Perhatikan Hal Ini Sebelum Memulai Bisnis Open Trip!

Bisnis open trip memang cocok banget buat lo yang hobi traveling, Superfriends. Tapi, jangan asal mulai tanpa persiapan, karena ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mulai bisnis open trip. Penasaran kan, apa saja hal tersebut? Sila simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Perhatikan Hal Ini Sebelum Memulai Bisnis Open Trip!

Jalan-jalan, mengunjungi berbagai destinasi yang menakjubkan dan mengenal banyak orang baru memang menjadi beberapa contoh keuntungan yang bisa lo dapatkan dari bisnis open trip. Yup, bisnis yang satu ini memang cocok banget buat lo yang punya DNA petualang, Superfriends.

Bahkan, sudah banyak pebisnis yang sudah sukses di bidang ini berawal dari hobinya sebagai traveler, lho. Tapi sebelum mulai, perhatikan dulu beberapa hal ini sebelum mulai bisnis open trip ya, Superfriends!

Perluas Wawasan Traveling

Perhatikan Hal Ini Sebelum Memulai Bisnis Open Trip!

Image source: https://www.triptrus.com/ 

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum mulai bisnis open trip yaitu perluas lagi wawasan traveling lo, Superfriends. Mungkin lo merasa sudah paham banget seluk-beluk dunia traveling, tapi pasti bakal lebih baik lagi kalau lo terus pelajari hal-hal yang masih kurang dipahami.

Misalnya, kalau lo sudah sering mendaki dan paham banget tentang gunung, lo bisa mulai eksplor daerah pesisir pantai. Pelajari, hal menarik apa saja yang ada dan bisa dimainkan di tempat baru tersebut.

Dengan begini, lo jadi punya lebih banyak daftar destinasi yang bisa “dijual” kepada masyarakat luas biar semakin banyak juga yang tertarik buat menggunakan bisnis open trip yang lo jalankan, Superfriends.

Bentuk Tim yang Kompak

Bisnis yang satu ini memang sangat membutuhkan kekompakan tim, Superfriends. Maka dari itu, lo harus membentuk tim yang kompak biar setiap pelaksanaan open trip bisa lancar dan memuaskan para peserta.

Sekali jalan, tim yang dibutuhkan biasanya bervariasi jumlahnya, tergantung dari berapa peserta yang lo bawa pada saat itu, Superfriends. Bukan cuma sebagai tour leader, ada juga yang harus mempersiapkan rangkaian perjalanan dan berbagai kegiatan dalam satu itinerary yang bakal digunakan sebagai panduan perjalanan.

Oleh karena itu, sebaiknya temukan orang-orang tepat untuk membentuk tim yang kompak sebelum menjalankan bisnis open trip. Lo bisa mengajak travelmates lo atau orang-orang yang sudah punya pengalaman dalam mengorganisir travel, Superfriends.

Perluas Jaringan

Hal yang harus diperhatikan sebelum mulai bisnis open trip selanjutnya yaitu perluas jaringan. Sehabis melakukan riset destinasi yang pengin dituju, sebaiknya kumpulkan beberapa data yang bakal memudahkan bisnis open trip lo, Superfriends.

Mulai dari tempat penginapan, moda transportasi, restoran, sampai spot pusat oleh-oleh bisa lo rangkul erat biar bisa sama-sama menghasilkan keuntungan. Lo mungkin bisa saja mendapatkan akses yang lebih cepat atau bahkan harga yang lebih bersahabat. Pasti lumayan banget kan, Superfriends?

Selain itu, lo juga bisa masuk ke komunitas-komunitas yang berisi travelers. Nggak cuma bisa meningkatkan wawasan tentang destinasi terbaru, bahkan lo juga bisa berkolaborasi bersama agen open trip lainnya, lho.

Mulai dari Circle Paling Dekat

Sebaiknya, sebelum mulai membuka open trip ke khalayak luas, coba dulu tawarkan layanan bisnis lo ke teman-teman dekat, Superfrieds. Bisa mulai dari teman alumni sekolah sampai teman di kantor.

Lakukanlah first trip ini dengan baik dan profesional. Setelah trip, minta juga saran dari mereka. Sebagai teman pasti mereka bisa memberikan masukan yang jujur dan membangun, Superfriends.

Pelajari feedback mereka biar kejadian tersebut nggak terulang lagi di kemudian hari. Kalau layanan yang lo dan tim berikan memuaskan, pasti bisnis open trip lo bakal terkenal dan terus berkembang dari mulut ke mulut deh, Superfriends!

 

Referensi: https://www.qasir.id/inspirasi/siapkan-7-hal-ini-untuk-mulai-usaha-open-trip-kamu
Tips Beginner Extreme solo traveling

14 COMMENTS

SHARE
Moch Tommy M
Terima kasih , info yang sangat membantu
Bimo Waskito
Salah satu tips
Heni Oen
info yang bermanfaat buat bisnis pemula traveler
Sumardiyono
Nice infonya
Sutrisman
Infonya bagus
Agung Sutrisno
keuntungan yang bisa dapatkan dari bisnis open trip
Shutter
nice info lurr..
Umar
nice info, thanks
Hajigur
nice info, thanks..
Gaprak Penak
nice info, thanks