manajemenkeuangan.net/ 

Setelah tau apa saja kebijakan antara lo dan pemilik bisnis franchise. Lo juga perlu memperhatikan Standar Operasional Prosedur (SOP) kepada semua karyawan. Berguna untuk acuan dan pedoman dalam menjalankan tanggung jawabnya masing-masing. Sebenarnya tiap franchise sudah punya SOP yang berlaku tapi lo bisa tambahin secara detail.

Dengan adanya hal ini, franchise lo akan punya standar tinggi dan pembeli bisa percaya dengan kualitas yang ada. Tapi jangan sampai SOP yang lo buat terlihat sulit dan nggak gampang untuk diikuti. Karena pegawai jadi lebih mudah diatur.

Bedakan dengan Cabang Franchise Lain

Jangan Sampai Buntung, Ini Tips Kalau Mau Mulai Bisnis Franchise

Image source: https://review.bukalapak.com/

Untuk menjaga kualitas tetap terjaga, sebaiknya lo memberikan pelatihan secara berkala ke pegawai. Karena walaupun brandnya sama, kualitas bisa saja berbeda. Misalnya franchise makanan, lo pasti pernah nemuin rasa makanan di toko satu sama yang lain beda. Sebagai pelanggan, lo pasti akan pilih toko yang punya rasa makanan enak.

Penting buat para pengusaha untuk memiliki standar kualitas dari bahan produksi, produksi dan layanan, peralatan dapur, sampai seragam pegawai. Walaupun kelihatannya sepele, pelanggan akan memperhatikan Superfriends.

Catatan Keuangan

Tiap orang yang memiliki usaha termasuk franchise, pasti membuat catatan keuangan. Hal ini kan mempermudah pemilik melihat catatan pengeluaran, pemasukan, hingga kerugian yang dialami. Pembuatannya bisa manual atau melalui sistem, jangan lupa lakukan secara rutin.

Jangan menganggap bisnis franchise lo masih kecil, karena pencatatan bisa melihat perkembangan bisnis dari waktu ke waktu. Selain itu, bisa menilai barang mana yang paling best seller dan barang mana yang membuat rugi. Jadi jangan sampai franchise lo nggak punya catatan keuangan.

 

Source: https://hot.liputan6.com/read/4585116/franchise-adalah-hak-hak-untuk-menjual-produk-jasa-dan-layanan-ini-tips-menjalankannya
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
SRI YAYA ASTUTI
catatan keuangan
Hengky  kik
info yang sangat bermanfaat
Karlina
Nice info
bahar22
Nice info
Sumardiyono
Tanks bgt infonya
Agus Sungkawa
Tips yang bermanfaat
Moch Tommy M
Tips yang sangat bermanfaat
Mulyanto
Nice info min
Agung Sutrisno
Paling pnting buat catatan keuangan
Rull
Nice infooo mimin cakeep