Mengenal Bunga Daisy yang Terhampar di Puncak Gunung Prau

Kalau lo sudah pernah ke gunung Prau saat musim hujan, pasti nggak asing lagi sama yang namanya bunga daisy. Sebenarnya daisy itu bunga jenis apa sih? Nah, biar lebih paham mending simak ulasan lengkapnya berikut ini, Superfriends!

Mengenal Bunga Daisy yang Terhampar di Puncak Gunung Prau

Gunung Prau memang menjadi salah satu gunung yang sangat diminati banyak pendaki, Superfriends. Wajar saja, kalau gunung ini menjadi gunung yang selalu ramai, terutama saat weekend dan hari libur.

Gunung Prau juga dinilai lumayan bersahabat buat yang mau mulai mendaki karena punya trek pendakian yang nggak terlalu panjang. Selain itu, gunung ini juga punya panorama yang sangat menakjubkan, lho.

Warna-warni bunga daisy yang memanjakan mata dan asik banget buat difoto salah satunya. Yup, bunga yang satu ini memang banyak tersebar di Bukit Teletubbies dan sekitar puncak gunung Prau yang di ketinggian 2.565 meter di atas permukaan laut (Mdpl).

Biar makin kenal, lo bisa simak beberapa fakta bunga daisy yang terhampar luas di puncak gunung Prau berikut ini, Superfriends!

Cuma Ada di Sekitar Puncak Gunung Prau

Mengenal Bunga Daisy yang Terhampar di Puncak Gunung Prau

Image source: https://phinemo.com/ 

Fakta pertama dari bunga daisy yang terhampar luas di puncak Gunung Prau yaitu cuma ada di sekitar puncak gunung Prau, Superfriends. Kalau Gunung Semeru memiliki bunga verbena di Oro-Oro Ombo, Gunung Prau punya bunga daisy di Bukit Teletubbies atau puncak Gunung Prau.

Bunga-bunga tersebut tentu sudah menjadi salah satu bentuk keindahan dan ciri khas dari Gunung Semeru dan Gunung Prau, Superfriends. Seperti yang sudah dijelaskan, bunga daisy ini cuma ada di sekitar puncak Gunung Prau. Jadi, lo nggak bisa menemukan bunga ini di sepanjang trek pendakian sebelum menjelang mencapai puncak, Superfriends.

Sengaja Ditanam

Mengenal Bunga Daisy yang Terhampar di Puncak Gunung Prau

Image source: https://takaitu.id/ 

Ternyata, bunga daisy yang tersebar di puncak Gunung Prau ini sengaja ditanam oleh penduduk lokal lho, Superfriends. Tujuannya, biar kawasan puncak Prau semakin hijau dan indah. 

Sekarang, tujuan mulia para warga lokal pun tercapai, puncak Gunung Prau yang sudah indah dengan pemandangan Gunung Sindoro-Sumbing, makin menakjubkan dengan adanya bunga daisy, Superfriends!

Mekar Pada Musim Penghujan

Umumnya, bunga daisy bakal mekar sempurna pada musim penghujan, Superfriends. Pada musim tersebut, bunga daisy akan mekar dengan warna kelopak putih dan pink. Sudah kebayang dong, gimana indahnya pemandangan matahari terbit, Gunung Sindoro-Sumbing dan bunga daisy yang sedang indah-indahnya?

Tapi, kalau lo mau mendaki di musim penghujan, pastikan bawa perlengkapan sesuai standar ya, Superfriends. Sebab, meskipun nggak terlalu tinggi, Gunung Prau punya trek yang licin dan becek terutama ketika musim penghujan tiba. Jadi, tetap utamakan keamanan dan keselamatan, ya!

Makna dari Nama Bunga Daisy

Ternyata, nama bunga ini berasal dari frase Inggris kuno "Daes eage" yang artinya "matahari" lho, Superfriends. Nama ini bisa juga diartikan bagaimana bunga-bunga ini menutup kelopaknya pada malam hari dan membukanya kembali pada pagi hari.

Simbol Kesetiaan dan Kerendahan Hati

Sebagai tanaman, bunga daisy disebut-sebut melambangkan kemurnian, kesetiaan, kesabaran, juga kesederhanaan, Superfriends. Selain itu, Bunga daisy putih klasik juga seringkali dikaitkan dengan kerendahan hati.

Tapi, jangan pernah memetik bunga daisy yang ada di puncak Gunung Prau ini ya, Superfriends. Sebaiknya, bawa orang lo kasihi ke sini dan temani ia sampai puncak. Dengan begitu, lo bisa melihat keindahan bunga yang penuh makna ini di tempat yang tentunya sangat menakjubkan!

Nah, itulah beberapa fakta bunga daisy yang terhampar luas di puncak gunung Prau. Tetap jaga lingkungan biar bunga ini bisa tetap lestari ya, Superfriends. Selamat bertualang!

 

Referensi: https://travel.detik.com/cerita-perjalanan/d-5596104/fakta-bunga-daisy-yang-banyak-tersebar-di-puncak-gunung-prau
https://www.kompas.com/homey/read/2021/05/14/143000576/5-fakta-menarik-bunga-daisy-yang-penuh-arti-dan-simbol?page=all
In Depth Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
Moch Tommy M
Saya pernah melihatnya saat berada di puncak gunug prau
DEVI TRI HANDOKO
bunga cantik
Bimo Waskito
Nice article
Heni Oen
cantiknya bunga daisy jadi hamparan pelangi
Sumardiyono
Nice infonya
Sutrisman
Infonya bagus
teddy yunanda
bunga daisy cantik
Ivan harnawan
Salam lestari
Karlina
Nice info
Sutrisman
Infonya bagus