Tips Memperkuat Sinyal Ponsel Saat Traveling Ke Hidden Gems

Sekaratnya sinyal ponsel memang menjadi salah satu risiko saat traveling ke tempat indah yang terpencil, Superfriends. Maka dari itu, lo harus paham sejumlah tips memperkuat sinyal ponsel saat traveling ke hidden gems. Berikut tips selengkapnya!

Tips Memperkuat Sinyal Ponsel Saat Traveling Ke Hidden Gems

Udara yang segar tanpa hingar bingar memang menjadi suasana yang ditawarkan destinasi wisata terpencil. Tapi, buat mencapai tempat-tempat kayak gini lo juga butuh perjuangan yang berat tentunya.

Sinyal ponsel yang langka sehingga menyulitkan komunikasi salah satunya. Nah, buat mengatasi tantangan tersebut, lo bisa simak tips memperkuat sinyal ponsel saat traveling ke hidden gems berikut ini, Superfriends!

Aktifkan Airplane Mode Sesaat Buat Refresh Koneksi

Tips Memperkuat Sinyal Ponsel Saat Traveling Ke Hidden Gems

Image source: https://www.liputan6.com/ 

Kebanyakan Smartphone punya fitur berupa airplane mode yang awalnya berguna buat menghilangkan sinyal secara praktis saat naik pesawat, Superfriends. Seiring berjalannya waktu, ternyata tools ini juga bisa digunakan buat menguatkan sinyal ponsel, lho.

Caranya juga praktis banget, lo tinggal aktifkan mode pesawat sekitar 3 menit, Superfriends. Setelah itu, non-aktifkan lagi mode pesawat dan penerima sinyal di ponsel lo bakal mencari lagi koneksi dengan kondisi yang lebih baik.

Cari Spot Terbuka yang Strategis

Salah satu kemungkinan lemahnya sinyal ponsel yaitu karena berada di dalam ruangan yang nggak mampu menangkap sinyal dari provider yang lo gunakan, Superfriends. Maka dari itu, lo harus mencari spot terbuka yang strategis biar bisa memperkuat sinyal ponsel saat traveling ke hidden gems.

Kalau lagi berada di dalam rumah, lo bisa berpindah ke ruangan terbuka atau mendekati posisi pintu dan jendela biar sinyal lebih kuat. Kalau masih belum mendapatkan sinyal yang bagus, lo bisa pindah ke lokasi yang lebih strategis lagi, seperti jalan raya, lapangan atau tempat yang lebih mudah dijangkau sinyal, Superfriends.

Pilih Prioritas dan Kunci Koneksi

Biasanya, pada smartphone saat ini ada Preferred Network Type yang bisa diatur. Pengaturan ini tujuannya buat memilih prioritas dan mengunci koneksi yang bakal digunakan, Superfriends.

Saat ini ada beberapa opsi sinyal yang bisa dipilih, yaitu 2G, 3G, 4G, dan yang paling baru 5G. Memilih tipe koneksi ini punya fungsi yang sama sebagai pengunci sinyal. Pilih salah satu agar koneksi bisa lebih stabil. 

Pilihlah jaringan 5G atau 4G buat kecepatan internet yang lebih bagus. Kalau lo nggak mendapat kecepatan yang diinginkan dengan koneksi 4G ini, turunkan menjadi 2G atau 3G. Kecepatan akses internet memang bakal menurun, tapi baterai ponsel lo bisa menjadi lebih awet, Superfriends.

Jauhkan dari Alat Elektronik Lain

Salah satu penyebab lain sinyal HP lemah adalah jarak ponsel lo berdekatan dengan alat elektronik lain. Ada baiknya menjauhkan gawai lo buat menghindari bentrokan radiasi dan juga rebutan sinyal, Superfriends.

Kalau masih belum memberikan efek, cobalah restart ponsel lo terlebih dahulu. Trik ini biasanya cukup efektif untuk mengatasi kendala ini.

Atur Jaringan Agar Berjalan Maksimal

Lemahnya sinyal ponsel disebabkan oleh beberapa hal seperti pengaturan jaringan yang nggak tepat di ponsel yang lo gunakan, APN belum tercantum atau tipe jaringan nggak pas dengan lokasi sekarang. Cek kembali pengaturan gadget lo.

Caranya juga gampang banget, lo tinggal buka setting, lalu pilih SIM Cards & Mobile Networks, terus pilih provider yang lo gunakan buat mendapatkan koneksi dan sinyal yang lebih kuat, Superfriends.

So, itulah beberapa tips memperkuat sinyal ponsel saat traveling ke hidden gems. Selamat mencoba, Superfriends!

 

Referensi: https://droidif.com/6-cara-memperkuat-sinyal-ponsel-termasuk-di-daerah-terpencil/
Tips Beginner Extreme solo traveling

6 COMMENTS

SHARE
Sumardiyono
Nice infonya
SRI YAYA ASTUTI
Pilih Prioritas dan Kunci Koneksi
Bimo Waskito
Good article
Heni Oen
next boleh dicoba nih
Agung Sutrisno
Nice tips bisa dipraktekkan saat travelling low signal
Sutrisman
Infonya bagus